Senin, 06 Mei 2024

Esai 2 Psikologi Inovasi : Meringkas Jurnal Motivasi Adip Norman Fatkuri (21310410176)

 

 

ESSAY 2

 PSIKOLOGI INOVASI- MERINGKAS JURNAL MOTIVASI

ADIP NORMAN FATKURI

21310410176

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

TOPIK

Motivasi belajar, Pembelajaran mandiri, Derivatif dalam Fungsi Trigonometri, Pembelajaran jarak jauh

SUMBER

Fitria, A., Najihah, B., Paris, M. A., & Atsnan, M. F. (2021). Motivation, self-regulated learning, and their effects on learning outcomes of derivative materials during the Covid-19 pandemic. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 153-166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.42184

PERMASLAHAN

Jurnal ini membahas permasalahan yang berkaitan dengan dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran matematika siswa, khususnya dalam hal motivasi belajar dan kemampuan siswa untuk mengatur pembelajaran sendiri. Dengan beralihnya ke pembelajaran jarak jauh sebagai respons terhadap pandemi, siswa menghadapi tantangan baru dalam mempertahankan motivasi belajar dan kemandirian mereka dalam mengatur pembelajaran.

 

Pembelajaran jarak jauh mengubah lingkungan pembelajaran tradisional, di mana interaksi langsung antara guru dan siswa, serta antara siswa satu sama lain, menjadi terbatas. Kurangnya interaksi ini dapat mengurangi tingkat motivasi siswa dan mengganggu kemampuan mereka untuk mengatur pembelajaran sendiri. Hal ini dapat memengaruhi hasil pembelajaran siswa, terutama dalam mata pelajaran yang memerlukan pemahaman konsep dan pemecahan masalah seperti matematika.

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian dalam jurnal ini adalah untuk:

1. Menganalisis korelasi antara tingkat motivasi belajar dan kemampuan siswa untuk mengatur pembelajaran sendiri dengan pencapaian hasil pembelajaran matematika selama masa pandemi Covid-19.

2. Mengukur dampak motivasi belajar dan kemampuan siswa dalam mengatur pembelajaran sendiri terhadap pencapaian hasil pembelajaran mereka dalam situasi pembelajaran jarak jauh.

3. Menyoroti pentingnya motivasi belajar dan kemandirian siswa dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi Covid-19.

4. Menyusun saran untuk pendidik dan pembuat kebijakan tentang cara mendukung siswa dalam menjaga motivasi belajar dan kemandirian mereka selama pembelajaran jarak jauh.

ISI

Jurnal ini mengulas dampak motivasi belajar dan pembelajaran mandiri siswa terhadap hasil pembelajaran matematika selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah desain Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel independen adalah motivasi belajar dan pembelajaran mandiri siswa pada topik Derivatif dalam Fungsi Trigonometri, sementara variabel dependen adalah pencapaian hasil pembelajaran siswa.

 

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa motivasi belajar dan pembelajaran mandiri siswa secara signifikan memengaruhi hasil pembelajaran mereka, terutama dalam situasi pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya motivasi belajar dan kemandirian siswa dalam meraih pencapaian pembelajaran yang optimal di tengah tantangan pembelajaran yang tidak konvensional.

 

Selain itu, jurnal ini memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik dan pembuat kebijakan. Rekomendasi tersebut bertujuan untuk mendukung siswa dalam menjaga motivasi belajar dan kemandirian belajar mereka selama pembelajaran jarak jauh, terutama dalam situasi darurat seperti pandemi Covid-19. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membantu siswa mencapai potensi akademik mereka yang penuh.

METODE

Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah desain Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Berikut adalah rangkuman langkah-langkah metodologi yang digunakan:

1.    Variabel Penelitian: Variabel independen adalah motivasi belajar dan pembelajaran mandiri siswa selama pandemi Covid-19 pada materi Derivatif dalam Fungsi Trigonometri. Variabel dependen adalah hasil pembelajaran siswa.

2.   Populasi dan Sampel: Populasi terdiri dari 112 siswa Kelas XII di sebuah sekolah menengah atas Islam negeri di Kalimantan Selatan, Indonesia, yang terbagi menjadi empat kelas paralel. Sampel terdiri dari 24 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling.

3.   Desain Penelitian: Menggunakan desain Ex-Post Facto, di mana penelitian dilakukan setelah terjadi variabel independen tanpa intervensi peneliti. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan dan dianalisis secara statistik.

4.   Instrumen Pengumpulan Data: Data dikumpulkan melalui kuesioner, tes, dokumentasi, dan wawancara untuk mengukur motivasi belajar, pembelajaran mandiri, dan hasil pembelajaran siswa.

