ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
PSIKOLOGI INOVASI
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.
SHINTA PRATIWI
24310420035
Kasus The Crocodile River
(Harper, 1984) pada tokoh Ruben, Ruben merupakan seorang pengusaha yang sangat
bodoamat terhadap urusan yang tidak menghasilkan dengan bisnisnya sesuai dengan
cerita yang pernah dibahas pada saat kelas tempo hari. Ruben juga tidak tergiur
untuk mencampuri urusan yang dialami oleh Lorena, ia sangat acuh bahkan tidak
peduli dengan permasalahan yang diceritakan Lorena. Jika dihubungkan tokoh Ruben dalam kasus The
Crocodile River (Harper, 1984) dengan teori motivasi David McClelland,
khususnya pada konsep Need for Achievement kita bisa memahaminya melalui interaksi
Ruben dengan bagaimana sikap dia dalam menghadapi situasi, mengambil keputusan,
dan tantangan yang ada. Teori motivasi oleh David McClelland mendefinisikan Need
for Achievement (N-Ach) sebagai dorongan individu untuk mencapai tujuan
yang tinggi, mengatasi tantangan, dan meraih keberhasilan melalui usaha
pribadi. Pada tokoh Ruben ini hal tersebut sudah bisa dilihat dengan karakteristik
yang dimilikinya fokus terhadap tujuan dan memiliki motivasi yang kuat dalam
menghadapi tantangan, menunjukkan inovasi dan kreativitas dalam mengelola
bisnisnya.
Komentar saya terhadap contoh pada
soal yang diberikan mengenai kasus The Crocodile River (Harper, 1984) seperti
yang sudah saya tuliskan di paragraf atas tokoh Ruben menunjukkan perilaku yang
sangat fokus pada pencapaian pribadi dan tujuan profesionalnya. Pada contoh
kasus tersebut Ruben memutuskan untuk mengesampingkan masalah pribadi yang
tidak terkait langsung dengan perusahaan. Hal ini bisa dilihat sebagai strategi
yang baik untuk tetap fokus pada tujuan yang lebih besar, tetapi ada hal yang
perlu diingat bahwa sebagai pemimpin atau wirausahawan, kemampuan untuk
mengelola hubungan interpersonal dan menunjukkan empati sangat penting. Sikap Ruben
yang mengabaikan masalah seperti yang dialami Lorena dapat menciptakan kesan
bahwa pemimpin hanya peduli pada keuntungan semata dan tidak peduli pada orang
lain, sehingga hal tersebut akan merusak reputasi dan hubungan jangka panjang
dalam dunia bisnis. Sehingga dalam konteks tersebut, ia mengesampingkan masalah
pribadi yang dianggap sepele dapat dilihat, hal itu sebagai suatu cara bagi Ruben untuk
menjaga konsentrasi pada hal-hal yang lebih besar dan relevan bagi tujuan
kariernya seperti yang tercermin dalam pentingnya "need for
achievement" (nAch). Lalu kemudian, pada soal menyebutkan bahwa menulis hal-hal positif
dan mengembangkan sikap kompetitif, seperti yang disarankan oleh McClelland,
bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan nAff. Hal tersebut bisa
dilakukan karena akan sangat membantu wirausahawan atau mahasiswa untuk terus termotivasi dan mengingatkan diri
mereka tentang hal-hal yang sudah dicapai dan tantangan yang harus siap
mereka dihadapi. Sikap ini juga mendorong optimisme dan energi positif, yang
sangat penting untuk memimpin dan menginspirasi orang lain di sekitar mereka. Selain itu pada soal juga menyebutkan “sering-seringlah bergaul dengan orang yang
kualitasnya bagus dan peduli pada kemajuan perusahaan.” itu merupakan cara yang
baik untuk meningkatkan nAff karena pada dasarnya interaksi dengan orang-orang
yang berbagi nilai-nilai yang sama, serta memiliki aspirasi yang tinggi, bisa
memberikan motivasi tambahan dan membuka kesempatan untuk belajar serta
berkembang.
Inti dari semua permasalahan
dan kasus diatas sebagai mahasiswa yang ingin memiliki sikap berwirausaha atau entrepreneurship dalam berkeingin memperkuat teori motivasi David McClelland mengenai need for achievement
bisa meniru sikap positif dan fokus Ruben yang bermanfaat dalam meraih
kesukesan dalam akademis maupun karier, tetapi dilain itu penting juga untuk
bisa mengimbangi kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan memperhatikan
interaksi dengan orang-orang sekitar. Fokus pada tujuan adalah penting, tetapi
dalam beberapa situasi, kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain
juga tak kalah penting untuk keberhasilan jangka panjang dalam hubungan sosial
dan profesional.
D.C.McClelland and David G.1969. Motivating Economic Achievement.New York:Free Press
Mc Clelland, David. C. 1988. Human Motivation. New York : Cambridge University Press.
0 komentar:
Posting Komentar