ESSAY UAS Karakteristik dari seorang entrepreneur yaitu need for achievement
PSIKOLOGI INOVASI
Karakteristik dari seorang entrepreneur yaitu need for achievement
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.
ANISA NUR FITRIANI
21310410190
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA
2024
Dalam permasalahan dari seorang sentrepreneur dan konsep need for achievement yang dikemukakan oleh Gregor McClelland menurut saya sangat menarik dan relevan. Dimana menurut saya, semangat untuk berprestasi atau need for achievement merupakan salah satu pendorong yang utama bagi individu yang ingin sukses dalam dunia bisnis ini.
Beberapa penelitian sebelumnya telah berusaha mengungkap ciri kepribadian seorang wirausahawan. Ada tiga karakteristik yang sering dijadikan acuan dalam meneliti seorang wirausahawan dalam konteks tertentu, menurut Tyszka,T (2011).Ketiga karakteristik tersebut adalah motivasi, efikasi diri, dan risk attitude.
Seorang wirausaha yang sukses pada umumnya adalah mereka yang memiliki kompetensi seperti ilmu pengetahuan, keterampilan dan kualitas individu yang meliputi sikap, motivasi, nilai, serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan/kegiatan (Suryana, 2011). Hanya orang yang memiliki kreatifitas dan jiwa innovator yang mau berpikir untuk mencari dan menciptakan peluang untuk kehidupan yang lebih baik (Kasmir, 2010), salah satu karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan handal.
Dimana ada sebuah tantangan dan tujuan yaitu dimana pentingnya menetapkan tujuan yang menantang sangat relevan untuk konteks entrepreneurship. Tujuan yang terlalu mudah menurut saya dapat menimbulkan kebosanan, dan sedangkan jika tujuan yang terlalu sulit bisa membuat seseorang merasa putus asa. Sehingga menurut saya, dimana Ketika kita sudah menemukan keseimbangan dalam menetapkan tujuan yang menantang namun realistis adalah kunci untuk mempertahankan sebuah motivasi yang akan kita capai nantinya.
Di dalam konsep bahwa need for achievement dapat dilatih menunjukkan bahwa semangat untuk berprestasi bukanlah sesuatu yang tidak baik. Menurut saya Ketika kita memiliki pengalaman, refleksi, dan interaksi dengan orang-orang yang memiliki motivasi tinggi, seseorang dapat mengembangkan sikap dan pola pikir yang mendukung dalam mencapaian sebuah tujuannya.
Dalam contoh yang sudah tercantum yaitu The Crocodile River (Harper, 1984) yaitu si Ruben dalam kasus The Crocodile River yang dimana ia menunjukkan bahwa seorang entrepreneur harus memiliki fokus pada hal-hal yang berkaitan langsung dalam tujuan bisnisnya. Yaitu dengan mengabaikan masalah yang tidak relevan dan menyusun prioritas dengan baik adalah keterampilan yang penting untuk dimiliki. Dimana ini sangat berkaitan dengan kemampuan dalam memanajemen waktu dan sumber daya dalam bisnisnya.
Ketika kita bergaul dan berada dalam lingkungan yang dimana dengan orang-orang yang memiliki kualitas baik dan peduli pada kemajuan bisnisnya atau usahanya itu dapat memberikan kita sebuah inspirasi dan motivasi untuk kedepannya seterusnya. Karena lingkungan yang mendukung sangat berpengaruh terhadap perkembangan individu, terutama dalam konteks bisnis.
Ketika kita bisa selalu menyampaikan hal-hal yang positf positif dan membangun sikap optimis itu juga bisa berperan penting dalam menciptakan suasana disekitar kita yang bisa mendukung pencapaian atas apa yang ingin kita capai. Sikap positif ini menurut saya juga dapat mempengaruhi cara berpikir dan tindakan seseorang, dan kita juga bisa menghadapi tantangan untuk kedepannya.
Dimana secara keseluruhan, pendekatan yang dikemukakan oleh McClelland dan contoh yang diberikan sangat relevan bagi para mahasiswa atau individu yang ingin menjadi seorang entrepreneur. Mengembangkan need for achievement melalui pengalaman, interaksi sosial, dan penguatan sikap positif itu dapat menjadi langkah yang strategis dalam meningkatkan kemampuan berprestasi dan mencapai tujuan yang lebih tinggi kedepannya.
Daftar Pustaka
Pratiwi, A. M. A., Eryandra, A., Archianti, P., & Ardiansah, B. A. (2022). Karakteristik Kepribadian Enterpreneur Pada Pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(8), 11030-11043.
Byarwati, A., & Sekarsari, M. (2018). Karakteristik Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas YARSI. Journal of Economics and Business Aseanomics, 3(2).
0 komentar:
Posting Komentar