5.   Analisis Data: Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas, serta regresi linear berganda.

6.   Temuan Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan pembelajaran mandiri siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran matematika mereka selama pandemi Covid-19. Analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa motivasi belajar dan pembelajaran mandiri siswa memberikan kontribusi sebesar 90.9% terhadap hasil pembelajaran matematika, dengan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

HASIL

Hasil uji F-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar dan pembelajaran mandiri terhadap hasil pembelajaran matematika siswa selama pandemi Covid-19. Hal ini dikonfirmasi dengan nilai F-count yang lebih besar dari F-table pada tingkat signifikansi 5%, yaitu 104.948 > 3.47.

 

Selain itu, dari data hasil pembelajaran matematika siswa Kelas XII di sekolah menengah atas Islam negeri di Kalimantan Selatan, Indonesia, terlihat bahwa distribusi hasil pembelajaran siswa berdasarkan kategori menunjukkan bahwa:

- 6 siswa termasuk dalam kategori "Tinggi",

- 10 siswa dalam kategori "Sedang",

- 4 siswa dalam kategori "Rendah", dan

- 4 siswa dalam kategori "Sangat Rendah".

 

Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki hasil pembelajaran matematika yang berkisar dari kategori "Tinggi" hingga "Sedang", namun ada juga sebagian kecil siswa yang memperoleh hasil pembelajaran dalam kategori "Rendah" dan "Sangat Rendah". Hal ini menunjukkan adanya variasi dalam pencapaian hasil pembelajaran matematika siswa, yang dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain motivasi belajar dan pembelajaran mandiri.

DISKUSI

Beberapa poin penting yang dapat disimpulkan dari diskusi ini antara lain:

1.    Pentingnya Motivasi dan Kemandirian Siswa: Temuan menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kemandirian siswa memiliki dampak signifikan terhadap hasil pembelajaran matematika saat pembelajaran jarak jauh. Ini menyoroti pentingnya memperhatikan motivasi dan kemandirian siswa sebagai faktor penting dalam pembelajaran di tengah situasi pandemi.

2.    Adaptasi terhadap Perubahan: Pandemi telah mengubah pola motivasi belajar dan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini menunjukkan perlunya penyesuaian pendekatan pembelajaran dan dukungan ekstra untuk memelihara motivasi dan kemandirian siswa di lingkungan pembelajaran jarak jauh.

3.    Rekomendasi untuk Pendidik: Diskusi jurnal menekankan pentingnya peran pendidik dalam mendukung motivasi dan kemandirian siswa. Rekomendasi diberikan kepada pendidik untuk mengembangkan strategi yang dapat memotivasi siswa secara efektif dan memfasilitasi kemandirian belajar mereka, terutama dalam konteks pembelajaran online.

4.    Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran: Diskusi ini menggarisbawahi bahwa motivasi dan kemandirian siswa memainkan peran kunci dalam mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Oleh karena itu, perhatian yang lebih besar terhadap faktor-faktor ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika, bahkan dalam situasi pembelajaran jarak jauh.

 

Jurnal ini memberikan pandangan yang komprehensif tentang pentingnya motivasi dan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika selama pandemi Covid-19, serta memberikan pedoman praktis bagi pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran online.

 

Related Posts:

  • MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI OLAHRAGA SEBAGAI PERUBAHAN DIRI MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI OLAHRAGA SEBAGAI PERUBAHAN DIRIEssay 3 Pra-syarat Ujian Akhir Semester Psikologi Inovasi Semester Ganjil (2022/2023) Ade Rei Enggi Wijaya (20310410034) Fakultas Psikologi Univers… Read More
  • Perubahan Diri Dengan Olahraga Perubahan Diri Dengan Olahraga Tugas Essay 3 untuk memenuhi Syarat Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Psikologi Inovasi Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta,M.A Nida Asma Wafiqoh (203104100008) Fakultas Psikologi &n… Read More
  • OLAHRAGA MERUBAH DIRI MENJADI LEBIH SEHAT DAN KUAT Olahraga Merubah Diri Menjadi Lebih Sehat dan KuatEssay 3 Syarat Ujian Akhir SemesterMata Kuliah Psikologi InovasiDosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.AIkhsan Arifudin (20310410029)Fakuktas PsikologiUNIVERSITAS PROKL… Read More
  • PERUBAHAN DIRI DENGAN OLAHRAGA PERUBAHAN DIRI DENGAN OLAHRAGA Essay 3 Pra-syarat Ujian Akhir Semester Psikologi Inovasi Semester Ganjil (2022/2023) Winne Herwina (20310410018) Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Dosen Pengamp… Read More
  • PERUBAHAN DIRI MELALUI OLAHRAGA BASKETPERUBAHAN DIRI MELALUI OLAHRAGA BASKET Tugas Essay 3 untuk memenuhi Syarat Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Psikologi Inovasi Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta,M.A ATIKA NURYANTI (20310410064) Fakultas Psikologi &nbs… Read More

0 komentar:

Posting Komentar