Minggu, 19 Mei 2024

Artikel Webinar Adiksi Zat Dan Perilaku PSIKOLOGI ABRNORMAL

 

Tugas Psikologi Abnormalitas

Nama : Endy Zhuans Saputra

Nim    : 22310410071

Dosen Pengampu : FX. Wahyu Widiantoro S.Psi., MA


Memahami Tahapan Perubahan Perilaku dalam Terapi Adiksi

Terapi adiksi, baik untuk kecanduan zat ataupun perilaku, sangat bergantung pada pemahaman tentang tahapan perubahan perilaku. Dr. Firdaus Yamani, Sp.KJ, Subsp.Ad (K), psikiater konsultan adiksi dari RSJ Sambang Lihum, menjelaskan bahwa ada enam tahapan perubahan perilaku yang menjadi kunci keberhasilan terapi adiksi.

Prakontemplas: Pada tahap ini, individu belum berpikir untuk berubah dan tidak tertarik pada bantuan orang lain. Mereka cenderung defensif dan bertahan pada kebiasaan buruk mereka. Diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran sebelum individu menyadari perlunya berubah.

Pada tahap Kontemplasi Individu mulai menyadari konsekuensi dari kebiasaannya dan mulai mempertimbangkan kemungkinan untuk berhenti, meskipun masih ragu-ragu atau ambivalen. Pada tahap ini, diperlukan dukungan motivasi untuk membantu individu mengakhiri ambivalensinya dan memilih untuk berubah.

Di tahap Preparasi Individu membuat komitmen untuk berubah dan motivasi untuk berubah sudah terlihat. Mereka mulai mengambil langkah kecil untuk berhenti dan mengumpulkan informasi serta strategi untuk berubah. Pada tahap ini, diperlukan dukungan untuk mengidentifikasi strategi perubahan yang sesuai dan membuat perencanaan untuk berubah.

Kemudian Tahap Aksi Individu yakin bisa mengubah perilaku dan kebiasaannya. Mereka aktif mengambil langkah untuk berubah dengan teknik-teknik yang bervariasi. Pada tahap ini, diperlukan dukungan untuk memilih strategi perubahan dan menjalaninya, serta belajar mencegah relaps.

Selanjutnya tahap Pemeliharaan Individu mampu menghindari godaan untuk kembali ke kebiasaan lama dan bertahan dengan perubahan yang sudah mereka alami. Mereka mulai membuat aturan dan menerima keterampilan baru untuk menghadapi kehidupan dan mencegah relaps. Pada tahap ini, diperlukan dukungan untuk mengembangkan keterampilan baru, bersosialisasi, dan beraktivitas untuk memperkuat pemulihan.

Tahap akhir Relaps Apabila terjadi relaps, individu mungkin kembali ke tahap sebelumnya dan mengalami konflik motivasi. Pada tahap ini, diperlukan dukungan untuk segera pulih, meningkatkan rasa percaya diri, dan menjalani proses pemulihan dengan mengantisipasi faktor penyebab relaps. 

Memahami tahapan perubahan perilaku dalam terapi adiksi sangat penting untuk membantu individu yang mengalami kecanduan zat atau perilaku. Pengetahuan ini juga relevan untuk dipelajari dalam kuliah Psikologi Abnormalitas, di mana mahasiswa dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang gangguan mental, termasuk adiksi, dan pendekatan terapeutik yang sesuai. Dengan demikian, mahasiswa dapat mempersiapkan diri menjadi profesional di bidang kesehatan mental yang kompeten dan mampu memberikan dukungan yang tepat bagi individu yang mengalami masalah adiksi.

 

Lampiran Sertifikat



0 komentar:

Posting Komentar