Kamis, 09 Mei 2024

Esai 4 psikologi Inovasi : Berperilaku Inovatif Secara Nyata Deni Mulyanto

 

TUGAS BERPERILAKU INOVATIF

MEMBUAT BARANG

ESSAY 4

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2024 

 

HIASAN DINDING SENJATA KARAKTER FIKSI NANAMI KENTO

 

Awal mula dari ide ini adalah berawal dari harga barang tersebut yang terbialng cukup mahal untuk sekedar hiasan dinding, harga barang tersebut berkisar 50 hingga 100 ribu. Dengan pembuatan yang terbilang mudah dan memiliki ketahanan yang rendah barang tersebut terbilang mahal. Mungkin yang membuat barang tersebut terbilang mahal adalah karena barang tersebut adalah imitasi dari senjata dari sebuah karakter fiksi yang sangat popular hingga dapat membuat barang imitasi atau hiasan dinding nya menjadi mahal. Biasanya barang tersebut dibuat dari eva foam atau busa hati dan dibungkus dengan kain bercorak, mestipun harganya cukup mahal namun eva foam memiliki ketahanan yang cukup rendah namun bila sekedar untuk hiasan dinding sudah terbilang cukup.

Namun ada beberapa orang atau komunitas yang menggunakan barang tersebut untuk bercosplay atau memperagakan suatu karakter, bila demikian saya rasa eva foam kurang cocok karena rentan rusak jika di bawa kemana-mana. Untuk itu saya memiliki pemikiran, jika harga senjata imitasi tersebut yang terbuat dari eva foam mampu memiliki harga yang tinggi maka mengapa tidak saya membuat benda yang saya dengan harga yang bisa lebih tinggi. Dengan menggunakan kayu bekas bangunan yang tidak terpakai, selain memiliki ketahanan yang tinggi dan cocok untuk digunakan sebagai hiasan dinding dan bercosplay bahan yang didapat untuk membuatnya pun terbilang gratis, jadi saya bisa memperoleh keuntungan yang lumayan dengan modal yang rendah.

 

ALAT

-       Gergaji kayu

-       Golok

-       Spidol

-       Amplas

-       Lem G

BAHAN

-       Kayu Jati

-       Spidol Hitam

-       Kain Putih

 

LANGKAH PEMBUATAN

Pertama ambil papan kemudian potong dengan gergaji kayu dengan ukuran 50x12 cm, setelah itu potong kembali papan sepanjang 20cm untuk membuat pegangannya. Setelah itu rapikan bentuknya menggunakan golok untuk serta amplas untuk menghaluskannya, selanjutnya potong kain putih sesuai ukuran hingga cukup untuk menutupi bilah senjatanya, Setelah terbungkus lem kain tersebut menggunakan Lem G, tunggu hingga kering. Kemudian selanjutnya buat corak diatas kain tersebut menggunakan spidol permanen dan kemudian selesai, barang siap dijual.

 

 

Link : https://www.instagram.com/p/C6vTB_JLd4S/?igsh=aTAzYjNtbmY1M2pv

 

 

0 komentar:

Posting Komentar