Minggu, 13 Juni 2021

PENGABDIAN MASYARAKAT: DAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DI MASA PANDEMI

DAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DI MASA PANDEMI


Mata Kuliah Psikologi Sosial I

(Semester Genap 2020/2021)

 

Vanya Mareta Uli Pasaribu (20310410021)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

 



Sejak Bulan Maret 2020  para pelajar mulai TK-SD sampai PT melaksanakan  pembelajaran  di rumah  dengan  virtual atau  online, sebagai implementasi  peraturan pemerintah dalam memutus mata rantai pandemi Covid 19. Pembelajaran daring ini dilakukan supaya para siswa tidak ketinggalan pelajaran yang ada. Karena memang dampak dari pandemi ini terus menerus terjadi dan belum pasti kapan akan berakhir. Namun, belajar dari rumah secara daring tentu tidak mudah bagi anak. Suasana rumah yang begitu nyaman dan jadwal yang lebih fleksibel membuat anak-anak mudah kehilangan fokus dan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. 

Untuk pembelajaran dalam keadaan pandemi ini tentunya perlu pendampingan yang khusus agar anak tetap belajar dengan baik dan benar-benar mengikuti pelajaran yang ada. Pendampingan belajar pada pembelajaran daring dapat dilakukan oleh orang yang lebih dewasa seperti halnya orang tua. Namun tidak semua orang tua mampu dan mau mendampingi, sehingga orang tua lebih membiarkan dan mencari orang lain. Adapun orang yang biasanya akan orang tua mintai bantuan ialah dari kalangan mahasiswa, dimana kita tahu bahwa mahasiswa merupakan orang yang lebih dewasa daripada siswa dan di kalangan masyarakat tentu dianggap memiliki ilmu lebih dan sesuai untuk mendampingi belajar anaknya.

Sebagai wujud pengabdian masyarakat saya pun melakukan pendampingan belajar terhadap anak usia dini. Dalam pelaksanaannya, saya membawa proses belajar sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan anak usia dini maka penyelenggaraan disesuaikan dengan tahap perkembanganya yaitu dengan pembelajaran yang berorientasi bermain atau suatu hal yang mengasyikan.  seperti menggunakan konsep bermain kreatif, bermain dalam pembelajaran dengan bahan bahan yang ada di sekitar rumah  serta belajar diselingi dengan mini games. Melalui bermain anak mengintegrasikan semua kemampuannya, dan anak dapat membangun pengetahuannya sendiri. Hal tersebut juga tentu ditujukan agar anak tidak mudah bosan manakala mengikuti proses belajar. Memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra, namun hal tersebut diharapkan dapat menjadi solusi bagi para orangtua untuk mendampingi anak belajar dari rumah dengan baik selama masa pandemi.

 

REFERENSI

um-surabaya.ac.id. (2020, 16 Juni). Pendidikan Karakter: Sikap Tanggung Jawab Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19. Diakses pada 14 Juni 2021 dari https://um-surabaya.ac.id/homepage/news_article?slug=pendidikan-karakter-sikap-tanggung-jawab-mahasiswa-di-masa-pandemi-covid-19-1

kemdikbud.go.id. (2020, 21 November). SOLUSI PEMBELAJARAN DARING/ ONLINE ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI. Di akses pada 14 Juni 2021 dari https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/solusi-pembelajaran-daring-online-anak-usia-dini-di-masa-pandemi/


0 komentar:

Posting Komentar