Sabtu, 28 Desember 2024

Essay UAS Asmi Wati_22310410123

Nama: Asmi Wati 

NIM: 22310410123

Matkul: Psikologi Inovasi 

UAS: psikologi inovasi 

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A


Need For Achievement : Kunci Sukses Menaklukan Tantangan Bisnis 




         Di balik kesuksesan setiap entrepreneur, tertanam semangat yang tak terpadamkan untuk mencapai tujuan yang menantang. Semangat inilah yang dikenal sebagai need for achievement (nAff), sebuah dorongan internal yang mendorong seseorang untuk berprestasi dan mencapai hasil yang lebih baik. 
          David Mc Clelland mengingatkan kita untuk menyebarkan virus mental yang di sebut dengan istilah need for achievement (kebutuhan untuk berprestasi). Bagi dia, inovasi-inovasi ekonomi erat berkaitan dengan motivasi individu untuk menunjukkan bahwa seseorang mampu mencapai prestasi tertinggi pada bidang-bidang tertentu. Dalam kaitannya dengan dunia kewirausahaan sebagai upaya pengentasan kemiskinan Mc Clelland menyatakan bahwa need for achievement dimanifestasikan ke dalam gaya hidup yang menjadi ciri kaum entrepreneur yakni; Pertama, dorongan untuk mengambil resiko, dalam konteks bisnis para entrepreneur terdorong untuk melakukan spekulasi dalam menentukan besar kecilnya segmen pasar yang akan diambil dan daya beli para pelanggan potensial. Untuk itu sikap berani mengambil resioko sangat dibutuhkan. Kedua, kemauan untuk bekerja keras dalam upaya untuk mencapai suatu tujuan. Dalam pandangan Mc Clelland, individu dengan Need for Achievement mempunyai kecenderungan bekerja lebih keras untuk menghadapi tantangan dalam pekerjaan jika dibandingkan kelompok biasa-biasa saja. Ketiga, kecenderungan untuk memiliki rasa tanggung jawab pribadi yang tinggi. Karakter utama pengusaha adalah tanggung jawab, yakni kesediaan mereka untuk memikul secara pribadi kesuksesan maupun kegagalan yang dialami oleh institusi di mana mereka bekerja. Keempat, dorongan untuk memperdalam pengetahuan tentang tujuan-tujuan konkret suatu kegiatan yang diperlukan dalam rangka penyusunan target. Kelima, pengusaha dengan Need for Achievement biasanya memiliki naluri dan kapabilitas untuk rencana jangka panjang dan cara mengorganisasi perusahaan yang dipimpinnya. Dalam hal ini Mc Clelland mencoba menjelaskan bahwa suatu lingkungan psikologis yang mempengaruhi perilaku individu untuk melalukan kegiatan-kegiatan yang bemuara pada akulumuas kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi. 

             Dalam dunia bisnis yang kompetitif dan penuh ketidakpastian, need for achievement menjadi kunci utama dalam membangun bisnis yang sukses. - Motivasi untuk Berinovasi: Entrepreneur dengan nAff tinggi cenderung lebih inovatif dan kreatif dalam membangun bisnis mereka. Mereka selalu mencari cara baru untuk meningkatkan produk atau layanan mereka dan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. (Schumpeter, 1934) - 
           Dunia bisnis penuh dengan tantangan, mulai dari persaingan ketat hingga perubahan pasar yang cepat. Entrepreneur dengan nAff tinggi lebih siap untuk menghadapi tantangan dan mengatasi hambatan yang muncul dalam perjalanan mereka. Mereka tidak mudah menyerah dan selalu berusaha untuk menemukan solusi. (Kirzner, 1973) - Komitmen untuk Berhasil: Entrepreneur dengan nAff tinggi memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan mereka. Mereka tidak mudah puas dan selalu berusaha untuk mencapai hasil yang terbaik, bahkan ketika menghadapi kesulitan. (Mintzberg, 1973) Need for achievement bukanlah bakat bawaan, melainkan sebuah karakter yang dapat dibentuk dan dikembangkan melalui berbagai cara: - 
  • Tetapkan tujuan yang menantang: Tetapkan tujuan yang menantang namun realistis. Ini akan memberikan dorongan untuk terus berkembang dan mencapai hasil yang lebih baik. - 
  • Belajar dari Kegagalan: Jangan takut untuk gagal. Setiap kegagalan adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang. 
  • Bergaul dengan Orang-orang Sukses: Bergaul dengan orang-orang yang sukses dapat menginspirasi dan memotivasi Anda untuk mencapai tujuan Anda. 
Contoh: Ruben dalam The Crocodile River Dalam novel The Crocodile River (Harper, 1984), tokoh Ruben menunjukkan contoh nyata dari need for achievement. Ruben, seorang pengusaha muda, mampu fokus pada tujuannya membangun bisnis yang sukses, meskipun dihadapkan pada berbagai permasalahan sepele di sekitarnya. Ia tidak terpengaruh oleh drama dan konflik yang terjadi di sekitarnya, dan tetap fokus pada tujuan utamanya.

Daftar Pustaka 
Schumpeter, J. A. (1934). The theory of economic development: An inquiry into profits, capital, credit, interest, and the business cycle. Harvard University Press. 

Kirzner, I. M. (1973). Competition and entrepreneurship. University of Chicago Press. 

Mintzberg, H. (1973). The nature of managerial work. Harper & Row. - Harper, M. (1984). The Crocodile River. London: Penguin Books.

0 komentar:

Posting Komentar