Sabtu, 25 Mei 2024

ESSAI 6 PSIKOLOGI INOVASI PERUBAHAN DIRI: DIAN FADJARINI (21310410011)

 

ESAI 6 – Perubahan Diri

“AKTIVITAS JOGGING

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

 



 

 

Oleh:

Nama: Dian Fadjarini

NIM: 21310410011

Kelas: Psikologi SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

Perubahan merupakan esensi dari pertumbuhan yang terjadi pada seseorang (Hidayat, 2012). Seseorang tentu memiliki perubahan sebagai proses peralihan dalam hidupnya. Individu harus memiliki kemampuan untuk menerima sebuah perubahan, sebab Perubahan merupakan sebuah peluang untuk menuju arah yang lebih baik (Mahdadela, 2017). Dalam diri manusia perlu melakukan perubahan perilaku dalam kesehariannya. Perilaku diartikan sebagai bagian dari aktivitas seseorang (Skinner, 1938). Adapun hal-hal yang mendasari perubahan perilaku, yaitu: emosi, persepsi, motivasi, belajar, dan intelegensi (Pieter & Lubis 2017). Perubahan perilaku erat kaitannya dengan inovasi diri. Inovasi dapat memanfaatkan sekaligus mengeksplorasi perubahan sebagai sebuah peluang (Drucker, 2012). Inovasi tidak hanya tentang produk, alat, dan metode saja. Inovasi dapat dilakukan kepada diri sendiri sebagai sebuah perubahan dari perilaku dalam hidup sehari-hari. Melakukan hal-hal positif kepada diri sendiri dan meninggalkan kebiasaan buruk juga merupakan sebuah inovasi diri. Inovasi harus diwujudkan dalam bentuk yang nyata, tidak hanya sebatas ide. Adapun tujuan inovasi diantaranya: meningkatkan produktivitas, menghemat waktu, menghadirkan kenyamanan, efisien, meningkatkan ilmu (Makmur & Thahier, 2015).

Salah satu bentuk inovasi diri yang dapat dilakukan dalam keseharian adalah berolahraga. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, Olahraga merupakan salah satu strategi yang dapat mengurangi stress dan masalah kesehatan mental (Zhang et al., 2022:1). Karena kesehatan merupakan harta yang paling berharga yang dimiliki, maka kesehatan perlu dijaga dengan baik (Atlet & Puslatcab, 2020). Namun dalam mewujudkan perilaku rutin berolahraga bukanlah suatu hal yang mudah. Terutama bagi orang yang tidak terlalu suka berolahraga seperti saya. Olahraga itu lelah, menguras tenaga dan waktu. Itu adalah persepsi awal saya tentang olahraga. Penyebab lainnya yaitu karena saya malas gerak. Biasanya saya berolahraga hanya sesuai mood saja. Jika mood sedang bagus untuk berolahraga, maka saya melakukannya dirumah dengan mengikuti arahan senam dari channel youtube. Melawan kemalasan adalah hal pertama yang dapat dilakukan untuk memulai perubahan diri. Adapun tahap perubahan diri yaitu: mencari pengetahuan, timbulnya sikap, dan mulai praktek (Irwan, 2017). Saya memulai perubahan diri dengan membiasakan diri untuk aktivitas fisik yaitu jogging. Hal ini sejalan dengan pendapat Walgito (dalam Koswanto, 2020) bahwa salah satu usaha pembentukan perilaku pada individu adalah dengan dilakukannya pengkondisian atau mengubah kebiasaan diri. Meskipun saya tidak memiliki target yang besar dalam permulaan jogging ini, namun saya melakukannya dengan senang hati. Saya memilih jogging sebagai bentuk perubahan diri karena sehat dan murah, tidak membutuhkan biaya hanya effort untuk sedikit rajin berjalan-jalan.  Aktivitas jogging ini saya lakukan setiap pagi dalam seminggu sekali dengan rute yang tidak terlalu jauh dari rumah saya. Saya menggunakan aplikasi untuk memantau berapa kilometer jarak yang telah saya tempuh dan waktu yang dibutuhkan.

Berikut adalah tabel kemajuan jogging yang sudah saya lakukan selama delapan minggu:

 

Minggu

1

2

3

4

5

6

7

8

Menit

60’

60’

60’

64’

65’

65’

63’

60’

Jarak(KM)

2,3

2,4

2,6

2,8

3,0

3,1

3,1

3,1

 

 



 

Meskipun belum ada kemajuan yang terlalu signifikan pada jogging, saya akan berusaha untuk rutin melakukannya sebagai salah satu wujud perubahan diri dalam hal menjaga kesehatan.

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka:

-          Antonius, Desvid & Pramono, Made. 2022. Survey Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Olahraga Rekreasi Di Taman Bungkul Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(3), 31-66. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/48019

-          Aprinda, Siti Liswah (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku pada Klien di Yayasan Pusat Rehabilitasi Narkoba Ar-Rahman Palembang. Tesis Skripsi, UIN RADEN FATAH PALEMBANG. https://repository.radenfatah.ac.id/19588/

 

 

0 komentar:

Posting Komentar