Jumat, 21 Juli 2023

UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

 

UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Nama  : Sillvi Yunia Anggraeni

Nim     : 22310410019

Prodi   : Psikologi A1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

 

Karakteristik Produser Yang Berkuasa, Berhasil Membuat Konsumen Ketergantungan Dengan Produknya


 

Pendahuluan

     Setiap perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya selalu menyusun rencana kegiatan terlebih dahulu yang akan dilakukannya dalam rangka untuk mencapai tujuan usaha yang di harapkan. Rencana yang disusun memberi arah terhadap kegiatan yang akan dijalankan untuk pencapain tujuan. Rencana kegiatan perusahaan yang menyeluruh harus didukung dengan rencana pelaksanaan yang lebih rinci dalam bidang-bidang kegiatan yang terdapat dalam perusahaan tersebut. Dalam hal ini, sering ditemui adanya recana produksi, rencana keuangan, dan rencana pemasaran. Rencana pemasaran yang disusun suatu perusahaan tidak lepas dari rencana kegiatan perusahaan secara menyeluruh, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

     Produser adalah orang yang bisa memproduksi barang maupun jasa. Namun, bila kualitas barang maupun jasa yang dihasilkan sangat memuaskan konsumen, maka produser bisa menjadi berkuasa dan konsumen menjadi sangat tergantung pada produser. Hal ini terjadi karena produser telah menguasai psikologi konsumen dan mampu memuaskan kebutuhan serta keinginan konsumen. Sebagai produser, baik produser barang maupun produser jasa, sudah menjadi kewajiban untuk memuaskan konsumen. Namun, ada karakteristik produser tertentu yang membuat konsumen menjadi tergantung pada mereka.

Pembahasan

Apa saja 3 syarat itu?

-Syarat pertama adalah produser harus memiliki pengetahuan lebih tentang produknya dibandingkan konsumen. Pengetahuan mengenai suatu produk merupakan suatu hal yang paling penting serta sangat harus dikomunikasikan oleh seorang produsen dalam memberikan petunjuk atas produk yang ditawarkannya kepada seorang konsumen. Segala upaya promosi yang dilakukan oleh seorang pemasar dimana bertujuan guna memberikan edukasi atau pengetahuan kepada seorangkonsumen khususnya dalam hal keunggulan apa yang dimiliki produknya tersebut dan tentu tidak dimiliki oleh produk yang lainnya.

-Syarat kedua adalah produser harus memiliki kendali/strategi penuh atas produksi dan distribusi produknya. Strategi Distribusi produksi yang diterapkan oleh sebuah perusahaan harus memastikan produk / layanan dapat mencapai maksimal potensial konsumen dengan biaya distribusi yang minimal atau optimal. Strategi distribusi yang baik dapat memaksimalkan pendapatan dan keuntungan Anda. Tetapi strategi distribusi yang buruk dan tidak terencana dapat menyebabkan tidak hanya kerugian namun juga membantu pesaing mendapatkan keuntungan melalui peluang di pasar yang Anda buat.

-Syarat ketiga adalah produk yang dihasilkan harus sulit untuk digantikan oleh produk lain atau oleh produsen lain. Sistem monopoli sangat berguna untuk perusahaan. Sistem tersebut menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat, serta keuntungan yang diperoleh melebihi normal. Bahkan dalam pasar monopoli biasanya hanya satu produsen yang dapat menetapkan harga produk-produknya.

Permasalahan

   Karakteristik produser yang berkuasa ini dapat menimbulkan ketergantungan konsumen pada produser, sehingga mereka tidak memiliki banyak pilihan dan harus membeli produk dari produser tersebut. Hal ini juga dapat membuat produser menjadi terlalu puas dengan dirinya dan kurang mendengarkan kebutuhan dan keluhan konsumen. Produser yang berkuasa bisa menimbulkan ketidakseimbangan kekuasaan antara produser dan konsumen. ini dapat memunculkan praktik-praktik bisnis yang tidak etis.

Solusi

   Solusinya adalah dengan memastikan bahwa produk yang dihasilkan tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi juga memberikan nilai tambah yang membedakan dengan produk dari produsen lain. Produser juga harus fleksibel dan dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan konsumen, sehingga tidak hanya fokus pada produk yang dihasilkan. Dalam hal ini, produser juga harus memperhatikan feedback dari konsumen dan terus meningkatkan kualitas produknya. Selain itu, mempertahankan kredibilitas dan kepercayaan konsumen juga sangat penting, sehingga produser harus transparan dan jujur dalam menghadapi konsumen. dengan meningkatkan kualitas barang/jasa yang dihasilkan. Sebagai seorang produser, Anda harus mampu memenuhi ketiga syarat agar konsumen menjadi sangat tergantung pada Anda. Ketiga syarat tersebut adalah kualitas, keunikannya, dan kebutuhan yang dihasilkan oleh barang/jasa yang Anda produksi. Dengan meningkatkan kualitas barang/jasa yang dihasilkan, produser akan lebih memuaskan kebutuhan konsumen dan menjadi produser yang lebih berkuasa.

Daftar Pustaka

Czinkota, M. R., & Ronkainen, I. A. (2013). International marketing. Cengage Learning.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran. Pendidikan Pearson, Terbatas.

Siti F., Mirza C. (2019) Makalah Manajemen Pemasaran. https://id.scribd.com/document/431677113/Makala-h-Manajemen-Pemasaran



0 komentar:

Posting Komentar