Senin, 25 September 2023

Tugas Pengganti Materi Pertemuan 2 Nurul Ari Hidayah



POLUSI UDARA DAN DAMPAKNYA BAGI MAKHLUK HIDUP


Psikologi Lingkungan Tugas Essay Pengganti Materi Pertemuan 2

 Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 




NURUL ARI HIDAYAH

21310410173

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Pencemaran udara data didefinisikan sebagai terdapatnya zat (padat,cair, gas) diudara /atmosfir dalam jumlah dan waktu tertentu, yang keberadaannya tidak diinginkan dan dapat mengganggu atau menimbulkan pengaruh negatif terhadapat kesehatan mahluk hidup, benda-benda lain yang berharga, dan lingkungan. Selain itu, pencemara udara juga dapat didefinisikan sebagai masuknya mahluk hidup, zat,energi atau komponen lainnya ke udara disebabkan oleh aktivitas manusia, sehingga mutu/kualitas udara menurun sampai ke tingkat tertentu yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia, mahluk hidup lainnya, dan benda-benda disekitarnya.

Menurut Chambers (1976:13-14) dan Masters (1991:270), yang dimaksud dengan pencemaran udara adalah bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu sehingga dapat dideteksi oleh manusia (atau yang dapat dihitung dan diukur) serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi, dan material. Menurut Kumar (1987:22), pencemaran udara adalah adanya bahan polutan di atmosfer yang dalam konsentrasi tertentu akan mengganggu keseimbangan dinamik atmosfer dan mempunyai efek pada manusia dan lingkungannya.

Asal pencemaran udara dapat diterangkan dengan 3 (tiga) proses, yaitu:

(1)  Atrisi (attrition)

(2)  Penguapan (vaporization)

(3)  Pembakaran (combustion).

Dari ketiga proses tersebut, pembakaran merupakan proses yang sangat  dominan dalam kemampuannya menimbulkan bahan polutan. Terdapat beberapa dampak dari pencemaran udara, antara lain:

1)  Dampak kesehatan mahluk hidup

Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. Partikulat berukuran besar dapat tertahan disaluran pernapasan bagian atas, sedangkan partikulat berukuran kecil dan gasdapat mencapai paru-paru. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistemperedaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

2)  Dampak terhadap tanaman

Tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit, antara lain klorosis, nekrosis, dan bintik hitam. Partikulat yang terdeposisi di permukaan tanaman dapat menghambat proses fotosintesis.

3)  Hujan asam

pH biasa air hujan adalah 5,6 karena adanya CO2 di atmosfer. Pencemaran udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan.

4)  Efek rumah kaca

Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2, CFC, metana, ozon, dan N2O di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. Akibatnya panas terperangkap dalam lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global.

Dampak dari pemanasan global adalah:

  Peningkatan suhu rata-rata bumi

  Pencairan es di kutub

  Perubahan iklim regional dan global

  Perubahan siklus hidup flora dan fauna.


Referensi

Darsono, Valentinus. 1995. Pengantar Ilmu Lingkungan. Yogyakarta.

PenerbitanUniversitas Atma Jaya

Santosa, Kukuh. 2006. Pengantar Ilmu Lingkungan. Semarang. Unnes Press


0 komentar:

Posting Komentar