Rabu, 20 September 2023

Psi Lingkungan : Essay Tugas Pengganti Pertemuan 2_Deni Mulyanto_21310410185_SP

 

POLUSI UDARA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP

 

Tugas 1 1 – Membuat Essay

Psikologi Lingkungan

 

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Deni Mulyanto – 21310410185

 

 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

 

 

DAMPAK POLUSI UDARA

 

            Polusi udara memang menjadi masalah yang bisa dibilang cukup serius karena di beberapa kota di Indonesia khususnya kota Jakarta, polusi udara dikota tersebut bisa dibilang cukup parah. Mengingat polusi tersebut sampai menutupi langit Jakaata., Jika terus dibiarkan polusi dapat menyebabkan masalah di lingkungan, bukan hanya untuk manusia tapi untuk makhluk hidup lain.

Permasalahan tersebut (Polusi) dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, antara lain adalah karena asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan pembakaran sampah.Di Indonesia sendiri memiliki penduduk yang bisa dibilang sangat banyak, bagaimana jika dengan penduduk yang begitu banyak mereka menggunakan kendaraan pribadi dan memiliki beberapa pabrik sendiri. Tentunya akan sangat berbahaya bagi kualitas udara yang setiap hari dihirup, juga tentunya tingkat polusi udara akan makin meningkat. Apalagi jika banyak Masyarakat yang melakukan pembakaran sampah.

            Memang lebih baik jika kita menggunakan kendaraan umum, hal tersebut akan mengurangi tingkat pencemaran udara yang terjadi, Namun yang menjadi masalah adalah masyarakat masih enggan menggunakan kendaraan umum dikarenakan menurut mereka kendaraan umum saat ini banyak yang tidak layak untuk digunakan. Masalah polusi udara tersebut tidak hanya berbahaya bagi manusia, tapi juga bagi makhluk yang lainnya, namun manusia itu sendiri lah yang menerima banyak dampak secara langsung. Terutama bagi Kesehatan, banyak orang yang sesak napas karena polusi tersebut kemudian orang yang memiliki penyakit pernpasan   akan menerina dampak yang lebih butuk lagi.

            Beberapa upaya perlu dilakukan untuk mengurangi polusi udara yang terjadi, diantaranya msyarakat harus menggunkan kendaraan umum akan tetapi harus dibarengi dengan fasilitas yang layak. dengan begitu bisa mengurangi tingkat polusi yang saat ini terjadi. Pencemaran udara mungkin menjadi salah satu masalah yang besar saat ini, secara logika untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyelesaikan sumber masalahnya terlebih dahulu, seperti halnya dengan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan bagi kendaraan.      

 

 

Referensi :

 

Bahri., Raharjo, Mursid., Suhartono. 2021. Dampak Polusi Udara Dalam Ruangan Pada Kejadian Kasus Pneumonia: Sebuah Review. Jurnal LINK    . 17 (2): 99-104.



 

0 komentar:

Posting Komentar