Jumat, 05 Mei 2023

ESSAY 3. MERINGKAS JURNAL. Rifky Bachtiar Lisandra

 

Essay 3

MERINGKAS JURNAL

PSIKOLOGI SOSIAL

RIFKY BACHTIAR LISANDRA

22310410011

DOSEN PENGAMPU: Dr. Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Topik

Pengaruh Implementasi Pembelajaran Dengan Teknik Kuis Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Dengan Kovariabel Motivasi Belajar Pada Siswa SMA.

Sumber

e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Volume 4.

2014.

Ida Bagus Gde Parwita, Nyoman Dantes, I Nyoman Natajaya.

Permasalahan

Pembelajaran dengan teknik kuis ini dalam penyajiannya memerlukan adanya alat bantu baik yang bersifat sederhana dengan menggunakan kertas putih besar (kertas manila) yang telah diisi dengan kuis yang akan disajikan, atau yang lebih modern dengan pemanfaatan Komputer dan LCD projector yang dengan mudah dapat untuk menyajikan persiapan yang telah dibuat.

 

Dengan banyaknya bantuan peralatan pembelajaran yang telah disampaikan oleh pemerintah kepada sekolah – sekolah dewasa ini, pemanfaatan perangkat komputer dan LCD projector sangat memungkinkan untuk dilaksanakan di tiap sekolah. Dengan teknik ini guru akan mudah melaksanakan pembelajaran di tiap kelas paralel, walaupun harus mengulang apa yang telah disampaikan sebelumnya tanpa perlu membikin persiapan ulang bahan yang telah diajarkan karena hal yang sudah diproses dapat dengan mudah dikembalikan seperti sebelumnya.

Tujuan penelitian

Mendekripsikan pembelajaran dengan teknik kuis terhadap prestasi belajar sejarah dengan kovariabel motivasi belajar pada siswa SMA.

Isi

Penelitian ini tergolong jenis penelitian eksperimen dengan rancangan “post test only control group design”(Dantes, 2012:96) dengan desain menggunakan pembanding, pengelompokan secara random tanpa prates namun kedua kelompok telah disetarakan. Populasi adalah seluruh siswa kelas XII-IPB SMA Pariwisata – PGRI Dawan, Klungkung tahun 2013 / 2014, yang terdiri dari tiga rombel dengan jumlah 35 orang untuk masing-masing rombel. Setelah dilakukan uji kesetaraan kelas, diperoleh 3 pasangan kelas yang setara. Secara random terpilihlah pasangan XII IPB2- XII IPB3 sebagai sampel, dan secara random pula ditentukan kelas XII IPB2 sebagai kelompok eksperimen (yang mengikuti pembelajaran dengan teknik kuis), dan XII IPB3 sebagai kelompok kontrol (yang mengikuti pembelajaran dengan teknik konvensional).

Metode

Post test only control group design.

Hasil

Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan beberapa dukungan untuk gagasan bahwa disonansi generasi berhubungan dengan dukungan orangtua dan tingkat kebersamaan simtomatologi depresi. Secara umum, memiliki orangtua dengan profil bicultural tampaknya paling menguntungkan jika remaja sama memiliki profil bicultural. Hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini bukan ibu atau ayah bicultural, melainkan kombinasi dari sebuah biculturally orangtua dan remaja. Konfigurasi ini mungkin optimal, karena melibatkan jarak minimal antara orangtua dan anak di kedua budaya China dan Amerika saat masih berada pada lingkungan keluarga yang memiliki aspek nilai-nilai budaya dan tradisi Cina serta sama dihargainya oleh orang tua dan anak. 

Diskusi

        Kekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian sehingga dalam pengambilan datanya tidak dibutuhkan waktu yang lama seperti pada metode kualitatif.

        Kelemahan penelitian ini adalah rentan waktu penelitian yang digunakan pada wave 1 ke wave 2 cukup jauh, yaitu 4 tahun sehingga subjek yang dapat ikut pada wave 2 hanya 80%.

0 komentar:

Posting Komentar