Jumat, 21 Juli 2023

UAS PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Nama : Akeng arbi putra

Nim    : 22310410130

Kelas  : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



SEMANGAT KERJA

Semangat kerja merupakan usaha untuk melakukan pekerjaan secara giat sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih. cepat dan lebih baik (Nitisemito, 1988). Chaplin (1993) menyatakan bahwa semangat kerja merupakan sikap dalam bekerja yang ditandai secara khas dengan adanya kepercayaan diri, motivasi diri yang kuat untuk meneruskan pekerjaan, kegembiraan, dan organisasi yang baik.. Tidak jauh berbeda dengan pengertian yang dinyatakan oleh Nawawi (1990) bahwa semangat kerja merupakan suasana batin seorang karyawan yang berpengaruh pada usahanya untuk mewujudkan suatu tujuan melalui pelaksanaan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan semangat kerja adalah kondisi mental yang berpengaruh terhadap usaha untuk melakukan pekerjaan secara lebih giat. Dalam bekerja didasarkan atas rasa percaya diri, motivasi diri yang kuat, disertai rasa tetap gembira dalam melaksanakan pekerjaan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih baik. Semangat kerja bukan sesuatu potensi yang menetap. tetapi lebih bersifat situasional. Suatu saat naik, suatu saat turun. Hal tersebut berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Apabila semangat kerja naik, maka pekerjaan akan lebih cepat dan lebih baik dikerjakan. Sebaliknya, kerusakan, kerugian, absensi meningkat. dan kemungkinan karyawan meninggalkan perusahaan jika situasi dalam organisasi

Adapun kaitan Faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja karyawan adalah:

a. Hubungan yang harmonis antara atasan dan bawahan, terutama pimpinan yang sehari-hari langsung berhubungan dan berhadapan dengan karyawan bawahan- nya. 

b. Kepuasan kerja terhadap tugas yang diembannya.

3. Adanya suasana atau iklim kerja yang bersahabat dengan anggota-anggota lainnya.

Permasalahan 

Hilangnya semangat kerja pada seseorang adalah pekerjaan menjadi tertunda. Karyawan menjadi tidak termotivasi untuk melakukan segala sesuatu dan akhirnya pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya pun terbengkalai.

Solusinya

Buatlah sistem reward agar dapat mendorong motivasi kerja karyawan untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Anda dapat memberikan sistem reward berupa bonus atau bahkan voucher belanja untuk digunakan oleh karyawan agar bisa membeli barang yang mereka inginkan.

Daftar pustaka

Zainun B., 1986, Manajemen dan Motivasi, Jakarta: Balai Aksara.


0 komentar:

Posting Komentar