Kamis, 20 Juli 2023

Nyumbang Sebagai Tradisi Di Masyarakat Jawa / Oktaviana Wahyuningtyas

 

Nyumbang Sebagai Tradisi Di Masyarakat Jawa “Ujian Akhir Psikologi Sosial dengan Pengampu Dr., Dra. Arundati Shinta, MA”

Nyumbang Sebagai Tradisi Di Masyarakat Jawa

“Ujian Akhir Psikologi Sosial”

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun oleh:

Oktaviana Wahyuningtyas

22310410106 (SP)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Tradisi nyumbang merupakan kegiatan untuk membantu oranglain yang sedang menyalenggarakan hajatan. Kegiatan nyumbang sekarang telah menjadi tradisi di masyarakat khususnya masyarakat jawa. Nyumbang bisa berbetuk uang, bahan pangan maupun tenaga untuk membantu yang mempunyai hajatan. Tradisi nyumbang juga terdapat unsur resiprositas dimana adanya unsur pertukaran dalam kegiatan nyumbang. Repsiprositas merupakan hubungan timbal balik dan pertukaran antar individu dengan individua tau kelompok dengan kelompok. Kegiatan nyumbang telah menjadi tradisi jika kita tidak melakukan tradisi nyumbang tersebut akan mendapat sangsi sosial. Jadi trasidi nyumbang bisa disebut sebagai kegiatan tolong-menolong tetapi bisa juga menjadi beban bagi masyarakat yang sedang mengalami kesulitan ekonomi.

 

Saya tinggal dimasyarakat yang ada tradisi nyumbang dan saya berusaha untuk tetap menjaga tradisi tersebut. Dengan tradisi ini saya merasa bisa membantu sesama saya. Tetapi saya tetap akan membatasi kegiatan nyumbang tersebut, jangan gara-gara nyumbang saya harus hutang dengan tetangga. Karena jika saya tidak melakukan tradisi nyumbang tersebut bisa saja saya mendapat sangsi sosial yang berlaku di masyarakat. Jika tidak ingin mendapat sangsi sosial saya bisa melakukan beberapa pendekatan dengan masyarakat. Salah satunya, Saya akan melakukan pendekatan sosial dan menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat, dengan bekitu jika saya sedang melakukan hajatan maka masyarakat tetap akan membantu kegiatan tersebut.

 

Tradisi nyumbang merupakan kegiatan gotong-royong antar masyarakat dan menunjukan jika masyarakat jawa memiliki jiwa solidaritas yang tinggi, dan kekeluargaan dalam masyarakat jawa. Tradisi nyumbang menjadi beban masyarakat karena adanya perilaku conform yang ada di masyarakat. Dan masyarakat jawa lebih takut adanya perilaku conform di masyarakat.

 

Menurut Albert Bandura sebagian besar perilaku manusia dipelajari secara observative lewat modeling, sehingga dengan melihat bagaimana orang lain berperilaku, maka akan muncul konsep baru yang dipercaya menjadi cara bertindak yang tepat. Bandura yakun bahwa tindakan mengamati memberi ruang bagi manusia untuk belajar tanpa berbuat apapun. Individu mengamati model bila ia percaya bahwa dirinya mampu mempelajari atau melakukan perilaku yang dimodelkan. Biasanya model yang paling dipercaya anak-anak adalah orang tua mereka.

Dengan teori ini orang tua akan mengajarkan kepada anak akan pentingnya solidaritas. Anak biasanya tidak diajari hanya dari melihat sudah bisa melakukan dan menyimpulkan dengan sendirinya. Jadi sebagai orang tua sebaiknya kita memberi pengarahan kepada anak tentang sesuatu yang baik maupun buruk. Seperti tradisi nyumbang ini merupakan kegiatan yang baik, karena dengan ini kita melakukan gotong-royong dengan masyarakat. Dengan tredisi ini kita bisa memberti pengertian kepada anak untuk membantu dengan uang atau kemampuan tang mereka punya tanpa harus utang atau menyulitkan ekonomi yang ada.

 

Secara mikro perilaku menyumbang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) dapat dipelajari melalui teori Niccolo Machiavelli. Dalam teori Nicolo Machiavelli, memandang kekuatan bukanlah semata-mata untuk keprntingan diri sendiri, akan tetapi semua adalah untuk kehormatan dan kesejahteraan negara. Ada beberapa hal yang diungkapkan Machiavelli kapada seorang penguasandalam merebut dan mempertahankan kekuasaan, seorang pengusaha harus respect terhadap kondisi dan situasi negaranya. Tradisi nyumbang biasanya dilakukan oleh para calon pilkada supanya mendapat memenangkan suara dari masyarakat. Dengan menyumbang seseorang akan mendapat citra yang baik dalam masyarakat. Tetapi jika calon pilkada sudah terpilih menjadi kepala daerah merekan akan lali akan kewajiban yang seharusnya mereka jalankan terhadap masyarakat yang telah memilih ataupun tidak memilih mereka, karena itu suatu tanggungjawab yang besar.

 

Daftar pustaka

Suryana, A., & Hendrastomo, G. (thn). Pemaknaan Tradisi Nyumbang Dalam Pernikahan Di Masyarakat Kalikebo Trucuk Klaten. Pendidikan Sosiologi-Fakultas Ilmu Sosial-Universitas Negri Yogyakarta,1-16

Janet, H. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Konosis, 4(2), 187-200.

Wikipedia. (2020). Noccolo Machiavelli. Diambil dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/Niccol%C3%B2_Machiavelli



0 komentar:

Posting Komentar