Rabu, 20 September 2023

Psi.Lingkungan : Tugas Pengganti Pertemuan 2 ( Aditya Nur Ihsan_22310410133/SP )

 

POLUSI UDARA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP

Tugas Essay

Psikologi Lingkungan

Aditya Nur Ihsan

NIM: 22310410133

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA




Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Permasalahan lingkungan hidup merupakan  peristiwa yang mempengaruhi kehidupan manusia dan rephrase masyarakat. Permasalahan lingkungan hidup dapat timbul karena ulah  manusia atau sumber alami. Permasalahan lingkungan hidup yang muncul di perkotaan antara lain pencemaran udara atau polusi udara. Polusi udara disebabkan oleh banyak zat fisik, kimia atau biologis hadir secara bersamaan dan dalam jumlah besar di atmosfer. Jadi itu mempunyai dampak kehidupan manusia, khususnya mengenai kesehatan tubuh manusia, hewan, dan tumbuhan, gangguan kenyamanan dan kerusakan harta benda. Udara  sangat penting untuk kehidupan semua makhluk hidup. Oleh karena itu, menjaga stabilitas udara sangatlah penting. Dengan meneliti, membaca, dan memahami karya ilmiah terkait pencemaran udara. Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya untuk melawan pencemaran udara, sehingga menciptakan udara segar dan  nyaman. Diantaranya adalah pembangunan ruang-ruang terbuka hijau, bangunan hijau, pembangunan perumahan berkelanjutan dan pemecahan masalah. Transportasi menggunakan bahan bakar yang lebih aman bagi lingkungan.

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang sangat banyak. Seiring  berjalannya waktu, pembangunan manusia terus berkembang, baik  sistem ekonomi, sosial, dan pemerintahan. Dengan  jumlah penduduk yang besar, Daerah perkotaan merupakan tempat yang paling banyak penduduknya. Dapat dikatakan bahwa itu adalah masyarakat banyak desa yang mencoba peruntungan atau merantau ke perkotaan. Meningkatnya jumlah penduduk di perkotaan,  perbedaan pendapat dan permasalahan semakin banyak. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,  banyak perubahan yang terjadi. Penuh sesak aspek ekonomi dan sosial.

Jika berbicara tentang perkotaan, permasalahan perkotaan bisa lebih dari pedesaan. Masalah lingkungan hidup adalah suatu peristiwa atau kejadian mempunyai dampak yang besar terhadap masyarakat perkotaan. Sebagai contoh masalah udara di perkotaan dan  pedesaan yaitu di pedesaan, udaranya lebih sejuk dan segar disbanding perkotaan. Di perkotaan, udara cenderung tercemar berat akibat aktivitas manusia atau alami. Namun aktivitas manusia mempunyai dampak yang lebih besar terhadap lingkungan. Polusi udara adalah adanya bentuk fisik, kimia atau biologis di atmosfer berbahaya bagi manusia, hewan dan tumbuhan.  Penyebab pencemaran udara antara lain kendaraan bermotor dan pabrik industri, pabrik kimia, dan limbah rumah tangga. Seiring bertambahnya jumlah penduduk, alat transportasi yang digunakan semakin banyak. Semua orang merasa punya pilihan, memiliki transportasi sendiri akan lebih mudah. Namun dampaknya juga akan meningkat secara signifikan. Banyaknya kendaraan bermotor menimbulkan debu dan asap sehingga mencemari udara  menjadi tercemar. Padahal transportasi umum jauh lebih baik dalam mengurangi polusi udara. Banyaknya jumlah kendaraan pribadi tidak hanya menyebabkan polusi udara hal ini juga menyebabkan kemacetan lalu lintas. Jadi di kota-kota besar hal ini sering terjadi.

Dampak pencemaran udara  berbahaya bagi manusia, hewan bahkan tumbuhan. Polusi udara tentunya berdampak pada kesehatan, kenyamanan dan kedamaian dalam  kehidupan seseorang atau makhluk lainnya. Namun yang paling berdampak adalah masyarakat itu sendiri dan juga penyebabnya tindakan manusia itu sendiri. Manusia adalah makhluk rasional dan berpikir sehingga dapat berperan penting dalam menjaga lingkungan. Manusia melakukan berbagai upaya untuk memerangi polusi udara. Upaya tersebut antara lain: mengembangkan ruang  hijau, pekerjaan ekologis dan memecahkan masalah lalu lintas, menggunakan bahan bakar yang lebih aman bagi lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar