ESAI UAS PSIKOLOGI INOVASI
Fokus dan Motivasi untuk Mencapai Tujuan Besar
PSIKOLOGI INOVASI
DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.
MUHAMAD ILHAM JANU N.S
22310410007
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA
DESEMBER 2024
Pendahuluan
Karakteristik seorang entrepreneur yang paling mencolok adalah semangan
berprestasi atau need for archievment (nAff). Di dorong untuk menetapkan tujuan
yang meningkatkan kompetensinya. Seorang
psikolog dari Harvard University. McClelland menyatakan bahwa keberhasilan
seorang entrepreneur ditentukan oleh keinginannya untuk mencapai target yang
tinggi. Namun, penting untuk melihat bagaimana konsep ini dapat diterapkan
dalam konteks kehidupan nyata, khususnya untuk mahasiswa yang sedang belajar
mengembangkan keterampilan entrepreneur.
Sering menjadi tantangan relevan
dan kebiasaan yang mendukung penguatan nAff adalah mahasiswa atau seseorang
sering terjebak dalam rutinitas yang kurang kompetitif, bergaul dengan lingkungan
yang tidak mendukung perkembangan,atau fokus pada hal hal sepele yang
menghambat produktivitas. Contoh kasus Ruben dalam The Crocodile River menunjukkan
bahwa pengusaha sukses cenderung mengesampingkan permasalahan kecil dan fokus pada prioritas besar.
Solusi yang dapat di tawarkan
· Pengembangan Mentalitas Berbasis
Tujuan
Entrepreneur perlu dilatih untuk menetapkan tujuan yang SMART (Specific,
Measurable, Achievable, Relevant, Time-Bound). Dengan begitu, individu tidak
hanya merasa tertantang tetapi juga melihat progres mereka secara nyata.
· Fokus pada Micro-Wins
Selain tujuan besar, penting pula untuk merayakan pencapaian kecil (micro-wins).
Hal ini membantu menjaga motivasi jangka pendek sekaligus memberikan energi
positif untuk langkah selanjutnya.
· Menggunakan Visualisasi Kesuksesan
Visualisasi dapat membantu entrepreneur membayangkan hasil dari upaya mereka,
yang pada akhirnya meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi untuk mencapai
tujuan.
· Membangun Jaringan Dukungan yang
Strategis
Selain bergaul dengan orang berkualitas, individu dapat bergabung dengan
komunitas atau program akselerasi startup yang dirancang untuk memberikan
dukungan strategis, seperti pendanaan atau mentoring.
· Belajar dari Kegagalan
Entrepreneur sukses memahami bahwa kegagalan adalah bagian dari proses. Ruben mungkin
mengesampingkan masalah kecil, tetapi dalam banyak kasus, penting juga untuk
merefleksikan kesalahan untuk pertumbuhan jangka panjang.
Kesimpulan
Need for achievement adalah salah satu karakteristik yang penting untuk
dikembangkan oleh seorang entrepreneur. Pendekatan strategis seperti
visualisasi kesuksesan, fokus pada micro-wins, dan membangun jaringan
dukungan dapat menjadi cara efektif untuk memperkuat nAff. Pada akhirnya,
mahasiswa dapat belajar dari kasus seperti Ruben untuk menetapkan prioritas
tanpa melupakan pentingnya refleksi dan adaptasi dalam proses.
Daftar Pustaka
Budianto, E. (1999). Moral
industri: Laporan dan renungan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Harper, M. (1984). Entrepreneur
for the poor. London: Intermediate Technology Publications in association
with GTZ (German Agency for Technical Co-operation).
McClelland, D. C. (1961). The
Achieving Society. Princeton, NJ: Van Nostrand.
0 komentar:
Posting Komentar