Rabu, 20 September 2023

Psi Lingkungan : Essay Tugas Pengganti Pertemuan 2 _Pascalin Sari Asih_21310410192_SP

 
POLUSI UDARA DAN DAMPAKNYA BAGI KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP
Pascalin Sari Asih – 21310410192


 
Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA
 
 
Polusi udara merupakan masalah lingkungan hidup yang signifikan dan menimbulkan ancaman terhadap lingkungan serta makhluk hidup. Hal ini terjadi ketika zat berbahaya, seperti partikel, karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan senyawa organik yang mudah menguap, menyebar mencemari udara dan berdampak langsung terhadap atmosfer yang mengakibatkan pemanasan global dan perubahan iklim yang signifikan.
Polusi udara menimbulkan risiko besar bagi kesehatan manusia, juga hewan. Menghirup polutan, seperti partikel, nitrogen oksida, sulfur dioksida, dan senyawa organik yang mudah menguap, dapat menyebabkan atau membantu penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis, dan kanker paru-paru. Secara ekologis, polusi udara ini mengganggu ekosistem, merusak tanaman, dan berkontribusi terhadap perubahan iklim. Polutan seperti karbon dioksida berperan sebagai gas rumah kaca, menangkap panas dan menyebabkan pemanasan global. Hal ini menyebabkan pola cuaca buruk, naiknya permukaan air laut, mencairnya lapisan es di kutup, dan cuaca ekstrem. Polutan udara juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan metabolisme dengan merusak klorofil dan mengganggu fotosintesis.
Untuk menanggulangi polusi udara ini, bantuan dari pemerintah, industri, masyarakat juga masing-masing individu untuk lebih peduli dengan lingkungan. kendaraan dan fasilitas industri sangat penting untuk membatasi tingkat polusi, beralih ke sumber energi tenaga surya dan angin untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Mendorong pilihan transportasi yang berkelanjutan, seperti angkutan umum dan bersepeda, juga dapat memberikan dampak yang signifikan, diperlukan penghijauan dan praktik pertanian berkelanjutan untuk membantu mengurangi polusi udara dengan menyerap karbon dioksida dan mengurangi penggunaan pupuk kimia. Memilah sampah dan memastikan dibuang pada tempat yang sudah tersedia sesuai kebijakan masing-masing daerah yang berlaku.
Dan yang paling penting bagi setiap individu adalah meningkatkan kesadaran tentang dampak buruk polusi udara dan mendorong perubahan perilaku sanggatlah penting. Setiap individu dapat berkontribusi dengan mengurangi konsumsi energi, menggunakan peralatan hemat energi, dan memelihara pengelolaan limbah yang bertanggung jawab.
Mari bersama kita jaga lingkungan tempat kita tinggal Dengan beralih ke energi ramah lingkungan, meningkatkan praktik industri, meningkatkan pengelolaan limbah, mendorong reboisasi, dan meningkatkan kesadaran, kita dapat mengurangi dampak buruk polusi udara terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Mari bekerja sama menciptakan masa depan yang lebih bersih dan sehat bagi generasi mendatang.
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar