Sabtu, 30 Oktober 2021

Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan

 

Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan


Essay I Persyaratan Ujian Tengah Semester

Psikologi Management dan Organisasi

(Semester Ganjil 2021/2022)

 

Ni Putu Diah Sinta Kartika (20310410005)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A

https://images.app.goo.gl/tHfK617cdDz5xtyb8


Pada era industri 4.0 membuat persaingan yang ketat pada perkembangan industri. Perusahaan sering kali dituntut agr bisa bersaing dalam hal strategi penawaran produk dan kualitas kinerga perusahaan.  Yang dimaksud dengan kualitas kinerja perusahaan adalah dimana perusahaan dapat memberikan pelayanan yang baik serta produk bermutu bagi konsumen. menciptakan  keunggulan yang berbeda dari perusahaan lain yang bertujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen yang dimana hasilnya akan membawa keuntungan juga bagi perusahaan.

Sumber daya manusia adalah faktor utama yang bisa menentukan keberadaan dan kemampuan sebuah perusahaan. Setiap perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang berprestasi yang bisa bekerja sebaik mungkin untuk kepentingan perusahaan. Dalam perusahaan sumber daya manusia merupakan aset penting perusahaan. Hasil kerja dari sumber daya manusia sangat berdampak pada penilaian konsumen terhadap kualitas sebuah perusahaan. Oleh karen itu peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan sebuah keharusan guna tercapainya tujuan dari perusahaan, ( Imam & Erika, 2013).

Semakin sengitnya persaingan antara sebuah perusahaan membuat perusahaan berusaha mencari cara untuk mempertahankan kelangsungan dari perusahaan-Nya. Salah satu cara atau upaya yang dilakukan adalah memenuhi kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja karyawan merupakan salah satu masalah yang penting untuk diperhatikan oleh pimpinan dalam suatu perusahaan, karena in i menyangkut perasaan positif karyawannya pada pekerjaan yang diambil, (Yudhi, 2005). Dengan memelihara dan menciptakan kepuasan kerja bagi karyawan, maka karyawan secara langsun g akan bekerja dengan baik, dan setia pada perushaan, (Ahim & Taofik, 2008). Kepuasan kerja merupakan rasa suka atau tidak suka pada sebagian atau seluruh pekerjaan, (Muhammad, 2019). Dalam memelihara kepuasan kerja ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Salah satunya adalah iklim dari sebuah organisasi.

Leigh (1996), iklim organisasi merupakan suatu keadaan lingkungan organisasi yang dirasakan oleh para karyawan yang dapat mengarah pada aspek psikologis yang meliputi kemampuan individu dalam berpikir dan perasaan karyawan untuk mengembangkan diri mereka tanpa ada rasa takut dalam dirinya sendiri. Iklim organisasi yang bagus dapat menimbulkan rasa nyaman dalam bekerja, saling menghargai, terbuka antar sesama, saling menghormati, dan kebersamaan uyang bagus dalam bekerja, (Imam & Erika, 2013). Sinungan (1987), jadi dengan terciptanya iklim organisasi yang bagius pada sebuah perusahaan, makaa akan meningkatkan kepuasan kerja para karyawan. Jika iklim organisasi dan kepuasan kerja karyawan terpenuhi maka akan memberi dampak positif pada perusahaan yang bisa membuat peningkatan dalam produksi dan produktivitas kerja, (Yudhi, 2005).

 

 

Referensi

 

A, R. Y. (2005). Hubungan Antara Komitmen Organisasi Dan Iklim Organissi Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Benefit. 9, (2) .

Aryansah, I., & Kusumaputri, E. S. (2013). Iklim Organisasi Dan Kualitas Kehidupan Kerja Karyawan. Humanitas. X, (1) .

Surachim, A., & Firdaus, T. (2008). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Keja Karyawan Pada Divisi Pharmaserve Di PT COMBIPHAR Jakarta. Jurnal Strategic. 7, (13) .


0 komentar:

Posting Komentar