PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Essay 2 Meringkas Jurnal
Psikologi Inovasi
Dosen pengampu : Dr., Dra.
Arundati Shinta MA
Nama : Risky Candra Heryana
NIM : 21310410155
Kelas : Psikologi SP
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA
Topik |
Pentingnya
motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. |
Sumber |
Rahman, S. (2021). "Pentingnya Motivasi Belajar
dalam Meningkatkan Hasil Belajar." Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
Dasar "Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0",
diselenggarakan oleh Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo pada tanggal
25 November 2021 (hal. 289). ISBN 978-623-98648-2-8. |
Permasalahan |
Bagaimana
motivasi belajar memengaruhi hasil belajar siswa? |
Tujuan |
Tujuan
jurnal ini adalah untuk menggambarkan hubungan antara motivasi belajar dan
hasil belajar siswa. |
Isi
|
Jurnal
ini mengulas secara mendalam tentang dampak pandemi COVID-19 terhadap
pendidikan, khususnya dalam konteks pembelajaran online yang menuntut
pendekatan saintifik. Jurnal tersebut menyoroti tantangan yang dihadapi oleh
para guru dalam mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar siswa di
tengah situasi pembelajaran yang berubah secara drastis. Selain itu, jurnal
ini juga merujuk pada teori motivasi yang relevan, seperti perbedaan antara
motivasi intrinsik yang berasal dari dalam diri individu dan motivasi
ekstrinsik yang dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti pujian atau
hadiah. Tak hanya itu, jurnal ini turut membahas beragam bentuk motivasi
belajar yang dapat diterapkan oleh para pendidik serta upaya-upaya konkret
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, seperti
memberikan angka atau hadiah, menumbuhkan persaingan yang sehat, dan
meningkatkan keterlibatan emosional siswa dalam proses pembelajaran. |
Metode |
Metode
penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka untuk menggambarkan
hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa. |
Hasil |
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi
cenderung mencapai prestasi belajar yang lebih baik, sedangkan siswa dengan
motivasi rendah cenderung mengalami kesulitan belajar. |
Diskusi Kesimpulan |
Dalam
pembahasan, jurnal ini menggarisbawahi motivasi sebagai motor penggerak
kegiatan belajar, menjelaskan tujuan pembelajaran, menyeleksi arah
pembelajaran, dan melahirkan prestasi. Faktor-faktor lain yang memengaruhi
hasil belajar, seperti kualitas guru, metode pembelajaran, motivasi siswa,
dan lingkungan belajar, juga disinggung. Secara
keseluruhan, jurnal ini memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya
motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, penelitian
lanjutan yang lebih mendalam dapat memberikan wawasan yang lebih kaya tentang
faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar siswa. |
0 komentar:
Posting Komentar