Senin, 08 November 2021

PERILAKU ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KARYAWAN

Psikologi Manajemen dan Organisasi

(Tulisan ini untuk memenuhi syarat Mid PMO)

 (Semester Ganjil 2021/2022)

Elsa Kusumandari  (20310410041)

(Kelas A) 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr., Arundati Shinta, M.A


PERILAKU ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KARYAWAN


Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapan didentifikasikan, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai tujuan bersama atau sekelompok tujuan. Organisasi di pandang sebagai satuan sistem sosial untuk mencapai tujuan bersama melalui usaha/kelompok.

Dalam mengelola sumber daya manusia agar dapat bekerja secara efektif perlu melakukan kegiatan manajemen kerja dan manajemen orang. Fungsi yang berhubungan dengan manajemen kerja atau tugas adalah fungsi perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian.

Teori perilaku organisasi menurut Hanggraeni (2011:1) adalah sebuah bidang khusus yang memiliki pokok ilmu pengetahuan yang umum mencakup tiga faktor penentu perilaku dalam organisasi : individu, kelompok, dan struktur dan penerapanya untuk membuat organisasi bekerja lebih efektif.

Prestasi Kerja adalah hasil upaya seseorang yang ditentukan oleh kemampuan karakteristik pribadi serta persepsi terhadap peranya pada pekerjaan itu (Sutrisno, 2011:194).

Ada 2 faktor yang mempengaruhi prestasi kerja, yakni faktor individu dan faktor lingkungan.

a. Faktor Individu 

1. Usaha yang menunjukan sejumlah sinergi fisik dan mental yang digunakan dalam menyelenggarakan gerakan tugas.

2.  Abilities, yaitu sifat-sifat personal yang diperlakukan untuk melaksanakan suatu tugas.

3. Role/task perception, yautu segala perilaku dan aktivitas yang dirasa perlu oleh individu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

b. Faktor Lingkungan

1. kondisi fisik

2. Waktu

3. Pelatihan

Penilaian prestasi kerja karyawan merupakan kegiatan manajer untuk mengevaluasi perillaku prestasi karyawan serta menetapkan kebijakan selanjutnya. 

Hasil dari kualitas prestasi kerja yang maksumal tidak dapat dilepaskan oleh hasil yang dibangun olehpihak manajemen perusahaan karena tidak mungkin suatu prestasi kerja yang bagus dipreoleh tanpa ada penanganan serius dan mendalam dari pihak manajemen perusahaan.

penilaian prestasi kerja tidak dapat dipisahkan dengan kebijakan perusahaan di bidang personalia. faktor yang mempengaruhi pretasi kerja adalah tugas, kedisi;omam kerja, pencapaian target pekerjaan, tanggung jawab terhadap pekerjaan , semangat kerja, inisiatif kerjasama, kontribusi ide terhadap kerja dalam tim serta kemampuan kerjasama dengan karyawan lain.

0 komentar:

Posting Komentar