Rabu, 20 September 2023

Psikologi Lingkungan: Essay pengganti pertemuan ke-2 (Ken Gelis Widiahapsari_22310410063/SP)


POLUSI UDARA DAN DAMPAK BAGI KEHIDUPAN MAHLUK HIDUP

Essay Pengganti Pertemuan ke-2

Psikologi Lingkungan

Ken Gelis Widiahapsari

22310410063

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Polusi udara merupakan masalah lingkungan yang mendesak dan menimbulkan risiko signifikan terhadap kesehatan manusia dan bumi. Dampak buruk pencemaran udara semakin mendapat perhatian karena dampak buruknya terhadap berbagai aspek kehidupan.Polusi udara terutama berasal dari aktivitas manusia seperti industrialisasi, emisi kendaraan, dan pembakaran bahan bakar fosil. Kegiatan ini melepaskan polutan ke atmosfer, termasuk partikel, nitrogen oksida, sulfur dioksida, dan senyawa organik yang mudah menguap. Akibatnya, polusi udara menurunkan kualitas udara dan menimbulkan sejumlah masalah. Pelepasan partikel halus, misalnya, dikaitkan dengan penyakit pernafasan, sementara nitrogen oksida dan senyawa organik yang mudah menguap berkontribusi terhadap pembentukan ozon di permukaan tanah yang berbahaya.

Selain itu, polusi udara tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia seperti menganggu pertumbuhan kembangan anak,kanker paru paru,asma,sesak nafas,sakit mata,kulit kering/bermasalah, autis pada anakdan menggangu kesehatan reproduksi.namun juga berdampak buruk terhadap lingkungan. Hujan asam yang disebabkan oleh pengendapan senyawa nitrogen dan sulfur dari polutan udara merusak ekosistem, termasuk hutan dan habitat perairan. Selain itu, hal ini juga berkontribusi terhadap perubahan iklim global dengan meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, sehingga memperburuk fenomena pemanasan global dan konsekuensi yang terkait dengannya.

Dampak polusi udara bagi tumbuhan,bisa menghambatnya proses morfologis dan fisiologis pada tanaman sehingga susah untuk menghasilkan bakal tanaman yang baru serta udara yang bisa menganggu sistem fotosintesis pada tanaman. Dampak polusi udara bagi hewan,terkena flu dan batuk pada hewan,mata merah,dan gangguan pernafasan pada hewan. ,

Masalah polusi udara ini sangat amat berbahaya bagi semua kesehatan makhluk hidup jika tetap di biarkan begitu saja serta menjadi tugas atau pr sendiri bagi pemerintah atau lembaga negara lainnya guna menanggulangi masalah polusi udara yang sedang terjadi saat ini. Cara paling mudah yang bisa kita lakukan yaitu dimulai dari diri sendiri dengan cara tidak membakar sampah,sampah lebih baik di tanam atau dijadikan encoenzim ataupun pupuk organik lainnya,tidak membakar sampah di daerah bahan yang mudah terbakar misalnya membakar sampah di kebun yang sedang tandus/kering,tidak membuang puntung rokok di daerah yang rawan terbakar,melakukan kegiatan tanam seribu pohon guna mengurangi pencemaran udara,dan tidak menebang pohon secara liar karena pohon berguna untuk menyerap Co2 dan menghasilkan O2.

Kesimpulannya, polusi udara merupakan ancaman besar bagi lingkungan dan kesejahteraan kita. Hal ini memerlukan perhatian segera dan langkah-langkah efektif untuk mengekang sumber polusi, mempromosikan teknologi yang lebih bersih, dan meningkatkan kesadaran di kalangan individu. Dengan mengatasi masalah ini secara kolektif, kita dapat berupaya mewujudkan masa depan yang lebih bersih dan sehat bagi semua orang.




Sumber:

https://www.prudential.co.id
https://edubirdie.com


0 komentar:

Posting Komentar