ESAI 7
“JAWABAN
UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI INOVASI, MEI 2024”
Dosen Pengampu: Dr., Dra.
Arundati Shinta MA
Oleh:
Nama: Dian Fadjarini
NIM: 21310410011
Kelas: Psikologi SJ
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
SOAL A: Isilah teka-teki silang ini.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 P |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
N |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 M |
O |
T |
I |
V |
A |
S |
3 I |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M |
|
M |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B |
|
A |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A |
|
J |
|
4 H |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H |
|
5 I |
N |
E |
V |
I |
6 T |
A |
B |
7 L |
E |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A |
|
N |
|
R |
|
|
A |
|
|
A |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
N |
|
A |
|
A |
|
|
N |
|
|
R |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 S |
T |
A |
C |
Y |
|
G |
|
|
I |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I |
|
L |
|
|
I |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F |
|
I |
|
|
B |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T |
|
|
L |
|
|
9 B |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 P |
|
U |
|
11 P |
E |
N |
Y |
E |
S |
A |
L |
A |
N |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R |
|
S |
|
|
|
|
|
R |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
O |
|
|
|
|
12 F |
E |
S |
T |
I |
N |
G |
E |
R |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S |
|
|
|
|
|
|
|
A |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 K |
E |
T |
E |
L |
I |
T |
I |
A |
N |
|
14 B |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S |
|
|
|
|
|
|
|
Y |
|
A |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15 K |
|
16 D |
I |
I7 S |
O |
N |
A |
N |
S |
I |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
O |
|
|
|
I |
|
|
|
|
K |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18 J |
O |
G |
G |
I |
N |
G |
|
|
|
|
E |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
N |
|
|
|
M |
|
19 E |
X |
I |
T |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I |
|
|
|
U |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T |
|
20 U |
A |
N |
G |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I |
|
|
|
D |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F |
|
|
|
F |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
U |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR PERTANYAAN
SOAL A:
No. |
MENDATAR |
No. |
MENURUN |
2 |
Ini adalah topik
film yang paling sering diulas oleh mahasiswa dalam tugas review film. MOTIVASI |
1 |
Dalam melakukan
kegiatan perubahan diri (olah raga), maka setiap minggu harus ada . .PENAMBAHAN . . . . dan hal itu harus berujud dalam angka. |
5 |
Ini adalah istilah
dalam bahasa Inggris yang artinya tidak terelakkan. Ini untuk menjelaskan
bahwa perubahan yang bersifat inovatif itu pada hakekatnya
suatu hal yang tidak terelakkan. INEVITABLE |
3 |
Proses yang terjadi
ketika kita sedang berpikir kreatif, sifatnya adalah . . . . .IMAJINATIF . . |
8 |
Nama tengah tokoh
teori keadilan. Teori ini sangat sesuai untuk menghadapi mahasiswa yang
senang protes tentang nilai akhir yang diperolehnya. STACY |
4 |
Ini adalah nama seorang tokoh pada tahun 513 SM yang
mengatakan bahwa There is nothing permanent except
change, tidak ada yang permanen dalam hidup ini, kecuali
perubahan itu sendiri. HERACLITUS |
11 |
Bergegaslah,
karena kalau terlambat disebut . . . . . . sedangkan pada awal mempersiapkan diri
disebut pendaftaran. PENYESALAN |
6 |
Ini istilah dalam
bahasa Inggris, yang artinya adalah nyata, dapat diraba denga jelas. Ini
adalah sifat pengukuran yang ada dalam inovasi. TANGIBLE |
12 |
Dalam tugas
wawancara, Anda menemukan suatu fenomena sosial yang unik. Siapa nama
belakang dari tokoh yang mengemukakan fenomena sosial tersebut? FESTINGER |
7 |
Ini adalah jenis
olah raga yang menjadi topik utama dari film dengan judul Powerful
Inspirational true story...Never give up!-3.14 LARI |
13 |
Ini adalah kegiatan
yang harus Anda lakukan bila ingin melakukan inovasi. Anda akan sering gagal
dalam melakukan kegiatan ini, namun bila motivasi Anda kuat maka Anda akan
berkali-kali melakukan kegiatan ini sampai berhasil. KETELITIAN |
9 |
Cara sederhana untuk
bisa kreatif adalah dengan sering-sering melakukan . . . . .BERTANYA . . |
16 |
Ini kata pertama
dari suatu fenomena sosial unik yang ditemui pada saat Anda melakukan tugas
wawancara. DISONANSI |
10 |
Ini ciri khas
perbedaan antara kreativitas dan perilaku inovatif PROSES |
18 |
Ini contoh kegiatan
perubahan diri (olah raga) yang dilakukan dosen psikologi inovasi. JOGGING |
14 |
Dalam film berjudul
Dedication – Short Film – 5.22., bintang filmnya melakukan olah raga ini. BASKET |
19 |
Ini istilah dalam
bahasa Inggris. Ketika Anda menghadapi kekecewaan yang sangat berat (Anda
merasa tidak mungkin mengobati kekecewaan itu), maka langkah pertama yang
lazim ditempuh adalah . . . EXIT. . |
15 |
Ini kata kedua dari
suatu fenomena sosial unik yang ditemui pada saat Anda melakukan tugas
wawancara. KOGNITIF |
20 |
Jarang orang yang
mau berperilaku inovatif karena perilaku inovatif membutuhkan ini. UANG |
17 |
Nama tokoh yang
mengatakan bahwa kelemahanmu adalah kekuatanmu juga. SIGMUND FREUD |
SOAL B:
Mendatar |
Menurun |
||||
No |
Kunci |
Isi Soal |
No |
Kunci |
Isi Soal |
1 |
Olahraga |
Contoh perubahan diri yang fun dan dapat
dilakukan sehari-hari adalah… |
2 |
Coping behavior |
Salah satu hal dalam output psikologi
inovasi yang harus dicari untuk perubahan diri (siap lakukan perubahan) adalah…
|
4 |
Berani |
Salah satu sikap yang harus dimiliki
untuk menjadi individu yang inovatif secara nyata adalah….. |
3 |
Flight |
Dalam output psikologi inovasi, apakah
opsi yang digunakan untuk menghadapi kegagalan….. |
7 |
Heraclitus |
“there is nothing permanent except
change” adalah pendapat dari ….. pada tahun 513 SM. |
5 |
Bertanya |
Salah satu cara untuk menjadi kreatif
adalah harus sering…… |
3. |
French |
Tokoh dalam teori keengganan
berubah adalah …….(2) |
6 |
Inevitable |
…….(bhs inggris) atau tidak
terelakkan sebagai hakekat dari perubahan yang bersifat inovatif. |
10 |
Threat |
Istilah “ancaman” dalam analisis SWOT adalah…. |
8 |
Coch |
Tokoh dalam teori keengganan berubah adalah …….(1) |
11 |
Opendmind |
Istilah dalam perubahan dimana individu bersikap
untuk tidak kolot dan toleran terhadap perbedaan… |
9 |
Relearning |
Istilah “belajar kembali” dalam teori keengganan
berubah adalah…. |
12 |
Kaizen |
Metode pembentuk perilaku disiplin dan lebih
mementingkan proses adalah… |
12 |
Konstan |
Tahap perkembangan manusia dimana ia stabil
dalam hidup disebut… |
14 |
JohariWindow |
Dalam analisis SWOT untuk diri sendiri, ada metode
yang dapat dipakai yaitu…. |
13 |
Strength |
Istilah “kekuatan” dalam analisis SWOT |
16 |
Bias |
Sikap individu untuk cenderung memenuhi keinginan
diri disebut self serving…… |
14 |
Jeli |
Salah satu output dari psikologi inovasi adalah untuk
mengajarkan individu mempunyai sifat…..dalam melihat potensi diri dan
sekeliling. |
17 |
JosephLuft |
Tokoh penemu metode Johari window……. (1) |
15 |
Weakness |
Istilah “kelemahan” dalam analisis SWOT adalah…… |
19 |
Hary Ingram |
Tokoh penemu metode Johari window……. (2) |
16 |
Birging |
Sikap individu yang ikut mengasosiasikan diri atas
keberhasilan orang lain (numpang tenar) disebut…. |
20 |
Hobi |
Salah satu hal positif dalam jual diri (potensi)
yang bisa dikembangkan adalah…. |
18 |
Opportunity |
Istilah “Kesempatan” dalam analisis SWOT adalah…. |
21 |
output |
Hasil yang diharapkan dari adanya pembelajaran psikologi
inovasi disebut dengan… |
22 |
Represif |
Tahap perkembangan manusia dimana ia menurun
dalam hidup disebut… |
22 |
Resesi |
Salah satu faktor penyebab pengangguran tinggi
adalah adanya……ekonomi. |
23 |
Inovasi |
Penemuan baru atas metode gagasan atau alat
disebut…. |
24 |
Gagal |
Salah satu pembelajaran psikologi inovasi adalah
mengajarkan individu untuk tidak takut….. |
24 |
Gigih |
Sikap semangat juang untuk mencapai sesuatu
disebut…. |
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar