Rabu, 08 Mei 2024

Esai 4 Psikologi Inovasi : Berperilaku Inovatif Secara Nyata Pascalin Sari Asih (21310410192)

 

Esai 4 Psikologi Inovasi : Berperilaku Inovatif Secara Nyata

MEMBUAT MACRAME GELANG DARI TALI SEPATU

Pascalin sari asih

NIM : 21310410192

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA





Orang sudah sering membuat macrame sejak diperkenalkannya pelayaran. Seiring berjalannya waktu, macrame tidak hanya digunakan untuk membuat jaring dan jaring saja. Pada tahun 1970an, masyarakat dapat menggunakan produk macrame seperti topi, sarung tangan, kaos kaki, dan lain-lain (Chace, 1981). Teknik macrame merupakan teknik pembuatan simpul tali sederhana yang menggunakan bahan baku murah, sederhana dan tidak memerlukan meja kerja, namun membutuhkan banyak kreativitas. Selain itu berbagai produk seperti tas, dompet, aneka hiasan dinding, taplak meja, ikat pinggang wanita dan lain sebagainya dapat dihasilkan dari kerajinan ini.Aksesoris untuk produk macrame juga bermacam-macam mulai dari gelang, kalung, anting, ikat pinggang, dll. Menggunakan simpul anyaman dan bahan lain seperti manik-manik.

Bahan yang saya gunakan disini hanyalah tali sepatu bekas yang sudah tidak terpakai lagi, gunting dan hiasan (liontin bagus, pernak-pernik). Cara pembuatannya sangat sederhana, pertama pastikan tali sepatu dalam keadaan bersih (cuci terlebih dahulu), pelintir kedua ujung tali, buat lingkaran pada pergelangan tangan, lalu simpul dan selesaikan tali Puno. Kemudian silangkan ujung tali menjadi satu, lalu buat simpul hidup di sisi kanan dan kiri untuk menyesuaikan ukuran tali agar sesuai dengan tangan, terakhir pasang liontin atau hiasan dan selesai.

Memperoleh keterampilan macrame memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat yang dapat diraih adalah keterampilan macrame dapat membantu dalam kehidupan, karena keterampilan macrame dapat menghasilkan benda-benda yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti tas, ikat pinggang dan lain-lain, keterampilan macrame menyempurnakan kreativitas soft skill, macrame dapat menunjang keterampilan hidup, bahwa penggilingan yang terus-menerus tidak hanya menghasilkan bahan habis pakai yang dapat digunakan, tetapi juga dijual untuk diperdagangkan dan referensi untuk membuat kerajinan tangan yang murah. dengan mudah dan tanpa alat atau mesin, serta dapat dilakukan secara acak, namun tetap dapat menghasilkan produk yang berbeda dengan fungsi dan cita rasa seni yang berbeda.

Daftar Pustaka :

Chace, S. 1981. Craft & Hobbies: A Step by Step Guide to Creative Skills. USA: Reader’s Digest.

 

Link penjualan di instagram

https://www.instagram.com/p/C6tpHABPNF4A8b0blmQ8IfAXlCBPZjgI26bpAo0/?igsh=N3VhZ3c4dzd4bXNu

 

 

0 komentar:

Posting Komentar