Sabtu, 11 Mei 2024

Essay 4 Psikologi Inovasi ; Berperilaku Inovatif - Ahmad Adi - 21310410162-SJ

 

ESSAY 4 BERPERILAKU INOVATIF

Membuat Lap Anti Panas untuk Wajan dari Kain Perca

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Dosen : Dr. Arundati Shinta, MA


Ahmad Adi Prayitno

21310410162




Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Indonesia merupakan salah satu negara pemasok sampah terbanyak di dunia. Banyak kita jumpai sampah-sampah seperti plastik, tisu, botol, kardus bekas, dan lain-lain. Dari berbagai macam sampah tersebut kita tentu bisa memanfaatkan dengan mendaur ulangnya dan membuat sampah itu menjadi lebih bermanfaat untuk digunakan lagi.

Dirumah saya sendiri sangat banyak kain perca bekas dari sisa kain yang saya potong karena saya juga membuat kaos.Dari banyaknya kain perca yang menumpuk saya mempunyai ide untuk membuat keset dari sisa kain perca yang ada.Keset tersebut mungkin bisa digunakan untuk keperluan rumah.Ada juga barang lain yang bisa dibuat dari kain perca ini sebagai barang yang bernilai secara ekonomi dan juga mengurangi sampah yang menumpuk apalagi mempunyai usaha dibidang konveksi.Keset tersebut juga bisa dijual keorang yang membutuhkannya atau dijual di marketplace online.

Membuat keset atau lap dari kain perca dapat menjadi sebuah aktivitas yang dapat membantu mengembangkan kreativitas dan inovasi. Dirumah saya tentu ada banyak kain perca yang menumpuk dan tidak terpakai sisa dari pemotongan kain. Kemudian saya memanfaatkannya untuk membuat keset atau lap dari kain perca ini.

Membuat keset atau lap dari kain perca adalah sebuah aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Berikut adalah cara membuat keset atau lap dari kain perca:

Keset dari kain perca tetap dapat dibuat dengan cara manual. Untuk membuatnya, siapkan terlebih dahulu kain perca berukuran agak panjang, kain kanvas yang akan dijadikan alas, gunting, lem kain, jarum, dan benang sulam.

Cara ini diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar 60 menit. Sebelum memulai, ukur kain kanvas yang dijadikan alas dengan rentang panjang 70 cm dan lebar 50 cm. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Ambil kain perca yang telah disiapkan, potong kecil-kecil seperti garis memanjang dengan ukuran 10 cm dari kain yang dijadikan alas keset.

  • Setelah seluruh kain terpotong, kepang sebanyak tiga helai hingga membentuk ikatan kain yang memanjang.

  • Selanjutnya, siapkan alas keset dari potongan kain kanvas tadi. Lumuri seluruh permukaannya dengan lem kain hingga merata.

  • Tempel kepangan kain perca yang telah dibuat secara bertahap hingga seluruh bagian atas kain kanvas tertutup.

  • Tekan seluruh kepangan kain, pastikan hingga semuanya tertempel secara merata.

  • Setelah tertempel merata, jahit kelebihan ujung kepangan dengan benang sulam dan jarum tapestry secara manual.

  • Jika lem sudah merekat kuat dan tidak ada jahitan yang terlewat, keset pun siap untuk digunakan.

Inovasi dalam pembuatan keset atau lap dari kain perca dapat terjadi ketika kita memanfaatkan kreativitas untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat dari barang yang tidak terpakai. Inovasi ini juga dapat bernilai ekonomi jika dikembangkan lebih baik lagi karena banyak juga Masyarakat yang membutuhkannya untuk kehidupan sehari-harinya.Selain juga dapat mengurangi sampah sisa hasil konveksi yang biasanya hanya dibuang begitu saja.Saya juga menjual keset yang saya buat di shopee dengan harga Rp. 5.000.

Link penjualan : https://id.shp.ee/vccu86w

0 komentar:

Posting Komentar