Rabu, 27 September 2023

Essay 1 Meringkas Jurnal Prasetya Ari Widodo

 MODEL INOVASI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA

Psikologi Lingkungan Essay 1 Meringkas Jurnal

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

PRASETYA ARI WIDODO

22310410009

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Pengelolaan sampah rumah tangga dan pentingnya inovasi dalam pengelolaan sampah

Sumber

Hayat, H., & Zayadi, H. (2018). Model inovasi pengelolaan sampah rumah tangga. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 2(2), 131-141.

Permasalahan

- Cepatnya perkembangan teknologi, lebih cepat daripada kemampuan masyarakat untuk mengelola dan memahami persoalan persampahan.

- Meningkatnya tingkat hidup masyarakat, yang tidak disertai dengan keselarasan pengetahuan tentang persampahan.

- Kebiasaan pengelolaan sampah yang tidak efisien menimbulkan pencemaran udara, tanah, dan air, gangguan estetika, serta memperbanyak populasi lalat dan tikus.

- Semakin sulitnya mendapatkan lahan sebagai tempat pembuangan akhir sampah, selain tanah serta formasi tanah yang tidak cocok bagi pembuangan sampah, juga terjadi kompetisi yang semakin rumit akan penggunaan tanah.

- Semakin banyaknya masyarakat yang berkeberatan bahwa daerahnya dipakai tempat pembuangan sampah.

Tujuan

Tujuannya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga yang baik dan benar, serta mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sampah rumah tangga secara produktif melalui inovasi-inovasi pengelolaan sampah.

Isi

- Gambaran tentang jenis dan sumber sampah, seperti sampah basah, sampah kering, sampah lembut, dan sampah besar. Sumber sampah meliputi pemukiman, tempat umum, perkantoran, jalan raya, industri, pertanian/perkebunan, pertambangan, dan peternakan/perikanan. Jenis sampah meliputi sampah anorganik, sampah organik, sampah yang mudah terbakar, dan sampah berdasarkan karakteristiknya.

- Kendala dalam pengelolaan sampah, seperti perkembangan teknologi yang cepat, kurangnya pengetahuan masyarakat, biaya operasi yang tinggi, kebiasaan pengelolaan sampah yang tidak efisien, sulitnya mendapatkan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

- Model inovasi pengelolaan sampah rumah tangga, yang meliputi sosialisasi dan penyuluhan, pemilahan dan pemisahan sampah, serta model pengelolaan sampah yang baik dan benar.

- Hambatan dalam pengelolaan sampah, seperti kurangnya pengetahuan, kebiasaan pengelolaan sampah yang kurang baik, dan kurangnya partisipasi masyarakat.

Metode

Metode yang digunakan adalah penerapan prinsip 3R, 4R, dan 5R dalam pengelolaan sampah rumah tangga, serta metode lubang biopori.

Hasil

- Pengelolaan sampah rumah tangga bisa dilakukan dengan baik dan menjadi solusi alternative untuk membantu pemerintah melakukan penanganan terhadap sampah.

-Melalui inovasi model pengelolaan sampah ini, diharapkan masyarakat dapat mengimplementasikan minimal sampah rumah tangga yang setiap hari seringkali ditemukan.

Diskusi

- Diperlukan sinergai antara pemerintah, masyarakat dan akademisi dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah dan dampak yang timbulkan.

- Sosialisasi dan penyuluhan, proses pemilahan dan pemisahan sampah, dan model pengelolaan sampah yang  baik dan benar.

- Sampah yang didapatkan dari aktivitas sehari-hari masyarakat dipilah dan di pisah berdasarkan kategori sampah (organik dan non-organik).

- Membuat model pengelolaan sampah yang baik dan benar. Memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui model pengelolaan sampah.

 



0 komentar:

Posting Komentar