Jumat, 21 Juli 2023

UAS PSIKOLOGI INDUSTRI & ORGANISASI OLEH ESTER RUMBEWAS 22310410103

 

“KEMAMPUAN PRODUSER DALAM MENARIK PERHATIAN KONSUMEN”

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER

PSIKOLOGI INDUSTRI & ORGANISASI

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun Oleh :

Ester Therecia Hermin Rumbewas

22310410103

Fakultas Psikologi Reguler A1

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



 

PENDAHULUAN

Produser atau produsen adalah perorangan atau badan usaha yang menghasilkan barang maupun jasa untuk di jual untuk memperoleh penghasilan. Produser di bagi menjadi 2 yaiu, Perorangan adalah seseorang yang melakukan usahanya secara diri sendiri. Sedangkan badan adalah sekelompok orang yang melakukan sebuah usaha secara bersama-sama baik di bawah naungan badan hukum maupun bukan badan hukum (contohnya koperasi).

Konsumen adalah seseorang yang membeli barang atau menggunakan jasa; seseorang atau suatu perusahaan yang membeli barang tertentu atau menggunakan jasa tertentu; sesuatu atau seseorang yang menggunakan suatu persediaan atau sejumlah barang.

Karakteristik pemimpin yaitu harus memiliki integritas, keberanian, rasa hormat, kesadaran diri, empati, dan rasa syukur. Mereka juga harus memiliki kecekatan dalam mengambil keputusan dan mengetahui bagaimana mendelegasikan dan berkomunikasi secara efektif.

 

PEMBAHASAN

Karakteristik apa yang harus di tunjukan seorang produser? 3 Syarat penting yaitu:

1.     1.  Personal Service berkaitan dengan kejujuran seorang produser (pemimpin). Kejujuran merupakan kualitas penting bagi seorang pemimpn karena membantu membangun hubungan yang kuat dan memastikan bahwa tujuan dan misinya dapat di capai secara efektif.

2.  2. Kemampuan komunikasi yang lebih cenderung penggunaan tutur kata yang santun seorang produser. Seorang produser  yang santun yang akan menjadi inspirasi bagi para konsumen. Sebagai orang yang memimpin suatu usaha juga harus menghindari kata-kata kasar, harus menggunakan teknik berbicara dengan kalimat yang sopan dan mudah di pahami oleh konsumen.

3.   3. ESQ yaitu seorang produser sepatutnya memiliki kecerdasan mengelola emosi dan kecerdasan spiritual. Kecerdasan emosi adalah kemampuan memantau dan mengendalikan perasaan sendiri dan orang lain serta menggunakan perasaan-perasaan tersebut untuk memandu pikiran dan tindakan sehingga kecerdasan emosi sangat di perlukan untuk sukses dalam bekerja dan menghasilkan kinerja yang menonjol dalam pekerjaan dan seorang pemimpin harus memiliki empati dan kemampuan yang berhubungan dengan kecerdasan emosi. Sedangkan kecerdasan spiritual yang pada gilirannya membawa nilai-nilai spiritualitas dalam kepemimpinan. Dengan demikian produser yang cerdas secara spiritual akan dapat memanusiakan manusia, menciptakan perubahan yang positif dalam berkomunikasi dengan konsumen.

 

PERMASALAHAN

Permasalahan yang muncul yaitu:

1.    - Masalah Produksi. Untuk memenuhi kebutuhan manusia, barang dan jasa harus disediakan. Untuk mencapai tujuan tersebut, produsen harus mengetahui barang dan jasa apa yang dibutuhkan masyarakat. Alhasil, untuk memenuhi permintaan yang begitu besar, produsen harus mengetahui jenis barang dan jasa yang dibutuhkan konsumennya.

2.     -  Masalah Distribusi. Masalah lainnya adalah bagaimana mendistribusikan produk dengan benar kepada konsumen. Distribusi adalah pendistribusian barang atau jasa dari produsen ke konsumen, sehingga produk tersebut tersebar luas. Intinya, tujuan distribusi adalah agar produk produsen tersebar lebih luas dan menjangkau konsumen. Setelah produk dipasarkan, produk tersebut dapat dikonsumsi.

3.   - Masalah Konsumsi. Setelah barang dan jasa sampai ke konsumen, pertanyaan selanjutnya adalah apakah akan mengkonsumsi atau membuang barang karena harga yang tidak terjangkau. Ini adalah pertanyaan lain yang harus dijawab oleh pabrikan sebagai pabrikan produk. Di sisi lain, sebagai konsumen kita harus bisa meningkatkan pendapatan untuk mendapatkan produk yang kita inginkan.

 

SOLUSI

Solusinya adalah dengan karakteristik produser sesuai dengan 3 syarat di atas maka hasil produk barang atau jasa akan sesuai. Produser harus berusaha menghasilakan produk secara baik dengan mengatur penggunaan factor produksi yang di milikinya. Karakteristik produser di gunakan untuk melihat sejauh mana sebuah usaha yang di miliki oleh perorangan atau perusahaan dalam memproduksi kebutuhan-kebutuhan konsumen. Sehingga produser dapat melakukan pengambilan keputusan mengenai seberapa banyak peralatan produksi dan jumlah tenaga kerja untuk memenuhi permintaan konsumen terhadapat produk yang di hasilkan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Zulkarnain, Iskandar, Hestu Nugroho W. “ANALISIS PERILAKU PRODUSEN DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TANGERANG SELATAN”. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 69.

https://opac.fhukum.unpatti.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=5563&bid=8112#:~:text=(consumer)%20adalah%20seseorang%20yang%20membeli,atau%20jasa%2C%20dalam%20peraturan%20perundang%2D

https://www.kuncie.com/premium/posts/karakteristik-pemimpin-baik/#:~:text=Pemimpin%20yang%20baik%20harus%20memiliki,mendelegasikan%20dan%20berkomunikasi%20secara%20efektif

 

 

0 komentar:

Posting Komentar