Rabu, 27 September 2023

Essay 1 Meringkas Jurnal Fais Firmansah

 

Pelaksanaan Pengolahan Sampah Pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang

Psikologi Sosial Essay 1 Meringkas Jurnal

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Fais Firmansah

21310410182

Universitas Proklamasi 45

 

Topik

Pengelolaan Sampah Pada Kota Palembang

Sumber

https://journal.uir.ac.id/index.php/JIAP/article/download/12551/5193/

Ringkasan

Permasalahan sampah di kota palembang saat ini menjadi salah satu permasalahan penting yang perlu diselesaikan. Sampah saat ini menjadi permasalahan yang paling mendesak diantara permasalahan lainnya yang ada di kota palembang. Sisa-sisa aktivitas manusia sehari-hari atau proses alam berbentuk padat, yang lazim disebut  oleh masyarakat umum sebagai sampah. Keadaan saat ini, pertumbuhan penduduk  tidak dibarengi dengan pengelolaan sampah yang baik. Akibatnya, tumpukan sampah menumpuk di banyak tempat sehingga menimbulkan permasalahan baru bagi lingkungan kota palembang. Sampah adalah sampah  keras atau lunak atau sampah yang merupakan hasil samping kehidupan perkotaan atau daur hidup manusia, hewan, dan banyak tumbuhan yang sudah tidak berguna lagi dan tidak dimanfaatkan lagi. Berdasarkan sifat biologi dan kimia limbah, klasifikasinya meliputi:

  •            Sampah yang dapat terurai secara hayati seperti sisa makanan, dedaunan, sampah pekarangan, sampah komersial, dan sampah pertanian.
  •           Limbah non-biodegradable meliputi kaca, plastik, logam, karet, dan kertas. dibandingkan dengan sampah yang dapat dibakar seperti abu dan debu.
  •           Limbah mengandung bahan kimia beracun. Biasanya berasal dari industri pabrik, rumah tangga dan perkotaan.

Perbankan sampah adalah suatu kegiatan bertujuan untuk mengurangi output limbah. Di TPS dan Pusat Daur Ulang 3R, Komite Rakyat Komune mengumpulkan sampah  sudah dipilah, sampah ini nanti dibawa ke lokasi produksi manual, tempat pengumpulan sampah atau pabrik digunakan kembali, jumlah ini dapat diperoleh melalui kegiatan ini disimpan di bank sampah dan Kumpulkan jika perlu.

pendapat Artiani (Artiani, 2017) bahwa sampah adalah sampah yang terdiri dari bahan yang bisa diurai dan bahan yang tidak bisa diurai dan biasanya tidak memiliki manfaat bagi masyarakat, bahan ini kemudian baiknya diolah dengan cara baik dan tidak mencemari lingkungan serta dapat menjaga asset yang telah dibangun oleh Pemerintah.

Permasalahan

Tumpukan sampah di kota Palembang menjadi permasalahan yang sangat mendesak. Terdapat kendala dalam pembuangan sampah, dimana Bank Sampah, TPS 3R, Pengumpul tidak beroperasi sebagaimana mestinya karena adanya pembatasan kerumunan, berkurangnya volume sampah yang dipisahkan dari sumber sampah dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengklasifikasikan sampah dan menggunakan produk yang dapat digunakan kembali.

Opini saya

Sampah merupakan masalah yang serius dan harus segera di atasi,tumpukan sampah yang sangat banyak akan mencemari lingkungan, sebaiknya diberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengolahan sampah yang baik dan benar, dengan melakukan pembatasan dan daur ulang,dan segera menciptakan bank sampah. sampah daur ulang dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan dan dapat bernilai jual tinggi.

 

0 komentar:

Posting Komentar