Jumat, 21 Juli 2023

Review jurnal 1_Ridhwan Fajar_20310410028

 

Nama : Ridhwan Fajar

Nim : 20310410028

Psikologi (B)

Dosen pengampu:

Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

 

 

Judul

KESEPIAN PEMILIK HEWAN PELIHARAAN YANG TINGGAL TERPISAH DARI KELUARGA

Sumber

Nurlayli, R. K., & Hidayati, D. S. (2014). Kesepian Pemilik Hewan Peliharaan yang Tinggal Terpisah Dari Keluarga. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 02 ( 01).

Topik

Dampak positif memelihara hewan peliharaan pada mahasiswa yang merasa kesepian, dengan fokus pada pemilik hewan peliharaan yang tinggal terpisah dari keluarga. Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesepian pada pemilik hewan peliharaan dan memberikan rekomendasi untuk membantu mereka yang merasa kesepian.

Rumusan

Masalah

Apakah seseorang yang memiliki hewan peliharaan memiliki tingkat kesepian yang lebih rendah, dan bagaimana gambaran kesepian pada mahasiswa pemilik hewan peliharaan yang tinggal terpisah dengan keluarganya.

Tujuan

Penelitian

Untuk melihat gambaran kesepian yang dialami mahasiswa pemilik hewan peliharaan yang tinggal terpisah dengan keluarganya, serta untuk mengeksplorasi dampak positif memelihara hewan peliharaan pada mahasiswa yang merasa kesepian.

Isi

Penelitian tentang dampak positif memelihara hewan peliharaan pada mahasiswa yang merasa kesepian, dengan fokus pada pemilik hewan peliharaan yang tinggal terpisah dari keluarga. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kesepian pada pemilik hewan peliharaan dan memberikan rekomendasi untuk membantu mereka yang merasa kesepian.

Metode

Metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kesepian yang disusun oleh Russel (1996) yaitu Revised University of California, Los Angeles Loneliness Scale (R-UCLALoneliness Scale) versi 3 yang telah diterjemahkan. Sedangkan untuk analisis data, penelitian ini menggunakan metode analisis data prosentase.

Hasil

menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan yang tinggal terpisah dari keluarga cenderung mengalami tingkat kesepian yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kesepian pada pemilik hewan peliharaan, seperti jenis kelamin, usia, lama tinggal terpisah dari keluarga, dan kelekatan dengan hewan peliharaan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pemilik hewan peliharaan yang merasa kesepian dapat memperoleh manfaat positif dari memelihara hewan peliharaan, dan disarankan untuk membangun kualitas hubungan baik dan terbuka dengan keluarga serta berpartisipasi pada komunitas pecinta hewan peliharaan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

 

0 komentar:

Posting Komentar