Sabtu, 27 November 2021

Siapkan Bekal dan Maksimalkan Kesempatan

 

Siapkan Bekal dan Maksimalkan Kesempatan

Essay Prestasi

Psikologi Sosial

(Semester Ganjil 2021/2022)

 

Rifa Rufianti (20310410053)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A


 

Memperoleh beasiswa adalah dambaan setiap pelajar dan mahasiswa yang mengalami hambatan dalam persoalan finansial. Memperoleh informasi pendaftaran beasiswa adalah sebuah harapan untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan. Tentu saja, saya adalah salah satu di antara sekian banyak pelajar dan mahasiswa yang mendaftar beasiswa 10.000 Microblog Competition (beasiswa B. J. Habibie). Beasiswa 10.000 Microblog Competition dilaksanakan sebagai rangkaian Education Virtual Expo atau EDUVEX yang bertujuan untuk memberikan bantuan dana pendidikan untuk siswa/i SMA/sederajat dan Mahasiswa/i yang ada di Indonesia. Beasiswa ini diadakan untuk sedikit meringankan beban biaya pendidikan atau bekal dana yang digunakan untuk keperluan pendidikan.

Dalam usaha meraih beasiswa tentu saja setiap individu memiliki tujuan atau cita-cita masing-masing. Cita-cita saya boleh dikatakan, memaksimalkan kesempatan yang ada saat ini. Bukan menganggap cita-cita itu objektif, karena berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi, sesuatu yang saya capai adalah ketidaksengajaan atas ketekunan yang telah saya usahakan. Bagi saya cita-cita itu subjektif. Dalam hal ini saya memang tidak memiliki kejelasan dalam meraih cita-cita. Namun, pada dasarnya saya ingin menjadi orang yang bisa membantu orang lain. Oleh karena itu, saya menekuni bidang ilmu psikologi. Tidak mudah memang, tetapi saya tahu ini adalah kesempatan yang ada dalam hidup saya. Di tengah perjalanan menempuh study belajar, saya mendapatkan informasi pendaftaran beasiswa, tentu saja saya merasa senang mendengar kabar tersebut. Tak lama kemudian saya segera mendaftarkan diri saya pada Beasiswa 10.000 Microblog Competition dan Eduvex 2021.




Adapun persyaratan umum yang harus dilengkapi yaitu sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia

2. Siswa dan mahasiswa aktif atau cuti di semua sekolah, perguruan tinggi negeri dan swasta, dalam atau luar negeri.

3. Peserta wajib membaca booklet dan mengisi formulir pendaftaran melalui link bit.ly/FormBeasiswa10000MicroblogCompetition

4. Penerima beasiswa diputuskan oleh panitia secara mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

5. Peserta wajib mengikuti atau follow instagram @beaiswa10000 dan @eduvex, akun TikTok @beasiswa10000, dan Subscribe Channel Youtube Beasiswa 10.000.

 

Selain itu adapun persyaratan khusus yang harus dilengkapi yaitu sebagai berikut:

1. Peserta wajib membagikan poster Beasiswa 10.000 Microblog competition dan poster EDUVEX, dengan caption ke minimal 5 group social media.

2. Peserta wajib mengunggah twibbon dengan foto peserta beserta captionnya.

3. Peserta wajib mengikuti EDUVEX di tanggal 19-21 November 2021.

4. Peserta wajib menjawab pertanyaan di Google Form dengan baik dan benar.


Belajar adalah satu-satunya jalan untuk bisa mengupayakan langkah-langkah yang terbaik. Sekalipun bukan benar-benar terbaik, belajar memiliki makna yang sangat mendalam. Saya hanya memiliki semangat hidup untuk memertahankan kesempatan. Selain itu, saya tengah menekuni dunia kepenulisan. Besar harapan saya untuk bisa menuangkan segala hal yang berkaitan dengan manusia ke dalam tulisan saya. Tidak mudah memang, semua itu perlu proses, dan saya tengah berproses dengan berusaha mencari beasiswa, dan segala hal yang berkaitan dengan keringanan biaya pendidikan saya

 

Daftar Pustaka

bit.ly/FormBeasiswa10000Microblogcompetition

 

0 komentar:

Posting Komentar