Teknik Penyusunan Skripsi
Dosen Pengampu: Dr.
Arundati Shinta, M. A
Jhuan Riswanda Anasay
(20310410035)
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
|
Topik |
HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI
UJIAN NASIONAL PADA SISWA |
|
Sumber |
Jurnal Happines Vol. 1 No. 2 Desember 2017 | 111-124 |
|
Permasalahan |
Kecemasan yang dialami oleh siswa dapat menyebabkan
seseorang kurang bisa focus konsentrasi dalam belajar, dikarenakan pikiran
individu terfokus pada antisipasi hal-hal yang akan terjadi pada masa yang
akan dating terkait dengan ujian nasional. Kecemasan juga bisa menurunkan
motivasi siswa sehingga semakin tinggi kecemasan maka siswa akan semakin
pesimis terhadap kemampuannya dalam mengaerjakan soal ujian. |
|
Tujuan
Penelitian |
Tujuan penelitian ini yaitu mencari korelasi atau
hubungan maka data yang diperoleh dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas
dan uji linieritas, yang selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan
tehnik product moment yang kemudian akan dihitung menggunakan program
komputer statistik atau program SPSS. |
|
Isi |
- Kecemasan
yang dialami oleh siswa dapat menyebabkan seseorang kurang bisa focus konsentrasi
dalam belajar, dikarenakan pikiran individu terfokus pada antisipasi hal-hal
yang akan terjadi pada masa yang akan dating terkait dengan ujian nasional. - Kecemasan
juga bisa menurunkan motivasi siswa sehingga semakin tinggi kecemasan maka
siswa akan semakin pesimis terhadap kemampuannya dalam mengaerjakan soal
ujian. - Dimana
kecemesan siswa adalah pada kecemasan dalam menghadapi ujian nasional.
Kemampuan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional CBT tidak hanya dipengaruhi
potensi kognitif yang dimiliki siswa seperti inteligensi, tetapi juga sangat
dipengaruhi oleh keyakinan siswa mengenai kemampuan dirinya dalam
menyelesaikan tugas tersebut. - Adapun
aspek kecemasan dalam menghadapi Ujian nasional dijelaskan menurut Sue (1995)
sebagai berikut : a. Manifestasi
kognitif yang tidak terkendali b. Manifestasi
afektif yang tidak terkendali c. Manifestasi
motorik yang tak terkendali d. Manifestasi
somatik yang tak terkendali |
|
Metode
Penelitian |
Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian deskriptif assosiatif atau hubungan yang
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan
menghadapi ujian nasional. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah korelasi product moment yang bertujuan untuk mencari
bukti ada tidaknya hubungan antar variabel, melihat besar-kecilnya hubungan
dan memperoleh kejelasan dan kepastian apakah hubungan tersebut berarti atau
tidak (Abdurahman dkk, 2011). |
|
Hasil Penelitian |
Hasil dari penelitian ini adalah hubungan yang
negatif dimana kecemesan menurun maka efikasi diri meningkat. Sebagian besar
siswa dalam menghadapi ujian nasional merasakan kecemasan ditambah pula ujian
nasional yang dihadapi menggunakan ujian berbasis komputer. Kecemasan muncul
disebabkan oleh faktor individu yaitu yang kurang yakin akan diri sendiri dan
faktor lingkungan yaitu dari sekolah, yang menyebabkan kecemasan siswa tetap
ada. Meskipun para siswa merasakan kecemasan menghadapi ujian nasional namun
efikasi diri siswa tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa perubahan
tingkah laku pada siswa MTsN 2 Kota Kediri. |
|
Diskusi |
- Siswa
dengan tingkat efikasi diri yang tinggi cenderung lebih percaya diri dalam
menghadapi ujian nasional. Mereka merasa mampu dan siap untuk menghadapi
tantangan yang ada dalam ujian nasional. Hal ini dapat mengurangi tingkat
kecemasan mereka saat menghadapi ujian nasional karena mereka memiliki
keyakinan bahwa mereka dapat menghadapi dan menyelesaikan ujian tersebut
dengan baik. - Sementara
itu, siswa dengan tingkat efikasi diri yang rendah cenderung memiliki rasa
ketidakmampuan dan kekhawatiran dalam menghadapi ujian nasional. Mereka
merasa tidak siap dan tidak mampu untuk menghadapi ujian nasional. Hal ini
dapat meningkatkan tingkat kecemasan mereka saat menghadapi ujian nasional
karena mereka merasa tidak yakin bahwa mereka dapat menghadapi dan
menyelesaikan ujian tersebut dengan baik. - Untuk
mengatasi kecemasan dalam menghadapi ujian nasional, siswa perlu meningkatkan
tingkat efikasi diri mereka dengan meningkatkan persiapan dan kesiapan mental
mereka. Mereka juga dapat mengikuti program pelatihan yang dirancang khusus
untuk meningkatkan efikasi diri mereka dalam menghadapi ujian nasional.
Dukungan dari orang tua, teman, dan guru juga dapat membantu siswa mengatasi
kecemasan mereka dalam menghadapi ujian nasional. |







0 komentar:
Posting Komentar