Senin, 16 Mei 2022

Pengabdian Diri Menjadi Pembimbing Kegiatan TPA Ramadhan

Pengabdian Diri Menjadi Pembimbing Kegiatan TPA Ramadhan   

Essay Butir Prestasi Psikologi Lingkungan

(Semester Genap 2021/2022)/Semester 4

Dwi Ratri Octavianita (20310410002)

Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

           Memasuki bulan suci Ramadhan, saya dan teman-teman yang lain menjadi pembimbing untuk adik-adik santri dalam kegiatan TPA. Jumlah santri di TPA tahun ini kurang lebih sekitar 50 hingga 60 anak. Untuk jumlah pembimbing kurang lebih sekitar 20 orang. Saya dan teman-teman pembimbing yang lain sudah merancang kegiatan TPA agar lebih seru dan menarik. Kegiatan TPA berupa membaca dan menulis IQRA’/Al-quran, materi hadist, menonton film tentang kisah nabi, dan masih banyak lainnya. Kegiatan TPA pada tahun ini dapat berjalan sebulan full, setelah sebelumnya di tahun 2021 sempat terhenti di tengah jalan karena ada kasus covid di dusun kami. Mengabdikan diri menjadi pembimbing TPA memang tidak mudah, namun saya dan teman-teman ingin meraih keberkahan ramadhan yang lebih banyak lagi dengan membagikan ilmu kepada para santri.

         TPA atau Taman Pendidikan Al-Qur’an menurut Malik (dalam Nurjayanti, Adriani, & Nurul, 2020) didefinisikan sebagai sebuah lembaga atau kelompok di dalam masyarakat yang menyelenggakaran pendidikan yang bersifat nonformal berbasis pendidikan agama Islam dengan tujuan untuk memberikan pengajaran mengenai Al-Qur’an. Keberadaan TPA diharapkan mampu menjadi wadah untuk mencetak generasi qur’ani. Generasi qur’ani adalah generasi yang mempunyai komitmen terhadap kitab suci Al-Qur’an yaitu menjadikannya sebagai sumber untuk berperilaku, pedoman hidup, dan rujukan untuk segala urusan (Priyadi, Syarif, & Aprilia, 2013).

Psikologi lingkungan merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang meneliti terkait hubungan timbal balik antara individu dengan lingkungan fisik, baik lingkungan yang alami maupun lingkungan fisik buatan (Djuwita & Herdiansyah, 2021). Yang termasuk lingkungan alami ialah hutan, sungai, tumbuhan, hewan, dan lain sebagainya yang terbentuk alami. Yang termasuk lingkungan buatan adalah danau buatan, hutan kota, dan tiruan alam yang lainnya (Djuwita & Herdiansyah, 2021). Dampak lingkungan terhadap perilaku manusia dan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan menjadi ruang lingkup dalam bahasan di dalam Psikologi Lingkungan.

Jika dikaitkan dengan Psikologi Lingkungan, kegiatan TPA ini dapat terlaksana dengan kondusif dan nyaman berkat kepedulian kami para pembimbing dan adik-adik santri yang secara rutin selalu membersihkan dan menjaga kebersihan gedung TPA dan lingkungan di sekitarnya. Jadi, perilaku membersihkan dan menjaga kebersihan yang telah kami lakukan berdampak pada lingkungan yang bersih. Kemudian, lingkungan yang bersih tersebut berdampak pada kondusif dan nyamannya kegiatan TPA. Tidak sampai di situ saja, di penghujung bulan Ramadhan, saya dan teman-teman juga melakukan kerja bakti untuk persiapan sholat Idul Fitri agar dapat terlaksana dengan nyaman dan khuyuk.

 

 

 

 

REFERENSI

Djuwita, R., Amarina, & Herdiansyah, H. (2021). MSLK5110-Psikologi Lingkungan. Universitas Terbuka.

Nurjayanti, D., Adriani, R.P., & Nurul, K.D. (2020). Penerapan program taman pendidikan al-quran (tpa) untuk anak usia dini. Jurnal Kumara Cendekia. 8(2), Juni, 183-196.

Priyadi, U., Syarif, N.H., & Aprilia, I. (2013). Peningkatan mutu pembelajaran taman pendidikan alquran dengan pembuatan kurikulum tpa. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 2(1), Januari, 37-44.

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar