Rabu, 20 September 2023

PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH

 

PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH ESSAY 1

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

 

Fitra Budi Wicaksono 22310410046

 

Dosen Pengampu : Dr Dra. Arundati Shinta, MA Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





Topik

Permasalahan sampah yang menjadi permasalahan nasional dan menjadi isu penting dalam masalah lingkungan perkotaan

Sumber

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/5162

Permasalahan

Sampah yang tidak tertangani dengan baik dapat mengganggu estetika lingkungan, menimbulkan bau serta mengakibatkan berkembangnya penyakit.

Tujuan Penelitian

Peneliti an ini bertu juan untuk menganalisis pengelolaan Bank Sampah Ke lompok Peduli Lingkungan Serasi Kelurahan Sidomulyo Kabupaten Semarang ditinjau dari aspek pengelolaan sampah (teknis operasional, kelembagaan, hukum, pem biayaan dan peran serta masyarakat) dan menganalisis dampak sosial, ekonomi dan lingkungan sebagai akibat dari adanya Bank Sampah Kelompok Peduli Lingkungan Serasi Kelurahan Sidomulyo Kabupaten Semarang

Metode Penelitian

Metode analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis dekriptif kuali tiatif dan kuantitatif. Data primer dan sekunder yang diperoleh tentang pengelolaan Bank Sampah Sidomulyo dianalisis


 

secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan Teori Miles dan Huberman dimana pengum pulan data dan analisis data dilakukan secara bersamaan secara interaktif, melalui proses: data collection, data reduction, data display dan verification/conclusion (Sugiyono, 2013).

Isi

Bank sampah adalah salah satu strategi penerapan 3R (reduce, reuse dan recycle) da lam pengelolaan sampah pada sumbernya di tingkat masyarakat. Pelaksanaan bank sam pah pada prinsipnya adalah salah satu rekayasa sosial untuk mengajak masyarakat memilah sampah. Dengan menukarkan sam pah dengan uang atau barang berharga yang dapat ditabung, masyarakat akhirnya terdidik untuk menghargai sampah sehingga mereka mau memilah sampah (Dirjen Cipta Karya, 2011).

Penyelesaian Masalah

Kegiatan pemilahan sampah yang dil akukan oleh Kelompok Peduli Lingkungan Serasi ini kemudian menarik perhatian Pemerintah Kelurahan Sidomulyo untuk lebih mengembangkan kegiatan pemilahan sampah ini menjadi kegiatan 3R (reduce, reuse dan recycle) dalam lingkup yang lebih luas yakni lingkup 1 (satu) Kelurahan Sidomulyo dalam bentuk kegiatan bank sampah.

Hasil Penelitian

Berdasarkan data Laporan Monografi Kependudukan Kelurahan Sidomulyo Tahun 2014, penduduk Kelurahan Sidomulyo pada akhir tahun 2013 berjumlah 4.508 jiwa yang terdiri atas 2.518 jiwa laki-laki dan 2.350 jiwa perempuan dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 285.674 KK. Volume timbulan sampah penduduk Kelurahan Sidomulyo ber dasarkan hasil perhitungan adalah 4.640,08 m3 /tahun. Apabila dibandingkan, timbulan sampah rata- rata Kabupaten Semarang ada lah 2,82 lt/org/hr (Satker PPLP Provinsi Ja wa Tengah, 2011)

Kesimpulan

Pengelolaan bank sampah kelompok peduli lingkungan serasi Kelurahan Sidomulyo dalam aspek teknis operasional telah menunjukkan beberapa hal positif. Pada tahap ini, pemilahan sampah yang dilakukan oleh nasabah bank sampah sudah berjalan baik meskipun persentase pengurangan sampah anorganik masih hanya 0,43% dari potensi sampah anorganik di Kelurahan Sidomulyo.

 

0 komentar:

Posting Komentar