Rabu, 20 September 2023

Psi Lingkungan : Essay Tugas Pengganti Pertemuan 2_Anisa Nur Fitriani_21310410190_SP

 

POLUSI UDARA

 

 

Psikologi Lingkungan

Anisa Nur Fitriani

21310410190 

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

Haloo temen temen

 

Kalian tau tidak apa itu pencemaran udara?

 

Menurut WHO polusi udara adalah kontaminasi lingkungan dalam atau luar ruangan oleh zat kimia, fisik atau biologis ataupun yang mengubah karakteristik alami atmosfer.

 

Contoh hal hal yang mengakibatkan polusi udara contohnya adanya warga atau seseorang yang membakar sampah sembarangan yang mengakibatkan udara menjadi kotor, asap kendaraan bermotor atau yang lain adanya asap pabrik.

 

Nah dampak tersebut tidak baik untuk kesehatan kita yang dimana hal tersebut dapat memicu terjadinya gangguan pernapasan, misalkan asma, ISPA, dan kanker paru-paru. Selain itu juga pencemaran udara bisa mengakibatkan berkurangnya kadar oksigen di dalam tubuh manusia.

 

Contoh lain dari polusi udara adalah kota di Ibukota kita yaitu Jakarta. Polusi diudara Jakarta saat ini sudah semakin buruk. Penyebab terjadinya polusi udara tersebut adalah dari kendaraan bermotor ataupun mobil, pembangkit listrik, adanya yang membakar sampah sembarangan, dan lainnya. Hal lain yang mengakibatkan polusi udara di Jakarta adalah musim kemarau karena di musim kemarau kualitas udara cenderung naik sehingga menyebabkan polusi udara di Jakarta semakin meningkat.

 

Dampak dari polusi udara di Jakarta ini sudah mulai banyak orang-orang yang merasa sesak nafas walaupun ia keluar rumah di pagi hari. Dimana seharusnya mereka bisa menghidup udara yang segar namun mereka merasa seperti menghirup asap lohh….

 

Sangat sedih ya melihat fenomena ini :

 

Nah dari hal tersebut yuk kita mulai menjadi warga yang bisa mencegah terjadinya polusi udara semakin buruk. Kita bisa melakukan beberapa hal yang bisa menjegah hal tersebut misalkan :

1.  Ketika berpergian jarak dekat bisa menggunakan sepeda ataupun jalan kaki, hal tersebut bisa memantu mengurangi adanya polusi udara lohh dan juga bisa kita jadikan hal untuk olah raga juga.

2.     Menanam pohon di mana lingkungan tersebut mungkin sudah mulai jarang ada tanaman, atau kita bisa menanam pohon di depan rumah kita itu juga bisa membantu untuk mengurangi polusi udara lohhh… disisi lain kita juga bisa melihat keindahan yang ada didepan rumah kita dan itu juga bisa bikin udara sejuk loh kalua kita perhatikan

3.     Stop membakar sampah sembarangan, karena itu bisa mengakibatkan polusi udara yang sangat buruk. Misalkan juga di sekitar kita ada lansia itu juga kasihan lohh buat kesehatannya jika ia menghirup udara yang tidak sehat

 

Yuk kita coba lakukan hal sederhana itu untuk mengurangi polusi udara

 

Salam sehat 😊

 

0 komentar:

Posting Komentar