Rabu, 20 September 2023

Psi Lingkungan : Essay Tugas Pengganti Pertemuan 2_Puji Astutik_21310410164_SP

 

Polusi Udara dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Makhluk Hidup

 

Psikologi Lingkungan

Essay Tugas Pengganti Pertemuan 2

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Puji Astutik

21310410164 


Berbicara tentang pencemaran udara, terlebih dahulu kita harus mengetahui arti dari pencemaran udara itu sendiri. Menurut Fardiaz (1992), yang dimaksud dengan pencemaran udara (air pollution) adalah bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia tertentu ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu, sehingga dapat dideteksi oleh manusia (dapat diukur) atau dihitung) serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi dan material.

Dari tahun ke tahun pencemaran udara semakin menjadi permasalahan lingkungan yang serius. Masih segar di ingatan kita berita  agustus lalu bahkan hingga bulan ini tentang buruknya kualitas udara di Jakarta dan alangkah kelamnya langit Jakarta yang menghitam dikepung polusi udara.  Sebuah ironi bahwa salah satu kota di negara yang dulu dijuluki paru-paru dunia ini kini masuk menjadi salah satu kota yang mempunyai kualitas udara terburuk di dunia. Sebuah pengingat bagi kita khususnya sebagai warga negara Indonesia untuk lebih bertindak aktif terkait isu-isu lingkungan seperti ini.

Masalah polusi udara ini sebenarnya bukan hanya terjadi pada kota-kota besar di Indonesia bahkan di banyak kota pada  negara-negara lain  juga mengalami permasalahan yang serupa misalnya di Wuhan (China) atau Lahore (Pakistan). Yang artinya masalah pencemaran udara ini sudah menjadi masalah global. Masalah ini bukan hanya sebatas pada masalah kesehatan semata tapi juga menjadi masalah keberlangsungan ekosistem makhluk hidup ke depannya.

Pada dasarnya pencemaran udara diakibatkan oleh 2 aspek, yaitu aspek alami dan aspek manusia. Aspek alami pemicu tercemarnya udara diantaranya gunung meletus, kebakaran hutan, dan kegiatan mikroorganisme. Faktor manusia, berbagai aktivitas yang menyebabkan polusi udara diantaranya pabrik-pabrik industri, kendaraan bermotor, berbagai macam limbah, pertambangan, pembakaran samaph , sampai sampah rumah tangga. Pembangunan lahan-lahan hijau seperti sawah menjadi tempat pariwisata atau fasilitas lainnya juga merupakan faktor pendukung lain dari pencemaran udara yang diakibatkan manusia.

Dampak pencemaran atau polusi udara bukanlah hal yang remeh bahkan sangat berbahaya bagi manusia, hewan, tumbuhan bahkan material yang ada di alam. Pada manusia pencemaran udara mengakibatkan berbagai masalah Kesehatan seperti gangguan pernapasan . Dampak pada tumbuhan, pencemaran udara dapat merubah aspek fisiologis tanaman sehingga proses fotosintesis terganggu dan peningkatan abnormalitas jaringan tumbuhan. Hal ini terjadi karena penyerapan udara kotor dapat menutup pori-pori daun yang kemudian mempengaruhi fotosintesis yang sedang berlangsung. Sementara pada hewan, polusi udara dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti gangguan pada alat pernapasan atau memicu asma bahkan mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan juga reproduksi pada hewan.  Dampak terhadap material diantaranya dampak terhadap bangunan-bangunan, bebatuan, logam dan sebagainya.

 

Referensi :

Hadi, W & Rachmani, N.(2003).  Dampak Pencemaran Udara Terhadap Tumbuhan di Kebun Bibit Bratang Surabaya.  Jurnal Purifikasi, Vol. 4, No.2, 55-60.

Yasir, M. Pencemaran Udara di Perkotaan Berdampak Bahaya Bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Bangunan. Artikel PLH.

 

0 komentar:

Posting Komentar