Sabtu, 04 Mei 2024

ESSAY 4 PSIKOLOGI INOVATIF: BERPERILAKU INOVATIF DESTI FITRIA SUCI (21310410157)

 

ESSAY 4 BERPERILAKU INOVATIF

MEMBUAT MAINAN ANAK DARI KARDUS YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI LAGI

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 



 

Nama : Desti Fitria Suci

NIM : 21310410157

Kelas : Psikologi SJ

 

 

PROGAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

 


Indonesia merupakan salah satu negara pemasok sampah terbanyak di dunia. Banyak kita jumpai sampah-sampah seperti plastik, tisu, botol, kardus bekas, dan lain-lain. Dari berbagai macam sampah tersebut kita tentu bisa memanfaatkan dengan mendaur ulang dan membuat lebih berguna lagi.

Saat dijalanan, kardus dapat saya temukan di berbagai tempat. Saat menemukan kardus di jalanan, tentu kita dapat menggunakannya untuk berbagai macam keperluan, seperti membuat mainan dari kardus bekas, membuat kotak surat mainan, atau membuat rumah boneka dari kardus. Kita juga dapat menjual kardus ke toko rosokan yang biasanya di jual per kg atau bisa di jual ke orang yang membutuhkannya untuk pengemasan dan penyimpanan barang-barang.

Membuat mainan dari kardus bekas menjadi sebuah aktivitas yang dapat membantu mengembangkan kreativitas dan inovasi. Dirumah saya tentu ada kardus yang tidak terpakai, sisa bekas mie instan, snack, dan lain-lain. Kemudian saya memanfaatkannya untuk membuat mainan dari kardus bekas ini.

Membuat truk dari kardus bekas adalah sebuah aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Berikut adalah cara membuat mobil-mobilan dari kardus bekas:

1.       Memilih kardus bekas yang cukup besar, seperti kotak sepatu atau kardus mie instan.

2.       Mengukir pola mobil, gunakan pensil untuk membuat pola kemuduian pakai cutter atau gunting untuk mengukir pola mobil dari kardus, termasuk bagian roda, kaca depan, dan kaca belakang.

3.       Membuat kaca depan ,potong kardus menjadi bagian kaca depan mobil.

4.       Membuat roda. Potong kardus menjadi bagian roda mobil.

5.       Membuat body mobil. Gunakan kardus untuk membuat body mobil, dan gunakan lem tembak untuk menempelkan bagian-bagian mobil ke body.

6.       Menempelkan bagian-bagian mobil, gunakan lem tembak untuk menempelkan bagian-bagian mobil ke body mobil, seperti kaca depan, roda, dan kaca belakang.

7.       Menambahkan corak dengan menggunakan spidol hitam, ini bisa disesuaikan dengan kreativitas masing-masing.

Inovasi dalam pembuatan mainan dari kardus bekas dapat terjadi ketika anak memanfaatkan kreativitas untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat, seperti menjadikan mainan atau benda yang unik dan menarik. Inovasi ini dapat meningkatkan kreativitas anak.

Memanfaatkan sampah, memanfaatkan kardus bekas sebagai mainan anak dapat mengajarkan anak untuk mendaur ulang sampah sebagai sumber daya yang dapat diolah kembali menjadi barang berguna. Mengajar prinsip dasar pelestarian lingkungan, membuat mainan dari barang bekas dapat mengajarkan anak tentang prinsip dasar pelestarian lingkungan, seperti mengurangi sampah dan mencegah pencemaran lingkungan.

Pada awalnya, saya membuat mainan mobil-mobilan dari kardus bekas ini karena anak-anak tetangga banyak bermain mobil-mobilan sehingga saya memanfaatkan kardus itu, dan menarik untuk membuat bersama-sama dengan anak-anak. Yang pada akhirnya bisa juga mereka gunakan untuk dimanfaatkan dan tidak perlu membeli lagi sehingga bisa mengurangi sampah lingkungan. Pada awalnya anak-anak tidak tertarik karena terlalu sulit pikirnya. Namun, setelah tahu hasilnya mereka akhirnya ingin membuat mobil-mobilan dari kardus bekas dan berkreasi sesuai keinginan mereka. Kegiatan ini bisa membuat anak mengembangkan pikiran mereka untuk membuat barang-barang lain dari sampah kardus bekas yang lebih bermanfaat.

 


Link Penjualan :

https://www.instagram.com/p/C6XzSrgxq8L/?igsh=bXpzZmY0ejJjYjdk

0 komentar:

Posting Komentar