Meringkas Jurnal III
Teknik Penyusunan Skripsi
Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.
A
Annisa Arsella (20310410038)
Fakultas Psikologi Universitas
Proklamasi 45 Yogyakarta

Topik
|
Implementasi Seni Musik, Konsentrasi Belajar Siswa,
Pembentukan Karakter
|
Sumber
|
Handayani,
F., Desyandri., & Farida, M. (2022). Implementasi Seni Musik Terhadap
Konsentrasi Belajar Siswa dan Pembentukan Karakter di Kelas IV Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2), 11370-11378.
|
Permasalahan
|
Berdasarkan observasi
peneliti adanyamkesulitan belajar seperti kurangnya konsentrasi anak dalam
belajar, kurangnya minat ekspresi
diri, kurangnya keseriusan siswa dalam belajar kurangnya semangat belajar. berpartisipasi dalam pembelajaran,
dan penurunan nilai karakter. Salah satu cara agar anak dapat bersantai
sambil belajar, memperbaharui
konsentrasi belajar dan menambah nilai yaitu dengan musik.
|
Tujuan
Penelitian
|
Untuk
menganalisis dampak penggunaan musik terhadap konsentrasi belajar dan pengembangan
karakter siswa kelas 4 SD.
|
Isi
|
- Pendidikan sangat penting bagi kehidupan seseorang, guna
mengembangkan segala sesuatu yang ada
dalam dirinya, agar
tumbuh menjadi pribadi
yang berkualitas dan berkarakter.
- Usia anak SD
sekitar 6 sampai
12 tahun memasuki
fase berfikir dengan
benda-benda konkrit, tingkatkan
kognitif anak sudah logis dan
juga bermakna. Anak-anak juga dapatmengkategorikan, menyortir, menyusun dan mengatur strategi problem
solving. Tanggungjawab bagi seorang adalah untuk mendapatkan ilmu dan
belajar. Dengan memusatkan konsentrasi kita dalam belajar akan membuat
kita dengan mudah paham
dengan materi, senang
dalam belajar dan
perhatian kita tertuju
pada guru. Selain dari
konsentrasi belajar,nilai karakter
dalam diri anak
juga menurun karena berbagai faktor.
- Musik sudah menjadi salah satu hobi dari generasi
anak-anak, dewasa dan orang tua. Banyak kelebihan yang didapatkan dari musik,
mulai dari ketenangan jiwa, pikiran, mengembalikan suasana hati yang
lagi tidak baik, meweujudkan prilaku
yang baik, dan pembentukan karakter
manusia. Jika seseorang memberikan musik dalam kehidupannya maka akan terasa bermakna
keseharian yang dilaluinya.
|
Metode
|
- Teknik analisis data : penelitian kualitatif
deskrpitif.
- Tempat penelitian : Dikelas IV pada tahun pelajaran 2021/2022 semester
2 SDN 50 Kuranji, Kota Padang
- Jumlah sampel : subjek penelitian terdiri dari 27 siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.
|
Hasil
|
- Berdasarkan data yang peneliti temukan dilapangan
bahwasanya konsentrasi anak dalam belajar bisa dikembalikan lagi dengan seni
musik.
- Berdasarkan
hasil angket yang
diberikan kepada anak,
terlihat di atas
hasil respon anak terhadap
pembelajaran yang dilakukan dengan nyanyian dan juga bagaimana karakter
anak selama proses
pembelajaran berlangsung. Hal
ini menunjukkan bahwasanya
adanya ketertarikan anak dalam
belajar dengan adanya
musik.
|
Diskusi
|
- Saat mengajarkan materi kepada anak mengaitkannya dengan
menggunakan sebuah lagu. Lagu yang
dipakai adalah lagu anak-anak,
kemudian lirik dari
lagu tersebut diubah
sesuai dengan materi pelajaran. Saat
mengenalkan lagu kepada
anak-anak, mereka antusias
kembali konsentrasi dalam belajar. Mereka menyanyikan lagu tersebut dengan bersemangat.
Dengan kegiatan ini akan membuat
semangat anak dalam
belajar, mengikutsertakan anak
dalam belajar, menumbuhkan jiwa
kreatif anak dan membuat anak percaya diri dalam mengekspresikan diri mereka.
- Musik di sini
digunakan untuk membuat pembelajaran menjadi
menyenangkan dan juga
dapat merangkum pembelajaran yang mudah
dipahami anak. Walaupun masih
ada anak yang belum menunjukkan keseriusannya, secara keseluruhan
mereka ikut serta
dalam bernyanyi dan
bersemangat.
|
0 komentar:
Posting Komentar