Selasa, 02 Mei 2023

MERINGKAS JURNAL 3

 

Teknik Penyusunan Skripsi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Jhuan Riswanda Anasay (20310410035)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


 

Topik

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA

 

Sumber

Jurnal Happines Vol. 1 No. 2 Desember 2017 | 111-124

 

Permasalahan

Kecemasan yang dialami oleh siswa dapat menyebabkan seseorang kurang bisa focus konsentrasi dalam belajar, dikarenakan pikiran individu terfokus pada antisipasi hal-hal yang akan terjadi pada masa yang akan dating terkait dengan ujian nasional. Kecemasan juga bisa menurunkan motivasi siswa sehingga semakin tinggi kecemasan maka siswa akan semakin pesimis terhadap kemampuannya dalam mengaerjakan soal ujian.

 

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini yaitu mencari korelasi atau hubungan maka data yang diperoleh dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji linieritas, yang selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan tehnik product moment yang kemudian akan dihitung menggunakan program komputer statistik atau program SPSS.

 

Isi

-       Kecemasan yang dialami oleh siswa dapat menyebabkan seseorang kurang bisa focus konsentrasi dalam belajar, dikarenakan pikiran individu terfokus pada antisipasi hal-hal yang akan terjadi pada masa yang akan dating terkait dengan ujian nasional.

-       Kecemasan juga bisa menurunkan motivasi siswa sehingga semakin tinggi kecemasan maka siswa akan semakin pesimis terhadap kemampuannya dalam mengaerjakan soal ujian.

-       Dimana kecemesan siswa adalah pada kecemasan dalam menghadapi ujian nasional. Kemampuan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional CBT tidak hanya dipengaruhi potensi kognitif yang dimiliki siswa seperti inteligensi, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh keyakinan siswa mengenai kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas tersebut.

-       Adapun aspek kecemasan dalam menghadapi Ujian nasional dijelaskan menurut Sue (1995) sebagai berikut :

a.      Manifestasi kognitif yang tidak terkendali

b.      Manifestasi afektif yang tidak terkendali

c.      Manifestasi motorik yang tak terkendali

d.      Manifestasi somatik yang tak terkendali

 

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif assosiatif atau hubungan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian nasional. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment yang bertujuan untuk mencari bukti ada tidaknya hubungan antar variabel, melihat besar-kecilnya hubungan dan memperoleh kejelasan dan kepastian apakah hubungan tersebut berarti atau tidak (Abdurahman dkk, 2011).

 

Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian ini adalah hubungan yang negatif dimana kecemesan menurun maka efikasi diri meningkat. Sebagian besar siswa dalam menghadapi ujian nasional merasakan kecemasan ditambah pula ujian nasional yang dihadapi menggunakan ujian berbasis komputer. Kecemasan muncul disebabkan oleh faktor individu yaitu yang kurang yakin akan diri sendiri dan faktor lingkungan yaitu dari sekolah, yang menyebabkan kecemasan siswa tetap ada. Meskipun para siswa merasakan kecemasan menghadapi ujian nasional namun efikasi diri siswa tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa perubahan tingkah laku pada siswa MTsN 2 Kota Kediri.

 

Diskusi

-      Siswa dengan tingkat efikasi diri yang tinggi cenderung lebih percaya diri dalam menghadapi ujian nasional. Mereka merasa mampu dan siap untuk menghadapi tantangan yang ada dalam ujian nasional. Hal ini dapat mengurangi tingkat kecemasan mereka saat menghadapi ujian nasional karena mereka memiliki keyakinan bahwa mereka dapat menghadapi dan menyelesaikan ujian tersebut dengan baik.

-      Sementara itu, siswa dengan tingkat efikasi diri yang rendah cenderung memiliki rasa ketidakmampuan dan kekhawatiran dalam menghadapi ujian nasional. Mereka merasa tidak siap dan tidak mampu untuk menghadapi ujian nasional. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kecemasan mereka saat menghadapi ujian nasional karena mereka merasa tidak yakin bahwa mereka dapat menghadapi dan menyelesaikan ujian tersebut dengan baik.

-      Untuk mengatasi kecemasan dalam menghadapi ujian nasional, siswa perlu meningkatkan tingkat efikasi diri mereka dengan meningkatkan persiapan dan kesiapan mental mereka. Mereka juga dapat mengikuti program pelatihan yang dirancang khusus untuk meningkatkan efikasi diri mereka dalam menghadapi ujian nasional. Dukungan dari orang tua, teman, dan guru juga dapat membantu siswa mengatasi kecemasan mereka dalam menghadapi ujian nasional.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar