Rabu, 27 September 2023

Essai 1 Meringkas Jurnal _RIFKY BACHTIAR LISANDRA _22310410011

PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS “ZERO WASTE” SKALA RUMAH TANGGA SECARA MANDIRI

 

Psikologi Lingkungan Essay 1 Meringkas Jurnal

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta MA



RIFKY BACHTIAR LISANDRA

22310410011

 

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA



Ringkasan Jurnal: “Pengelolaan Sampah Berbasis Zero Waste Skala Rumah Tangga Secara Mandiri”

Topik

Jurnal ini membahas tentang peningkatan jumlah sampah pada saat ini serta pengelolaan sampah dalam skala rumah tangga secara mandiri yang dapat dilakukan dengan cara konsep zero waste.

Sumber

Widiarti, I. W. (2012). Pengelolaan Sampah Berbasis “Zero Waste” Skala Rumah Tangga:

Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, Volume 4, Nomor 2, Juni 2012, Halaman 101113.

https://journal.uii.ac.id/JSTL/article/view/4877

Permasalahan

Meningkatnya jumlah sampah saat ini disebabkan oleh tingkat populasi dan standar gaya hidup, yaitu semakin maju dan sejahtera kehidupan seseorang maka semakin tinggi jumlah sampah yang dihasilkan. Peningkatan jumlah sampah terjadi seiring deret ukur sedangkan ketersedian lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah mengikuti deret hitung.

Tujuan

Studi ini bertujuan untuk tinjauan terhadap perilaku membuang sampah serta pada masyarakat konsep pengelolaan sampah berbasis zero waste pada skala rumah tangga secara mandiri yang dapat diterapkan di wilayah Indonesia.

Isi

Hasil studi ini menunjukkan bahwa perilaku membuang sampah makanan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti psikologi, situasi sosio-demografis, dan kebiasaan terkait pembuangan sampah. Strategi pencegahan dan pengurangan sampah dapat diambil berdasarkan faktor-faktor tersebut. Beberapa daerah telah mencoba mengelola sampah secara berbasis zero waste pada skala rumah tangga secara mandiri, dengan kunci keberhasilan berada pada pemilahan sampah yang lebih baik.

Metode

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan psikologi dan menganalisis berbagai laporan dari beberapa daerah yang berhasil dalam pengelolaan sampah berbasis zero waste pada skala rumah tangga secara mandiri serta mereview paper ilmiah yang telah dipublikasikan di jurnal internasional.

Hasil

Hasilnya menunjukkan bahwa pengelolaan sampah rumah tangga berbasis zero waste secara mandiri diawali dengan melakukan pemilahan terhadap sampah; pengomposan terhadap sampah organik (basah) yang dihasilkan dan pengumpulan terhadap sampah anorganik layak jual. Aspek sosial budaya juga berperan dalam tercapainya pelaksanaan pengelolaan sampah berbasis zero waste secara mandiri yaitu adanya agent of change sekaligus block leader di dalam lingkungan rumah yang menyebarluaskan informasi dan memotivasi anggota keluarga yang lain untuk melakukan pengelolaan sampah terutama dalam pemilahan sampah.

Diskusi

Jurnal ini mengulas isu sampah secara global, membahas faktor-faktor yang memengaruhi masyarakat pada perilaku pembuangan sampah dan mengusulkan strategi pengelolaan sampah yang lebih baik, dengan penekanan pada pemilahan sampah di sumber.

 

 

  

0 komentar:

Posting Komentar