Senin, 13 Mei 2024

 

Essay 03 Psikologi Inovasi

Wawancara Tentang Disnonansi Kognitif pada Perkok Aktif

 

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA


 


 

Siti Nurma Ria Ulfa

21310410174

 

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Target wawancara: Perkok Aktif 

Identitas Target: WI

Tempat Wawncara: Rumah WI

 

 

Ria: “Selamat siang mas WI”

Wi: “Siang mba”

Ria: “Terimakaih mas WI atas waktu yang diluangkan  untuk proses wawancara.”

Wi: “Iya mba sama-sama, kebetulan juga saya sedang tidak sibuk, alias senggang”

Ria: baik mas WI, terimakasih sekali lagi.

Ria: “Mas WI untuk hal yang pertama saya ingin tanyakan adalah sudah berapa lama mas WI ini menjadi perokok aktif mas? Karena saya lihat banyak sekali bungkus rokok yang dijadikan pajangan etalase kecil.”

WI: “Saya merokok sudah dari kelas 1 SMP mba, sampai saat ini, ya sudah lumayan cukup lama sekali.

Ria: “Bagaimana pendapat mas WI tentang peringatan bahaya merokok yang ada di iklan atau banner spanduk itu mas??”

WI: “Sebenarnya saya juga takut dan khawatir mba dengan bahaya merokok, cuma saya kalau engga ngerokok sehari itu mulut saya rasanya pait. Saya pernah nyoba untuk sama sekali engga merokok tapi ga bisa mba, harus ngerokok saya, saya ga makan aja gapapa. Yang penting bisa ngerokok.”

Ria: “ Terimakasih atas kejujuran mas WI. Apakah mas WI pernah mempertimbangkan alternatif lain untuk mengurangi stres selain merokok?"

WI: " Saya mencoba beberapa hal, seperti olahraga dan meditasi, tapi rasanya tidak seefektif merokok. Mungkin saya harus lebih mencobaa lebih keras untuk menemukan solusi yang lebih tepat."

Ria: "Saya menghargai upaya mas WI untuk mencari solusi yang lebih baik, Apakah ada hal lain yang ingin mas WI bagikan tentang pengalaman merokok?"

WI: "Hanya ingin mengatakan bahwa sata tahu saya harus berhenti, tapi itu memanglah sulit. Saya berharap bisa menemukan cara untuk mengatasi hal ini suatu hari nanti."

Ria: " Baik mas saya doakan semoga upaya dalam perubahan tidak merokok terrealisasikan, Terimakasih mas WI sudah berkenan untuk saya wawancari, Terimakasih mas selamat siang."

 

 

0 komentar:

Posting Komentar