Kamis, 28 September 2023

Essay 1 Meringkas Jurnal Ingga Octinaa

 

EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK BAGI KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI ERA GLOBALISASI

Psikologi Sosial Essay 1 Meringkas Jurnal

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Ingga Octinaa

19310410007

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Topik

Topik artikel ini adalah kebijakan pengurangan sampah plastik untuk kelestarian lingkungan di era globalisasi dan efektivitasnya.

Sumber

Marsatana Tartila Tristy, Aminah. 2020.Efektivitas Kebijakan Pengurangan Sampah Plastik Bagi Kelestarian Lingkungan Hidup Di Era Globalisasi.Volume 7 Nomor 1 Page : 43-55

Permasalahan

Bagaimana kebijakan terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di era globalisasi?

 

Bagaimana efektivitas kebijakan pengurangan sampah plastik di era globalisasi?

Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan artikel ini khususnya adalah untuk mengetahui efektivitas dari kebijakan pengurangan sampah plastik di era globalisasi.

Isi

Sampah plastik yang relatif lama terurai maka dibutuhkan kebijakan yang tepat dan komprehensif untuk menangani permasalahan pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), komposisi sampah plastik di Indonesia mencapai 15% dari total sampah pada tahun 2015. Jumlah timbunan sampah di tingkat nasional pada waktu yang sama mencapai 175.000 ton/hari atau setara dengan 64 juta ton/tahun harus dapat diolah dengan tepat agar jumlah timbunan.

Metode

Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif, yaitu suatu penelitian yang menekankan pada ilmu hukum

Hasil

Di era globalisasi, berbagai kebijakan telah dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan daerah untuk mengatasi dan mengelola permasalahan lingkungan hidup, termasuk kebijakan pengurangan sampah plastik. Efektivitas kebijakan-kebijakan tersebut dalam mengurangi sampah plastik di era globalisasi perlu dikaji dan dievaluasi.Penerapan kebijakan lingkungan tertentu dapat menimbulkan kekhawatiran atau kecemasan di kalangan masyarakat tertentu, sehingga menyoroti perlunya analisis yang lebih mendalam mengenai efektivitas kebijakan tersebut. Untuk mencapai perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang komprehensif dan efektif di era globalisasi, diperlukan kebijakan pemerintah yang tepat dan tegas. Pengelolaan permasalahan lingkungan hidup harus terpadu dan berkelanjutan, dan kebijakan harus dilaksanakan baik di tingkat pusat maupun daerah.

Diskusi

Untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan sampah plastik di era globalisasi seperti sekarang ini, diperlukan kebijakan- kebijakan yang tepat dan komprehensif Bahkan apabila dimungkinkan kebijakan yang satu dapat diberlakukan bersamaan. dengan kebijakan yang lain. Karena pada dasarnya antara satu kebijakan dengan kebijakan yang lain mengenai pengurangan sampah plastik ini saling terkait dan men- dukung. Sehingga, dengan pemahaman ya- ng baik dan tepat mengenai efektivitas ke- bijakan pengurangan sampah plastik bagi kelestarian lingkungan hidup di era globalisasi diharapkan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan dengan bijak dalam pemakaian plastik untuk berbagai kepentingan aspek kehidupan bersama.

 

 




0 komentar:

Posting Komentar