Senin, 17 Juli 2023

Essay prestasi pengabdian masyarakat (pemberdayaan komunitas) Karangtaruna Karangasem yang dilaksanakan oleh kelompok Mahasiswa Universitas Proklamasi 45

Nama : Putri Arumsari

Nim   : 22310410074

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA


Topik

Pemberdayaan Komunitas Karang Taruna Desa Karangasem yang dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta pada 18 Juni - 09 Juli 2023

Sumber

Readventures, Literasi dan kelompok belajar, https://instagram.com/readventurers.psi45?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Ringkasan

-Pemberdayaan komunitas merupakan program yang diupayakan dengan tujuan membentuk sikap dan perilaku individu serta masyarakat yang mandiri. Pemberdayaan komunitas menjadi salah satu program yang terus diupayakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

-Pemberdayaan komunitas yang diajukan di desa Karangasem yaitu literasi dan kelompok belajar. Pemberdayaan komunitas ini tertuju pada karangtaruna desa Karangasem dan sasarannya adalah anak-anak paud sampai dengan SMP. Mahasiswa UP 45 juga memberikan donasi berupa buku dan juga rak buku.

-Tujuan Pembuatan Taman Baca dan Pelaksanaan Kelompok Belajar : Memberdayakan Karang Taruna di Desa karangasem untuk lebih kreatif, berani dan peduli terhadap masalah pendidikan, Meningkatkan minat literasi bagi anak dan remaja di Desa karangasem, dan Meningkatkan minat belajar terutama baca, tulis dan hitung bagi anak-anak RT.

- Saya dan karangtaruna lain ditugaskan untuk mengajari anak-anak cara membaca dan berhitung bagi mereka yang belum bisa, dan memberikan bacaan untuk disimpulkan bagi mereka yang sudah bisa membaca. Program ini berlangsung selama 3 Minggu , Minggu pertama dan kedua karangtaruna masih dibantu oleh mahasiswa untuk mengajari anak-anak lalu Minggu ketiga mahasiswa hanya memantau sejauh mana kita bisa menjalankan program kerja ini.

 

 

Ringkasan

(Lanjutan)

-  Suka duka dalam melaksanakan program kerja ini yaitu, karangtaruna menjadi lebih dekat dengan anak-anak dan secara langsung memberikan ilmu kepada anak-anak terutama bagi yang belum bisa membaca dan menulis. Duka nya, ada berapa karangtaruna yang harus di opyak2 untuk membantu sesama lain dan kebanyakan dari karangtaruna yang hanya bermain HP, dan juga kurangnya kesabaran saat menghadapi anak-anak yang lari-lari dan terkadang berbicara tidak sopan kepada orang yang lebih dewasa.

-Walaupun kerjasama dengan mahasiswa sudah selesai tetapi program tetap dijalankan sesuai amanah yang diberikan dari mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, karena kesuksesan program kerja ini adalah karangtaruna bisa meneruskan program yang diberikan oleh mahasiswa.

Permasalahan

Artikel ini deviasi positif, dengan diadakannya program kerja literasi dan kelompok belajar menjadikan karangtaruna Karangasem untuk lebih kreatif, berani dan peduli terhadap masalah pendidikan. Selain baik untuk karangtaruna program ini juga baik untuk anak-anak karena sangat membantu bagi mereka yang belum bisa membaca dan berhitung.

Opini saya

-  Dengan diadakannya literasi dan kelompok belajar ini anak-anak dengan mudah bisa membaca dan bisa menulis.

-  Dengan adanya program ini karangtaruna bisa mengajarkan juga ke anak-anak baiknya untuk lebih sopan kepada orang yang lebih dewasa karena literasi saja tidak cukup kalau mereka tidak mempunyai atitude.

 





0 komentar:

Posting Komentar