Rabu, 08 Mei 2024

Essay 5 _ Partisipasi Lomba - Yosy Tri Aprian

PSIKOLOGI INOVASI

ESSAY 5 : PARTISIPASI LOMBA

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A 


Disusun Oleh

Yosy Tri Aprian

21310410188

SJ 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI




Pada awal tahun 2024, saya memutuskan untuk mengambil tantangan dalam dunia lari dengan akan mengikuti dua lomba lari yang cukup bergengsi. Yang pertama adalah "Adisutjipto Ultra Obstacle Run" pada tanggal 4 April 2024, diikuti oleh "Kulon Progo Marathon" pada tanggal 26 April 2024. Keduanya menawarkan cabang lari maraton 10KM, yang saya rasa cukup sesuai dengan level kebugaran saya saat itu. Kedua acara ini juga menawarkan pengalaman lari yang berbeda, namun keduanya sama-sama menuntut kekuatan, ketahanan, dan mental yang kuat.

Sebagai persiapan, Sebelum menghadapi kedua lomba tersebut, saya melakukan persiapan yang cukup intensif dan terstruktur. Latihan menjadi bagian penting dari rutinitas harian saya. Saya mengatur jadwal latihan yang teratur, termasuk lari pagi di sekitar lingkungan tempat tinggal saya, berlatih di treadmill, dan berpartisipasi dalam kelompok lari Bersama teman-teman saya.

Selain latihan lari, saya juga memasukkan latihan kekuatan dan kebugaran umum ke dalam rutinitas harian saya. Saya melakukan latihan angkat beban untuk memperkuat otot kaki, punggung, dan inti tubuh, yang sangat penting untuk menangani rintangan di "Adisutjipto Ultra Obstacle Run". Saya juga melakukan latihan kardio seperti bersepeda dan berenang untuk meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru.

Selain itu, saya sangat memperhatikan pola makan dan istirahat saya. Saya mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta buah dan sayuran segar. Saya juga memastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk mempercepat pemulihan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seiring hari mendekati tanggal acara, saya juga memperdalam pengetahuan saya tentang rute lari dan strategi perlombaan untuk memaksimalkan kinerja saya. Pada hari lomba, saya merasa siap secara fisik dan mental. Dengan penuh semangat dan keyakinan, saya menghadapi tantangan yang menantang di "Adisutjipto Ultra Obstacle Run" dan berhasil menyelesaikannya dengan sukses. Setelah itu, saya melanjutkan latihan dan persiapan saya untuk "Bethesda Fun Run" dengan motivasi yang sama





Pada tanggal 26 April 2024 ketika tiba giliran " Kulon Progo Marathon ", saya kembali berdiri di garis start " Kulon Progo Marathon " dengan hati yang penuh semangat, dan saya kembali memberikan yang terbaik dari diri saya. Meskipun mungkin tidak seberat lomba sebelumnya, namun saya tetap menekankan kecepatan dan konsistensi dalam lari. Meskipun tidak berhasil meraih juara, saya tetap merasa puas karena telah memberikan yang terbaik dan menikmati pengalaman berlari bersama ribuan peserta lainnya.



Meskipun tidak mendapat juara dari kedua lomba tersebut, saya sudah cukup puas dengan pencapaian saya saat ini dan saya juga melihat pengalaman ini sebagai pembelajaran berharga bagi diri saya kedepannya. Saya dapat belajar tentang pentingnya persiapan yang matang, konsistensi dalam latihan, dan ketahanan mental dalam menghadapi tantangan. Saya juga merasa terinspirasi untuk terus meningkatkan kemampuan dan prestasi saya dalam dunia lari, dengan harapan bisa meraih hasil yang lebih baik di masa depan.







0 komentar:

Posting Komentar