Jumat, 21 Juli 2023

UAS PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Nama : Moh Ammar Farhan M
NIM    :22310410021
Kelas   : Reguler A1 
Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arudati Shinta MA

HUBUNGAN ANTARA KONSUMEN DAN PRODUSEN

 
PENDAHULUAN
 
Produsen (perusahaan penghasil barang atau jasa) dengan konsumen (pemakai akhir dari barang atau jasa untuk diri sendiri atau keluarganya) merupakan hubungan yang terus-menerus dan berkesinambungan. Hubungan tersebut terjadi karena keduanya memang saling menghendaki dan mempunyai tingkkat ketergantungan yang cukup tinggi antara yang satu dengan yang lain. Produsen sangat membutuhkan dan sangat bergantung atas dukungan konsumen sebagai pelanggan. Tanpa dukungan konsumen, tidak mungkin produser dapat terjamin kelangsungan usahanya. Sebaliknya, konsumen kebutuhannya sangat bergantung dari hasil produksi produsen. Saling ketergantungan karena kebutuhan tersebut dapat menciptakan suatu hubungan yang terus-menerus dan berkesinambungan sepanjang masa, sesuai dengan tingkat ketergantungan akan kebutuhan yang tidak terputus-putus. Syarat konsumen tergantung pada produsernya yaitu :
 
1.       Produk berkualitas dan murah
Bila produk atau barang kita berkualitas dan kita jual murah maka konsumen akan sangat tertarik pada produk kita karena harga yang sangat terjangkau dan berkualitas. karena dengan kualitas konsumen akan lebih percaya kepada produk-produk kita kedepanya dan konsumen sudah pasti puas dengan produk kita.
 
2.       Kenali Konsumen
jika kamu mempunyai usaha pakaian dengan style Korea, maka kamu bisa menunjuk konsumen kalangan remaja sebagai target pasar kamu. Jika usaha kamu di bidang makanan seperti restoran mewah, maka target pasar kamu adalah konsumen yang mempunyai kemampuan finansial yang cukup. Identifikasi yang tepat dapat mempermudah kamu dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan menghindarkan kamu dari pembuangan biaya dan waktu yang sia-sia.
 
3.       Memuaskan Konsumen
Isitlah pembeli adalah raja merupakan istilah paling populer di kalangan pengusaha. Maka dari itu jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen. Hubungi mereka untuk sekadar menanyakan testimoni mengenai produk usaha kamu ataupun menginformasikan produk yang baru kamu keluarkan. Agar konsumen menjadi loyal.
 
 
PERMASALAHAN
 
Permasalahanya pimpinan bergantung pada karyawan karena karyawan mampu menyelesaikan tugas-tugas dari pimpinan dengan sangat baik bahkan melampaui harapan. Jika pemimpin bergantung pada karyawanya maka kemungkinan akan terjadi masalah masalah baru, dan peran pemimpin akan tergantikan oleh karyawanya sehingga akan menjadi dampak buruk bagi Organisasi dan renggangnya hubungan antar sesama karyawan dan karyawan dengan pimpinan.
 
SOLUSINYA
1.       Kita harus memilih bahan atau produk yang terbaik dan memiliki kualitas yang bagus selain memilih bahan yang terbaik dan berkualitas kita juga harus memilih bahan yang harganya terjangkau supaya konsumen dapat memilikinya dengan harga terjangkau juga
2.       Kita harus mengenali konsumen kita caranya cari tahu konsumen dari kalangan apa saja dan karakteristiknya seperti apa sehingga kita dapat dengan mudah memuaskan konsumen kita
3.       Jalin komunikasi baik dengan konsumen, bertanya pada konsumen tentang produk kita dan kepuasanya

 


0 komentar:

Posting Komentar