Rabu, 20 September 2023

POLUSI UDARA YANG SEMAKIN MEMBURUK DI IBUKOTA

Tugas Pengganti Kuliah Psikologi Lingkungan

Oleh Irmawati 22310410031

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Pasca pandemi Covid-19 Jakarta kembali dengan segelintir penghargaan dengan kota yang tersorot polusi udara. Penyebab utama dari polusi udara ini sempat menjadi perbincangan hangat adanya isu dari PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) yang ada di Jakarta. Ternyata setelah dikaji ulang berdasarkan pantauan dari siti nurbayan, polusi udara dijakarta ini disebabkan oleh asap oksidasi asap kendaran bermotor.

Polusi merupakan kontaminasi udara oleh zat apa pun yang berbahaya bagi manusia Ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari yang ringan, hingga yang parah dan berbahaya. Gas dan partikel berbahaya di udara berasal dari berbagai sumber. Termasuk asap knalpot kendaraan, asap dari pembakaran batu bara atau gas, dan asap rokok.  Beberapa penyebab umum polusi udara yaitu :

·       Kendaraan Bermotor,

·       Pabrik dan industry

·       Pembakaran bahan bakar fosil

Dampak dari polusi udara sendiri sangat beragam dan sangat berbahaya bagi tubuh. Di Indonesia kota yang terjangkit polusi udara yang diatas ambang batas adalah Kota Jakarta. Jakarta mendapati julukan kota paling berpolusi di Indonesia dengan warga kota yang harus diwajibkan memakai masker jika harua keluar rumah.

Zat dan gas yang terkandung didalam polutan udara ini sangatlah berbahaya. Pada tubuh akan membuat paru paru menjadi tidak sehat, karenanya masyarakat jakarta diharuskan memakai masker jika mau berpergian. Dampak yang kedua bisa mencemari lingkungan di sekitar seperti matinya makhluk hidup dan punahnya binatang binantang yang langka dan endemik. Pada kasus ini udara disekitar polutan membuat pohon pohon dan tanaman juga terkena imbasnya. Pohon akan mudah mati dan tidak bisa hidup kembali jika tidak dikurangi penyebab polusi udara ini.

Efek paparan polusi udara sendiri akan menyerang Kesehatan tubuh makhluk hidup terutama pada manusia. Berbagai penyakit yang dapat disebabkan oleh polusi udara ini sangatlah beragam seperti :

1.     Kanker paru-paru, kotoran dan polutan zat yang terkandung dalam polusi udara dapat menyebabkan kanker pada paru – paru.

2.     Serangan asma, pada Sebagian polusi mengandung karbon monoksida yang dapat memicu berbagai serangan asma. Pada tahap ini tubuh akan menyesuaikan bagaimana bernafas karena dipengaruhi oleh Ozon yang terbawa pada polusi.

3.     Bronkitis kronis. Pada gas keluaran oleh kendaran bermotor yang mengandung asam bisa meningkatkan risiko terjangkitnya penyakit Bronkitis Kronis. Pada kondisi ini alveolus pada paru – paru mengalami peradangan yang ekstrim.

Pemerintah dan satgas gabungan dari berbagai pihak sudah dikerahkan guna mengurangi polusi udara di Jakarta seperti membuat hujan buatan dengan segala rekayasa dan segala cara dikarenakan ini masih musim kemarau yang sangat panjang. Diharapkan dengan rekayasa seperti ini biasa mengurangi polusi udara dan mengembalikan udara segar yang dibawa oleh air.

Beragam regulasi dari pemerintah guna mengurangi polusi ini salah satu caranya yaitu dengan memberlakukan Uji Emisi di daerah Ibukota. Uji emisi sendiri dilakukan dengan menseleksi kendaran bermotor yang setiap lalu Lalang di jalanan Ibukota dengan membatasi setiap gas pembuangannya dibawah standar yang sudah ditentukan oleh pihak berwajib atau satgas Uji Emisi ini. Jika kendaraan tidak lolos uji emisi akan diberlakukan tilang permanen yang dikatakan kendaran tidak boleh beroperasi lagi selama masa regulasi uji emisi ini dicabut. Berbagai usaha pemerintah inipun tidak akan berhasil jika tidak ada Kerjasama dan dukungan Masyarakat sekitar.

Daftar Pustaka

admin. (2023, Agustus). Tinggal di Perkotaan, Ketahui Dulu Dampak Pencemaran Udara yang Bisa Ganggu Kesehatan. Retrieved from prudential: https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/tinggal-di-perkotaan-ketahui-dulu-dampak-pencemaran-udara-ini/

EPA. (2023, Agustus 16). Polusi udara: Mengapa Jakarta disebut ‘sudah kiamat’ dan apa solusi agar kualitas udara membaik? Retrieved from BBC: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-66514776

fikriansyah, i. (2023, Agustus 29). Ini Penyebab Polusi Udara Jakarta yang Ancam Kesehatan Masyarakat. Retrieved from detikNews: https://news.detik.com/berita/d-6902495/ini-penyebab-polusi-udara-jakarta-yang-ancam-kesehatan-masyarakat#:~:text=%22Pertama%2C%20sumber%2Dsumber%20kendaraan,23%2F8%2F2023

Susilo, T. (2023, September 16). Ternyata Bukan PLTU, Ini Biang Kerok Polusi Udara Jakarta. Retrieved from cnbcindonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20230916131500-4-473020/ternyata-bukan-pltu-ini-biang-kerok-polusi-udara-jakarta/amp



0 komentar:

Posting Komentar