E4 : PARTISIPASI
LOMBA
“KREATIVITAS
DAN KEBERUNTUNGAN: PARTISIPASI DIRI
DALAM DUA KOMPETISI”
PSIKOLOGI
INOVASI
E-4 MENULIS APLIKASI DARI KULIAH
TENTANG MERANCANG KEBERUNTUNGAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
DOSEN
PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.
NAMA : SITI SYARIFATUSSA’ADAH
NIM : 21310410156
FAKULTAS
PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
DESEMBER/2024
Keberuntungan
seringkali dianggap sebagai sesuatu yang tidak bisa direncanakan. Namun, dalam
kehidupan sehari-hari, kita sebenarnya dapat menciptakan peluang
keberuntungan melalui partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan. Sebagai bagian dari mata kuliah Psikologi
Inovasi, saya belajar bahwa keberuntungan dapat kita rancang dengan menciptakan
serta mengembangkan kreativitas dan keberanian untuk mencoba hal baru. Dalam artikel ini, saya Syarifa akan berbagi
pengalaman mengikuti dua ajang kompetisi, yaitu: lomba video reels bertemakan “A Day in My
Life” yang diselenggarakan oleh Great Muslimah Training 2024,
Universitas Negeri Yogyakarta pada 19 Oktober 2024 dan lomba cipta puisi
bertemakan “ Tentang Aku” pada Olimpiade
Sastra 2.4 oleh CV EMN Media pada bulan
November-Desember 2024.
Proses
Kreativitas dalam Komba Video Reels
Lomba
pertama yang saya ikuti adalah lomba video reels bertema A Day in My Life.
Saya membuat video dengan judul “Balance of Day: Digital Mindfulness and
Real Life Focus”, yang mana dalam video tersebut mengangkat tema
keseimbangan antara fokus pada dunia digital dengan kehidupan nyata. Tantangan
paling utama dalam lomba ini adalah bagaimana saya meyampaikan pesan yang
relevan dan menarik bagi para penonton serta kesesuaian antara visual, judul
dan voice overnya. Kreativitas memiliki peran yang sangat berarti dalam merancang konsep video, mulai dari ide
cerita, peliputan gambar hingga teknik dalam pengeditan. Meskipun hasil akhir
saya tidak meraih juara, tetapi saya tetap mendapatkan sertifikat penghargaan
dan diberi kesempatan untuk hadir di Universitas tersebut dalam puncak acara Great
Muslimah Training 2024. Yang mana dalam acara tersebut menghadirkan seorang
psikolog yang menyampaikan berbagai pesan yang sangat bermanfaat. Pada
pengalaman saya tersebut mengajarkan bagaimana pentingnya inovasi dan ketekunan
dalam membuat konten yang berdampak.
Perjalanan
Kreatif dalam Olimpiade Sastra
Lomba
kedua yang saya ikuti adalah lomba cipta puisi bertema “Tentang Aku” di Olimpiade Sastra 2.4
yang diselenggarakan oleh CV EMN Media. Puisi saya yang berjudul “ Melangkah
dalam Dinamika Jejakku” berhasil masuk kategori kontributor penulis terpilih yang ketiga kalinya. Meskipun tidak menjadi
juara utama seperti tahun sebelumnya namun saya cukup senang. Puisi tersebut di cetak dalam Buku berjudul “Aku dan Gemuruh
Rasa” yang bisa didapatkan melalui Tik Tok Shop dan Shopee CV EMN Media. Dalam
proses penulisan puisi ini, saya banyak merenungkan perjalanan hidup saya, dari
tantangan sampai perubahan yang saya lewati. Saya mencoba menemukan makna dan pelajaran
dari setiap langkah dalam hidup saya. Menulis puisi merupakan proses kreatif yang
memerlukan seleksi kata yang tepat serta penyebutan bait kata berdasarkan
ungkapan rasa. Pengalaman ini sangatlah berharga terutama dalam mengasah
kemampuan saya untuk mengekspresikan diri melalui bait kata.
Melalui
kedua kompetisi ini, saya belajar bahwa keberuntungan tidak selalu datang tak
disangka-sangka, melainkan dapat diciptakan melalui usaha kreatif dan
partisipasi aktif. Kompetisi memberikan peluang untuk kita dapat belajar dan
berkembang, terlepas dari hasilnya. Melalui latihan dan keberanian untuk
mencoba hal-hal baru kita dapat terus mengasah kemampuan kita dan belajar
menghadapi berbagai tantangan dengan lebih baik lagi.
Daftar Pustaka:
Hoirunnisak, H. &
Izzati, U. A. (2022). Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan
Perilaku Inovatif pada Karyawan. Jurnal Penelitian Psikologi, 9 (4), hal
142-156.
Fuad, M. (2015).
Psikologi Kebahagiaan Manusia. JURNAL KOMUNIKA, Vol 9 (1), hal 112-130.
Agustiningsih, D. D.
& Nurhadi, J. (2024). Potensi Puisi Indonesia Sebagai Media Biblioterapi
Kesehatan Mental: Kajian Psikologi Sastra. SEMANTIK: Jurnal Ilmiah Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13 (2), hal 256-276.
0 komentar:
Posting Komentar