Rabu, 20 September 2023

Psi.Lingkungan : Tugas Pengganti pertemuan 2 (Alfian Mauli Awaludin_22310410095/SP)


 

POLUSI UDARA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN

Essay Pengganti Pertemuan ke-2

Psikologi Lingkungan

Alfian Mauli Awaludin

22310410095

Dosen penggampu : Dr.Dra.Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

 


 

 

Polusi udara dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu isu global yang menjadi berbahaya dan dapat mengancam Kesehatan lingkungan makhlk hidup. Polusi udara sendiri kerap banyak dijumpai di daeah metropolitan. Menurut data yang dilihat dari National Institute of Environmental Health Sciences, Polus udara sendiri sudah menyumbang menjadi penyebab kematian 6,5 juta jiwa pada setiap tahunnya dan angka ini akan terus bertambah jika tidak dilakukan penanganan yang serius.

Apasih Polusi udara itu?, Polusi udara sendiri adalah bercampurnya berbagai molekul berbahaya baik yang disebabkan oleh ulah manusia maupun terbentuk secara alami dari bumi. Bahkan sebanyak 9 dari 10 manusia ini menghirup udara yang mengandung polutan lebihdari batas yang sudah ditetapkan oleh badan Kesehatan dunia WHO ( World Health Organization) . Penyebab polusi udara dapat didasarkan pada 2 suber yaitu perbuatan ulah manusia serta berasal dari alam, polusi udara yang berasal dari ulah perbuatan manusia sendiri kebanyakan berasal dari Emisi kegiatan industry, kendaraan darat , laut, maupun udara, dan juga penggunaan aerosol dari produk kaleng. Selain itu asap rokook dan kegiatan dalam rumah seperti memasak, membakar sampah, membakar kayu, arang untuk perapian dan juga penggunaan kompor minyak tanah  kerap juga cukup menyumbang terjadinya polusi udara. Selain polusi udara dapat dihasilkan dari ulah manusia polusi udara juga dapat dihasilkan dari alam seperti gas dari gunung berapi, kebakaran hutan karena musim kemarau dan lain hal sebagainya.

Dampak dari Polusi udara tidak dapat disepelekan, Polusi udara sendiri bagi manusia memiliki dampa nya sendiri dan berbeda-beda pada setiap manusia/ individu berdasarkan pada tingkat sensitivitas seseorang dan juga system imun. Secara umum sendiri dampak polusi udara bagi manusia terbagi menjadi 2, dampak jangka Panjang dan jangka pendek. Dampak jangka pendek biasanya berupa efek sementara yang akan menghilang jika poluran tersebut menghilang/ dengan pengobatan.  Contohnya seperti mengalami iritasi pada mata, tenggorokan, sakit kepaa dan pusing, batuk batuk  dan ;lain sebagainya sedangkan bagi beberapa orang dapat berefek lebih paah seperti pneumonia serta bronchitis. Dampak jangka Panjang biasanya disebabkan pada paparan plolusi udara selama bertahun-tahun sehingga dampaknya tidak langsung muncul begitu saja melainkan akan mengakumulasi sehingga menimbulkan dampak yang lebih besar contohnya seperti penyakit jantung, emfisema, hingga gangguan saraf dan organ yang lain.

Selain manusia, dampak dari polusi udara ini juga berdampak pada lingkungan sekitar, dampak yang cukup parah pada lingkungan adalah Hujan asam, hujan asam disebabkan karena tingginya sulfur dioksida dan nitrogen oksida di udara. Selain membahayakan hujan asam ini dapat merusak seta mematikan tumbuhan karena menyebabkan komposisi mineral pada tanah menurunkan kualitas air nya. Selain itu dampa ang dapat terjadi pada lingkungan adalah pemanasan global. Karena tingginya emisi karbon diatmosfer  yang merupakan salah satu gas rumah kaca yang akan menahan panas matahari untuk tidak dipantulkan keluar dari atmosfer bumi. Dan jikaterus dibiarkan maka suhu bumi akan semakin meningkat dan menimbulkan masalah serius seperti mencairnya gunung es di kutub.

 

0 komentar:

Posting Komentar