Kamis, 04 Mei 2023

Essay 1. MERINGKAS ARTIKEL KORAN. ROSITA

 

Essay 1.

MERINGKAS ARTIKEL KORAN  :

 

HINDARI JEBAKAN PERDAGANGAN ORANG, WASPADA URBANISASI PEREMPUAN PASCA LEBARAN

PSIKOLOGI SOSIAL

ROSITA

22310410108

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Topik

Hindari jebakan perdagangan orang, waspada urbanisasi perempuan pascalebaran

Sumber

Franz Boedhi Soekamanto. (2023). Hindari Jebakan Perdagangan Orang, Waspada Urbanisasi Perempuan Pascalebaran. Kedaulatan Rakyat. 16 April. Hal. 8

 

Ringkasan

·        Perpindahan penduduk dari desa ke kota, atau urbanisasi, yang diprediksi akan meningkat pascalebaran, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (Kemen PPPA) mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang akan bermigrasi ke Ibukota, agar sudah memiliki kepastian akan tujuan, pekerjaan, dan tempat tinggal di Ibukota. Hal ini penting dilakukan, untuk menghindari adanya oknum-oknum yang memiliki niat jahat menjebak para pendatang pada pekerjaan yang tidak diinginkan, salah satunya perdagangan orang. Para pendatang baru sebaiknya memiliki bekal keahlian dan keterampilan sehingga bisa mandiri dan meningkatkan kesejahteraan.

·        Media sosial yang begitu gencar memberikan info-info mengenai kehidupan di kota yang menyenangkan, menjadi daya tarik sendiri untuk melakukan urbanisasi. juga saat melihat gaya hidup para pemudik, bisa membuat niat untuk ubanisasi atau mengadu nasib di kota semakin kuat. Bahkan terkadang bisa saja coba-coba mengadu nasib ke kota.

·        Prijadi Santoso, Asisten Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Pekerja dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), menegaskan : Bagi para pendatang, hendaknya dapat berhati-hati dan tetap mengecek pekerjaan atau tawaran pekerjaan yang yang akan dilakukan di Ibukota. Jangan mudah tergiur akan cerita dan iming-iming bekerja diperusahaan besar dengan gaji besar, namun kualifilasi rendah. Pastikan kembali kredibilitas calon tempat bekerja, apakah sudah terdaftar secara hukum, kepastian bahwa pekerjaan yang akan dilakukan sesuai seperti yang dijanjikan, juga kepastian benefit yang ditawarkan perusahaan. Pastikan juga sudah memiliki tujian yang jelas, serta mendapatkan pekerjaan dan tempat tinggal di Jakarta sebelum pindah.

Permasalahan

Fenomena urbanisasi pascalebaran tanpa tujuan yang jelas akan menimbulkan kesuliatan bagi pendatang itu sendiri, juga bagi kota tujuan.

Opini Saya

Kebutuhan ekonomi menjadi alasam utama bagi masyarakat yang bertujuan akan berimigrasi ke Ibukota atau kota-kota besar lainnya. Mengadu nasib di kota agar kehidupan menjadi lebih baik adalah harapan bagi masyarakat yang ingin merantau ke kota. Pada kenyataannya tidak semudah dan seindah yang dibayangkan, tidak seperti cerita-cerita tetangga atau kerabat yang terlebih dahulu merantau dan sukses di Ibukota. Karena tidak semua yang berimigrsi ke kota mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan hidup di perkotaan tidaklah selalu menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar