Kamis, 20 Juli 2023

Essay Prestasi : “Keikutsertaan Lomba Kegiatan Masyarakat” Ilma Putri Andriasih _ 22310410059 _ Psikologi SP

 

Essay Prestasi

Psikologi Sosial


Ilma Putri Andriasih

22310410059

Psikologi SP


Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA




Universitas Proklamasi ‘45 

Yogyakarta 


Topik

Keikutsertaan dalam kegiatan lomba “ PHOTO CHALLENGE QUALITY TIME WITH FAMILY” Juara Favotir dan “JOGJA TAKBIR FESTIVAL” Tingkat Kecamatan Juara umum 1 dan 4 Nominasi, Tingkat Kota Juara umum 3 dan 1 Nominasi.

Sumber 

  • Photo Challenge “Quality Time With Family “

https://www.instagram.com/p/Cs-tpXApt9e/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==


Ringkasan 

Kedua kegiatan tersebut sama sama memiliki kesamaan dalam kategorinya yaitu berkaitan dengan kehidupan sosial, dimana melibatkan masyarakat yang melihat untuk menilai dan memutuskan siapa yang berhak mendapatkan juara. 

Ringkasan 

(Lanjutan)

  • Pada kegiatan photo challenge tersebut diadakan untuk memenuhi syarat tugas UTS yang diberikan oleh dosen pengampu ibu Dr. Dra. Arundati Shinta, MA, dengan spesifikasi tema “Quality Time With Family” yang dimana hasil foto kita upload ke instagram pribadi  lalu menandai instagram ukmkependudukanunair yang dimana istagram tersebut yang menyelenggarakan lomba photo challenge tersebut. 


Setelah menyerahkan foto kita diinstruksikan untuk menunggu hasil dari lomba tersebut. Lomba yang diselenggarakan tersebut bersifat umum dan masyarakat pengguna instagram lain sebagai penilai, dimana ketentuan pemenang dari lomba tersebut adalah seberapa banyak like yang didapat dari postingan foto tersebut.  Dari hasil yang didapatkan, saya berhasil mendapatkan juara dengan nominasi juara favorit


  • Pada Lomba Jogja Takbir Festival diselenggarakan pada dua tingkatan , pada tingkat kecamatan Sleman diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2023 yang bertempat di daerah Jogokaryan. Saya sendiri mengikuti lomba dengan mewakili sebagai maskot salah satu nama masjid dengan nama “Komariyah” . 


Lomba ini diselenggarakan secara langsung tampil didepan juri, Pada lomba tingkat ini saya dan anggita mendapat juara umum pertama dengan tambahan mendapat juara 4 nominasi lainnya. 


Pada lomba Jogja Takbir Festival yang kedua, pada tingkat kota lomba diselenggarakan pada tanggal 30 Juni 2023 bertempat di Balai Kota Yogyakarta, namun ada sedikit perbedaan pada kedua tempat tersebut, dimana jarak iring iringan festival lebih jauh dengan populasi penonton masyarakat lebih banyak. 


Iring iringan tersebut berjalan mulai dari kampus UAD dan berakhir tampil di Balai Kota Yogyakarta, dengan saya yang sebagai maskot harus memikul beban berat kurang lebih 20 kg. 


Lomba tingkat kota tersebut kami memenangkan lomba juara umum ketiga dan mendapatkan 1 nominasi.


Permasalahan

  1. Photo Challenge


  • Permasalahan pada lomba photo challenge tersebut adalah keterbatasan waktu untuk pengumpulan hasil foto, masih kurangnya keterangan klasifikasi pemenang lomba,serta kurangnya transparansi terhadap juri dan penilaiannya.

  • Lamanya waktu pengambilan keputusan pemenang serta pemberian sertifikat penghargaan bagi anggota yang mengikuti lomba tersebut.

  • Sulit untuk menentukan hasil foto yang sesuai untuk tema tersebut 


  1. Jogja Takbir Festival


  • Kurangnya pengenalan pada tempat diselenggarakannya lomba, dimana tempat pertama disepakati adanya lomba ternyata berpindah namun tidak ada instruksi sebelumnya. 

  • Tempat untuk iring iringan berjalan terlalu sempit sehingga kesulitan untuk berjalan dengan kostum maskot 

  • Terlalu banyak penonton yang berkisar lebih dari 1000 penonton di sepanjang jalan 

  • Tidak ada pembatas jalan antara iring iringan dan peserta lomba sehingga banyak penonton yang ikut ke tengah jalan sekedar hanya meminta foto namun agak mengganggu jalannya lomba.

  • Juri yang berasal dari daerah yang sama dengan peserta lomba sehingga menimbulkan rasa kecurigaan pada peserta lomba lain yang berbeda dengan daerah juri tersebut. 

Opini Saya 

  • Diperlukannya pemberitahuan klasifikasi lomba serta penilaian juri yang transparansi dan jelas sehingga peserta lomba dapat mempersiapkan bahan lomba sesuai dengan klasifikasi lomba tersebut.

  • Pada lomba yang melibatkan banyak penonton masyarakat hendaknya penyedia lomba memberikan tempat yang sesuai dengan instruksi sebelumnya, serta pembatas untuk penonton dan peserta lomba agar tidak menanggu satu sama lain. 

  • Ada baiknya juri yang menilai adalah dari luar daerah dari salah satu peserta lomba agar tidak menimbulkan pro dan kontra atas hasil lomba tersebut.



LAMPIRAN

  1. PHOTO CHALLENGE





    JOGJA TAKBIR FESTIVAL


  • Tingkat Kecamatan




  • Tingkat Kota


0 komentar:

Posting Komentar