Rabu, 27 September 2023

Essay 1 Meringkas Jurnal Bima Mahardika

 ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH PADAMASYARAKAT DESA

DISANAH KECAMATAN SRESEH KABUPATEN SAMPANG

Psikologi Lingkungan Essay 1 Meringkas Jurnal

Dosen Pemgampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Bima Mahardika

21310410189

Psikologi SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


Topik

Sampah merupakan suatu hal yang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Semua yang beraktivitas pasti akan menghasilkan sampah dan begitu juga yang terjadi di Desa Disanah Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang.

Sumber

Muchammad Zamzami Elamin1, Kartika Nuril Ilmi2, Tsimaratut Tahrirah3, Yudhi Ahmad Zarnuzi4, Yanuar Citra Suci5, Dwi Ragil Rahmawati6, Rizky Kusumawardhani7, Dimas Mahendra Dwi P.8, Rizqi Azizir Rohmawati9,Pandhu Aji Bhagaskoro10, Ismi Fuatjia Nasifa11

Ilmu Kesehatan Masyarakat (FKM-UNAIR)

Ilmu Informasi dan Perpustakaan (FISIP-UNAIR)

Akuntansi (FEB-UNAIR)

Ilmu dan Teknologi Lingkungan (FST-UNAIR)

Psikologi (FPSI-UNAIR)

Keperawatan (FKP-UNAIR)

zamzami.elamin@gmail.com

Permasalahan

Permasalahan dari penelitian ini adalah proses pengelolaan sampah yang dilakukan belum masuk dalam kategori yang baik dan benar dikarenakan proses pengelolaan dilakukan dengan pembuangan yang tidak pada tempatnya dan dengan proses pembakaran.

Tujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah yang ada di Desa Disanah Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancang bangun observasional deskriptif.

Isi

Sistem pengelolaan sampah yang dimiliki Desa Disanah masihbelum baik. Halini bisa ditinjau dari perilaku warga yang terbiasa membuang sampah tidak pada tempatnya/sembarangan yaitu seperti pada lahan kosong, tambak, selokan dan di sekitaran jalan. Selain itu, pemahaman akan pentingnya pengelolaan sampah juga kurang baik. Pengelolaan yang dilakukan hanya sebatas pembuangan yang tidak pada tempatnya dan pembakaran. Hal tersebut diakibatkan karena tidak adanya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung seperti tempat sampah di tiap rumah, tempat penampungan sementara (TPS) dan lain-lain. Masalah utama dalam hal pengelolaan sampah di Desa Disanah adalah lahan untuk pembangunan tempat penampungan sementara (TPS) serta akses menuju ke Desa yang masih dalam tahap pembangunan. Hal lain yang menunjang terjadinya pembuangan sampah tidakpada tempatnya juga dipengaruhi oleh tingkat kesadaran warga akan kebersihan lingkungan masih kurang baik.

Metode

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancang bangun observasional deskriptif. Teknik penelitian yang dilakukan dengan cara survei lapangan, focus group discussionyang melibatkan partisipan, wawancara terbuka, dan studi literatur. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perwakilan dari Badan Lingkungan Hidup, kepala desa, badan perwakilan desa, karang taruna, dan organisasi yang ada di desa

Hasil

Menyatakan bahwa pengelolaan sampah di Desa tersebut masih kurang baik hal ini dikarenakan tidak adanya lahan untuk pembangunan tempat penampungan sementara,fasilitas sarana dan prasarana yang masih belum baik, dan tingkat kesadaran masyarakatyang masih rendah akan pentingnya pengelolaan sampah dengan baik dan benar.

Diskusi

Saran yang bisa diberikan adalah dengan melakukan sosialisasi tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar, jadwal rutin gotong royong bersih desa dan memasukkan anggaran untuk pembebasan lahan yang akan digunakan untuk tempat penampungan sementara.

 




0 komentar:

Posting Komentar