Kamis, 11 November 2021

Strategi Kesuksesan Kelompok Dalam Organisasi

 

Strategi Kesuksesan Kelompok Dalam Organisasi

Essay 1 Bagian 1 Ujian Tengah Smester Psikologi Manajemen Organisasi

Semster Ganjil (2021/2022)

Muhammad Rasyid Ridha (19310420088)

Kelas A

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45  Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr.Arundhati Shinta, MA




Dalam Organisasi pasti memiliki visi dan misi untuk organisasinya, baik itu berdampak ke orang banyak atau berdampak kepada kepentingan organisasi itu sendiri. Untuk membuat visi dan misi dalam suatu organisasi menjadi nyata maka diperlukan yang namanya anggota kelompok organisasi sebagai tulang punggung dalam mewujudkan visi dan misi organisasinya. Peran anggota kelompok didalam sebuah organisasi sangatlah penting, karena setiap kelompok memiliki individu-individu yang berpotensi membuat nyatanya sebuah mimpi dari organisasi tersebut. Kelompok seperti apa yang diharapkan oleh organisasi untuk mewujudkan cita-cita dan impian organisasi tersebut.

Kelompok dan tim adalah dua konsep yang berbeda, kelompok atau group didefinisikan sebagai dua atau lebih individu yang saling bergantung dan bekerjasama, yang secara bersama berupaya mencapai tujuan. Kelompok kerja adalah kelompok yang para anggotanya saling berinteraksi terutama untuk saling berbagi informasi untuk membuat keputusan guna membantu satu sama lain dalam jobdesk mereka masing-masing.

Karakteristik kelompok yang baik sebagai berikut:

v  Punya Visi dan Misi Yang Sama

Jelas hal pertama yang harus dicapai bersama rekan kerja adalah menyamakan visi dan tujuan dari organisasi maupun kelompok tersebut, karena kesuksesan yang akan dijalankan bukan untuk kesenangan individu akan tetapi melibatkan kelompok.

 

v  Membangun Rasa percaya

Rasa percaya adalah kunci dari sebuah tim dalam menjalankan jobdesk dari tim tersebut, karena sulit untuk menjadi tim yang sukses jika antara anggotanya memiliki rasa tidak percaya yang rentan akan konflik. Dampaknya akan fatal yang bisa kembali ke arah urusan pribadi dari masing-masing anggota.

 

v  Jalinan Komunikasi Yang Lancar

Jadikan komunikasi antar rekan dalam tim berjalan dengan lancar. Dengan begitu akan terbentuk budaya yang positif kerja yang bisa saling membantu nantinya, seperti jika terjadi masalah langsung bisa di komunikasikan dan bisa diselesaikan.

 

v  Mengadakan Kegiatan Bersama

Di dalam kelompok harus sering melakukan kegiatan bersama untuk mengetahui kepribadian antar anggota yang jika pada nantinya terjadi masalah maka bisa saling memahami satu sama yang lain, dengan menjalani kegiastan bersama baik dalam maupun kegiatan akan mempererat chemistry antar rekan kerja dan lebih memahami karakter masing-masing anggota.

 

v  Pahami Peran dan Tanggung Jawab

Dalam membentuk tim yang Efektif, maka tidak mungkin masing-masing anggota atau rekan kerja memiliki tanggung jawab yang sama. Untuk itu, diperlukan pembagian kerja yang sesuai dengan kemampuan dan peran setiap rekan kerja sangat di harapkan dalam partisipasinya. Tujuannya adalah agar individu fokus dalam mengerjakan tugasnya masing-masing.

 

v  Menghormati dan Menghargai Sesama Anggota Kelompok

Dengan Berbagai macam karakter ide atau gagasan yang ada, setidaknya harus diawali dengan sikap yang saling menghormati dan menghargai didalam sebuah kelompok. Dengan begitu akan membentuk tim yang kokoh dan kompak, bahkan dengan sikap tersebut membentuk visi dan misi yang sama menjadi lebih mudah.

 

v  Melakukan Evaluasi

 Tolak ukur dalam sebuah kesuksesan atau kegagalan adalah evaluasi kerja, apakah kerja tim baik atau tidak baik dapat di lihat melalui evaluasi. Dengan begitu kita dan tim menjadi tahu mana yang tidak sejalan dan sesuai rencana tentunya harus ada perubahan didalam menjalankan tugas disaat mendapati kekurangan didalam pekerjaan kelompok tersebut, dan berusaha untuk memperbaikinya.

 

 

  

REFRENSI

 

Pintaria, 2020, Cara membentuk Tim Kerja Yang Solid Dan Efektif. Blogsite Pintaria.com/blog/cara-membentuk-tim-kerja-uang-solid-dan-efektif/ 14 Agustus 2020.

Livia Putri Kusuma & J.E.Sutanto, 2018.  Peranan Kerjasama Tim Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Zolid Agung Perkasa. Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis. Vol 3, No 4. Oktober 2018: 417-424.


0 komentar:

Posting Komentar