Rabu, 27 September 2023

Essay 1 Meringkas Jurnal Bastian Jan Bona Tua Siringoringo

 

JUDUL JURNAL

“ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH PADA MASYARAKAT DESA DISANAH KECAMATAN SRESEH KABUPATEN SAMPANG”

 

Psikologi Sosial Essay 1 Meringkas Jurnal

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA


NAMA

Bastian Jan Bona Tua Siringoringo

NIM

22310410069

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Topik

topik pada jurnal tersebut adalah menganalisis pengelolaan sampah di Desa Disanah Kabupaten Sampang. jurnal tersebut membahas permasalahan  pengelolaan sampah di desa, sistem pengelolaan sampah yang ada, teknik penelitian yang digunakan dan rekomendasi untuk meningkatkan pengelolaan sampah di desa.

Sumber

Muchammad Zamzami Elamin, Kartika Nuril Ilmi, Tsimaratut Tahrirah, Yudhi Ahmad Zarnuzi, Yanuar. Citra Suci, Dwi Ragil Rahmawati, Rizky Kusumawardhani, Dimas Mahendra Dwi P., Rizqi Azizir Rohmawati, Pandhu Aji Bhagaskoro, Ismi Fuatjia Nasifa. ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH PADA MASYARAKAT DESA DISANAH KECAMATAN SRESEH KABUPATEN SAMPANG. Analysis Of Waste Management In The Village Of Disanah, District Of Sreseh Sampang, Madura, Halaman 368-375.

Permasalahan

Permasalahan yang disebutkan dalam jurnal tersebut adalah buruknya pengelolaan sampah  di Desa Disanah, Kabupaten Sampang.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya lahan untuk membangun tempat penampungan sementara, buruknya sarana dan prasarana, serta kesadaran masyarakat  akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Tujuan

Tujuan kajian yang dibahas dalam ulasan tersebut adalah untuk memahami sistem pengelolaan sampah yang ada di Desa Disanah, Kecamatan Sreseh, Provinsi Sampang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain observasi deskriptif. Dengan memahami sistem pengelolaan sampah yang ada, kami berharap dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan pengelolaan sampah di desa.

Isi

jurnal tersebut membahas tentang analisis pengelolaan sampah di Desa Disanah Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain observasi deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah yang ada di Desa Disanah dan menghasilkan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan sampah yang ada dengan mempelajari literatur pengembangan sistem pengelolaan sampah di Desa Disanah.

jurnal tersebut menjelaskan, pengelolaan sampah di Desa Disanah kurang baik dan benar karena proses pengelolaannya dilakukan melalui pengolahan dan pembakaran yang tidak tepat.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya lahan untuk membangun tempat penampungan sementara, buruknya sarana dan prasarana, serta kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Metode

Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam jurnal ini adalah  kualitatif dengan desain deskriptif observasional. Teknik penelitian yang digunakan meliputi survei lapangan, diskusi kelompok terfokus partisipatif (FGD), wawancara terbuka, dan penelitian kantor. Partisipan  dalam penelitian ini meliputi perwakilan Departemen Lingkungan Hidup, tokoh desa, lembaga perwakilan desa, karang taruna, dan organisasi  desa.

Hasil

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di Desa Disanah masih belum baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya lahan untuk membangun tempat penampungan sementara, buruknya sarana dan prasarana, serta kesadaran masyarakat  akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa solusi yang dapat diberikan adalah dengan melakukan sosialisasi  pengelolaan sampah yang baik dan benar, membuat rencana kerjasama bersama untuk membersihkan desa secara berkala dan memasukkan dana ke dalam kebijakan pembebasan lahan yang akan digunakan untuk tempat penampungan sementara. .

Diskusi

apa solusi terbaik untuk memperbaiki pengelolaan sampah di Desa Disanah?

Faktor apa saja  yang menyebabkan tidak efektifnya pengelolaan sampah di Desa Disanah?

Teknik penelitian apa yang digunakan dalam penelitian ini dan apa hasilnya?



0 komentar:

Posting Komentar